Menakjubkan! Fungsi Plasenta Bagi Janin Selama Kehamilan

Share dan Tag Temanmu di :

Plasenta atau disebut dengan ari-ari cukup berperan penting karena plasenta memiliki fungsi sebagai tempat kehidupan bagi janin karena selama kehamilan. Banyak orang yang bilang bahwa plasenta sebagai saudara si janin selama dalam kandungan karena plasenta yang melindungi dan menjaga janin dalam kandungan. Fungsi dari plasenta pada dasarnya lebih banyak untuk menjadi sistem pendukung bagi kelangsungan hidup janin dalam rahim sang ibu.


Inilah Fungsi Plasenta Yang Menakjubkan Bagi Kehidupan Janin Dalam Kandungan

1. Plasenta memberikan nutrisi untuk janin

Ketika makan, tubuh anda memecah makanan dan protein agar masuk kealiran darah. Selama kehamilan nutrisi yang dibawa melalui aliran darah sang ibu akan dialirkan ke plasenta melalui tali pusar yang terhubung ke janin, sehingga asupan nutrisi inilah akan dikirim langsung ke janin.

2. Plasenta menyaring zat berbahaya

Pada janin fungsi plasenta yang lain seperti ginjal bertindak sebagai menyaring darah untuk menghilangkan zat-zat berbahaya dan zat buangan yang tidak diperlukan, contohnya karbondioksida yang diteruskan kealiran darah sang ibu untuk dibuang oleh sistem dalam tubuh sang ibu.

3. Plasenta sebagai kelenjar yang menghasilkan hormon

Selain itu, plasenta selama kehamilan memiliki fungsi sebagai kelenjar untuk melepaskan semua hormon penting yang diperlukan untuk membantu pertumbuhan janin dan persiapan menyusui. Hormon yang dilepaskan oleh plasenta diantaranya progesteron, hCG (Human Chorionic Gonadotropun), human lactogen plasenta, dan estrogen, hormon-hormon ini sangat diperlukan untuk meningkatkan aliran darah, memperkuat lapisan rahim, merangsang pertumbuhan rahim dan jaringan payudara, serta mempercepat metabolisme tubuh sang ibu.

4. Plasenta melindungi bayi dari infeksi

Sebelum persalinan janin mendapat antibody (membantu memberikan perlindungan sistem kekebalan tubuh untuk awal kehidupan bayi) melalui plasenta. Pada beberapa kondisi ini, plasenta dapat membantu melindungi janin dari infeksi saat berada dalam rahim. Apabila ibu memiliki infeksi bakteri maka plasenta dapat membantu melindungi janin dari infeksi ini tetapi pada beberapa kasus infeksi virus yang serius, kemungkinan plasenta tidak dapat memberikan perlindungan yang efektif.

5. Plasenta bertindak sebagai paru-paru

Plasenta berfungsi menyediakan 100% kebutuhan oksigen bagi janin sama seperti anda yang menyediakan oksigen kesemua organ dan jaringan melalui aliran darah, sehingga tubuh anda juga akan mentransfer oksigen ke janin melalui plasenta. Plasenta mengirimkan oksigen yang dibutuhkan janin ketali pusar janin untuk dialirkan kealiran darah janin. jadi saat anda bernafas, anda juga bernafas untuk sang buah hati.

By Ana Rediana - Ibu Hamil Jum'at, 15 Desember 2017 13:33:29

Related Post :
Kesehatan
Pilihan Jus Buah Penurun…

Pilihan jus buah penurun…

Penyakit
Mengenal Penyebab Dan Gejala…

Anak anda mengalami gejala…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Ketahui 4 Makanan Yang…

Ketahui 4 makanan yang…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Herpes…

Herpes zoster adalah kondisi…

Kesehatan
Makanan Untuk Membersihkan Paru-paru…

Makanan untuk membersihkan paru-paru…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Ibu Hamil
Tips Berpuasa saat Hamil yang Aman untuk Ibu dan Janin

Tentunya menjalankan puasa saat hamil…

Ibu Hamil
Kirim Pertanyaan
Top