Ini Penyebab Menstruasi Berkepanjangan dan Solusinya

Share dan Tag Temanmu di :

Diantara banyak wanita yang mengalami menstruasi berkepanjangan tentunya khawatir. Meskipun pada biasnaya darah yang keluar tidak sebanyak hari pertama hingga ketiga, namun bercak darah berwarna kecokelatan seringkali membuat wanita kebingungan pertanda apakah itu?


Siklus menstruasi yang normal yaitu berlangsung antara 21 hingga 35 hari, biasanya menstruasi berjalan selama 2 hingga 8 hari dengan jumlah darah sekitar 25 - 80 ml/hari. Namun pada kondisi tersebut jumlah darah dan masa menstruasi bisa bertambah berawal dari gangguan yang berhubungan dengan jumlah pendarahan menstruasi, durasi menstruasi, interval setiap menstruasi, bahkan berkaitan dengan nyeri yang timbul saat menstruasi dari setiap harinya.

Menstruasi yang berlangsung lebih dari 7 hari disebut sebagai dampak hipermenorrea dari menstruasi yang berkepanjangan dengan jumlah darah yang keluar dapat memicu tubuh kehilangan banyak darah sehingga menyebabkan terjadinya lemas, atau anemia. Dari pendarahan menstruasi ketika dalam 1 hari mengganti pembalut sebanyak 6 kali ini disebut kelainan menorraghia dalam beberapa literatur medis disebuut kondisi ini seringkali terjadi dan lebih beresiko pada wanita yang memiliki berat badan diatas rata-rata (obesitas) yang harus segera diperhatikan.

Dari menstruasi dengan pendarahan yang berlebih dapat terjadi akibat beberapa hal, antara lain :

Terjadi infeksi saluran reproduksi wanita.

  • Adanya kelainan organik.
  • Penyebab disfungsi organ terjadi menorraghia misalnya gagal ginjal atau penyakit hati cronic yang memicu gangguan dalam menghasilkan faktor pembekuan darah dan menurunkan hormon estrogen.
  • Kelainan koagulasi seperti akibat Von Willebrand Disease, idiopatik trombositopenia purpua, dan kekurangan protrombin.
  • Latrogenik seperti akibat pemakaian KB IUD, obat kemoterapi, antiinflamasi, hormon steroid, dan obatantikoagulan.
  • Kelainan hormon endokrin seperti akibat kelainan kelenjar tiroid, siklus anovulasi, tumor pituitari, kelenjar adrenal, dan siklus anovulasi.
  • Syndrome policystic ovarium, kegemukan, dan yang lainnya.
  • Kelainan anatomy rahim seperti adanya mioma uteru, hiperplasia endometrium, polip endometrium, kanker dinding rahim, dan lainnya.

Maka, pastikan kondisi anda, disarankan untuk diobati atau konsultasi langsung dengan dokter specialis kandungan atau kebidanan untuk mengetahui pemicu dan penanganan yang tepat dari keluhan anda.

By Ana Rediana - Kewanitaan Sabtu, 16 Desember 2017 14:32:10

Related Post :
Kesehatan
Jenis Makanan Pembakar Lemak…

Daftar makanan pembakar lemak…

Kesehatan
Penyebab dan Langkah Pengobatan…

Penyebab dan langkah pengobatan…

Ibu Dan Anak
Dampak Mengonsumsi Jajanan yang…

MSG merupakan salah satu…

Kesehatan
Awas! Konsumsi Kimchi Berlebihan…

Meskipun disebut sebagai makanan…

Kesehatan
Ini Bahayanya Bila Berlebihan…

Waspadai! ini bahayanya bila…

Kesehatan
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Informasi tentang penyebab dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…

  • darah haid menggumpal tanda penyakit apa ?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    darah haid saya menggumpal sebesar ibu jari kurang lebih itu pertanda penyakit apa ya ? saya takut tidak bisa punya anak


Kewanitaan
Jenis-Jenis Keputihan Tidak Normal yang Harus Diwaspadai

Keputihan merupakan kondisi yang sangat…

Kewanitaan
Penyebab Gejala Radang Panggul dan Pengobatannya

Radang panggul merupakan peradangan atau…

Kewanitaan
Kirim Pertanyaan
Top