Warna Gusi Berubah Jadi Kehitaman? Mungkin Ini Penyebabnya

Share dan Tag Temanmu di :

Warna gusi merah muda merupakan salah satu ciri gusi sehat. Dengan kondisi gusi ini, maka Anda bisa menampilkan senyum yang lebih indah. Sejatinya gusi merupakan jaringan pendukung gigi yang secara normal menutupi sepertiga permukaan gigi dari akar hingga leher gigi. Selain berwarna merah muda, gusi normalnya juga memiliki tekstur yang kenyal. 

Namun, setiap orang memiliki warna gusi yang berbeda-beda, mulai dari coklat muda, coklat tua, bahkan gusi hitam. Bagi Anda yang memiliki warna gusi kehitaman, mungkin akan merasa minder saat tersenyum. 

Gusi hitam umum terjadi pada orang Asia, Timur Tengah, Mediterania, dan Afrika. Pasalnya mereka memang rentan mengalami hiperpigmentasi. Namun, Anda patut waspada, karena terdapat kondisi hiperpigmentasi yang bersifat abnormal, sehingga dapat menyebabkan gusi berwarna hitam. 


Berikut ini merupakan beberapa faktor penyebab warna gusi berubah jadi kehitaman yang harus diketahui dan diwaspadai, diantaranya adalah :

  • Faktor keturunan atau genetik

Pada beberapa rasa tertentu, seperti ras negroid atau beberapa suku bangak di Indonesia bagian timur memiliki jumlah pigmen melanin yang ada didalam tubuh lebih banyak diabndingkan dengan ras ataupun suku bangsa yang lainnya. Hal ini kemudian turun memengaruhi warna gusi mereka sehingga tampak lebih hitam dibandingkan dengan ras lainnya. 

  • Merokok

Selain merupakan kebiasaan yang sama sekali tidak sehat karena dapat memicu timbunya penyakit seperti kanker paru, merokok juga dapat membuat warna gusi berubah jadi kehitaman. Gusi hitam dapat terjadi jika Anda memiliki kebiasaan merokok, terlebih lagi jika merokok dalam frekuensi yang sering dan sudah sangat lama. Biasanya gusi yang menghitam adalah gusi depan rahang atas. 

  • Paparan logam

Paparan logam seperti timah, bismuth, merkuri, silver, arsenik, dan emas dapat memicu gusi hitam. Gusi hitam yang sering terjadi pada amal adalah kontaminasi dari timah pada air minum atau cat, dan obat-obatan yang mengandung merkuri atau silver.

Hal ini biasanya akan menimbulkan garis biru atau hitam sepanjang garis gusi. Jika hal ini terjadi, maka diperlukan tindakan untuk mencegah penyakit sistemik akibat keracunan logam tersebut.

  • Efek penggunaan obat-obatan jangka panjang

Obat-obatan yang mengandung chloroquine, quinine, minocycline, zidovudine, chlorpromazine, ketoconazole, bleomycin, dan cyclophosphamide diketahui dapat meyebabkan warna gusi berubah jadi kehitaman. Bahkan, obat yang mengandung minocycline bisa mengakibatkan gusi dan bibir menghitam. 

  • Paparan sinar matahari

Bagi Anda yang lebih banyak menghabiskan aktivitas di luar ruangan, terlebih lagi sering terpapar sinar matahari, maka risiko gusi hitam ini akan semakin besar. Jika Anda sering terpapar sinar matahari, maka gusi memiliki kemungkinan lebih besar untuk menghitam. Pasalnya gusi akan memproduksi pigmen sebagai sistem pertahanan terhadap sinar matahari seperti yang terjadi pada kulit tubuh.

  • Mengonsumsi minuman beralkohol

Minuman keras atau minuman yang memiliki kandungan alkohol tinggi adalah salah satu jenis minuman yang tidak memiliki kandungan nutrisi. Kebiasaan minum minuman beralkohol juga sangat tidak baik bagi tubuh, salah satu dampaknya yaitu perubahan warna gusi menjadi kehitaman atau gelap. Hal ini akan diperparah ketika Anda memiliki kebiasaan minum dan merokok di saat yang sama. 

  • Penyakit Kaposi sarcoma

Penyakit ini sering dihubungkan dengan infeksi virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh. Bagian yang paling menghitam adalah langit-langit mulut. Selain itu, tampak luka di dalam mulut yang meliputi seluruh bagian gusi. 

  • Penyakit endokrin

Penyakit endokrin seperti Addison's Disease, Albright's Syndrome, Akromegali, dan Nelson's Syndrom dapat memicu perubahan warna gusi jadi menghitam. 

Itulah beberapa penyebab warna gusi berubah jadi kehitaman yang perlu diketahui. Bagi Anda yang mengalami kondisi ini, tidak perlu khawatir. Karena kini telah banyak solusi yang bisa dilakukan untuk mengembalikan warna gusi menjadi normal kembali dengan tindakan bedah ataupun kamuflase. Namun, jika gusi hitam disertai dengan gejala lain yang tidak biasan, maka segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Semoga bermanfaat. 

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 16 Desember 2017 15:04:42

Related Post :
Kewanitaan
Penyakit Reproduksi yang Bisa…

Mengetahui beberapa jenis penyakit…

Kesehatan
Pantangan Makanan Saat Sariawan…

Berikut adalah beberapa pantangan…

Ibu Hamil
Apakah Ibu Hamil Boleh…

Buah nangka memiliki rasa…

Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh…

Makanan yang tidak boleh…

Ibu Dan Anak
Cara Tepat dan Aman…

Ibu hamil yang mengalami…

Kewanitaan
Haid Tidak Lancar Selepas…

Mungkin diantara kaum hawa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Langkah Dan Cara Pencegahan Impetigo Yang Efektif

berikut adalah langkah dan cara…

Kesehatan
Mengejutkan ! Ternyata Begadang Memiliki Manfaat Ini

Mungkin banyak yang berpendapat bahwa…

Kesehatan
Bahaya Terlalu Sering Makan Mie Instan

Mie instan merupakan salah satu…

Kirim Pertanyaan
Top