Ini Berbagai Penyebab Bercak Putih Di Kulit Tubuh Anda

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab bercak putih di kulit terutama pada wajah ternyata bisa jadi pertanda adanya gangguan atau masalah yang terjadi pada kulit anda. Dan sebelum mengatasinya, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu berbagai faktor yang menjadi pemicu timbulnya bercak putih pada kulit berikut ini.

a

Memiliki kulit sehat dengan pigmentasi yang normal tentunya adalah idaman semua orang. Akan tetapi hal tersebut rupanya tidak terjadi pada sebagian orang. Ada saja masalah yang menghampiri kulit misalnya bercak putih yang umumnya timbul pada wajah, leher, puggung, dan bagian tubuh lainnya.

Pigmentasi sendiri merupakan pewarnaan kulit pada seseorang. Ras dan juga genetik seseorang umumnya menjadi pemicu pigmentasi kulit pada seseorang. Akan tetapi hal tersebut juga bisa perpacu pada paparan sinar matahri yang seseorang peroleh.

Apabila seseorang tersebut sehat, maka warna kulitnya akan tampak normal. Adapun jika dalam keadaan sakit maupun cidera, kulit seseorang umumnya berubah warna, bisa menjadi terang (hipopigmentasi, maupun cenderung menjadi lebih gelap (hiperpigmentasi).

Berbagai penyebab bercak putih pada kulit

Timbulnya bercak putih pada kulit biasanya menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata, terutama bagi anda yang memiliki warna kulit yang lebih gelap. Dan berikut adalah berbagai peyebab munculnya bercak putih di wajah, leher, selangkangan, punggung dan bagian kulit tubuh lainnya yang bisa terjadi pada bayi, anak maupun dewasa. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Panu

Panu yang memiliki nama ilmiah Pityriasis versicolorl tinea versicolor adalah penyebab timbulnya bercak putih pertama yang sering terjadi. Infeksi jamur pada kulit ini umumnya, ditandai dengan adanya bercak putih pada kulit area dada dan juga punggung. Kondisi ini umumnya lebih sering menyerang anak muda dan cenderung lebih banyak terjadi pada pria dibandingkan wanita serta pada orang yang memiliki jumlah keringat banyak.

Adapun penyebab panu sendiri diketahui karena pertumbuhan jamur dari genus Malassezia, yakni mikroorganisme yang ditemukan pada kulit normal. Penyakit kulit tidak menular ini umumnya lebih sering terjadi pada iklim panas, lembab dibandingkan dengan iklim sejuk dan juga kering.

2. Vitiligo

Penyebab timbul bercak putih di wajah maupun kulit lainnya adalah vitiligo. Kondisi ini sendiri umumnya ditandai dengan adanya bercak putih pada kulit yang di picu oleh kurangnya melanin, yakni pigmen dikulit. Kondisi ini pun biasanya bisa mempengaruhi area kulit manapun. Akan tetapi yang paling sering bisa terjadi pada wajah, leher, tangan serta lipatan kulit.

Vitiligo sendiri terjadi pada saat sel penghasil pigmen (melanosit) mati atau berhenti memproduksi melanin. Adanya gangguan sistem kekebalan tubuh yang menyerang dan mengancurkan kulit, riwayat keluarga yang menderita vitiligo serta beberapa hal lain seperti paparan sinar matahari, stres dan juga paparan kimia industri  adalah beberapa diantara hal yang dapat meningkatkan resiko vitiligo pada seseorang.

3. Pityriasis alba

Adalah kondisi klainana kulit akibat hipopigmentasi. Kondisi bercak putih pada kulit ini umumnya disebabakan oleh pityriasis alba yang belum diketahui penyebabnya secara pasti. Namun kondisi tersebut sering kali dikaitkan dengan eksim, alergi, paparan sinar matahri dan juga kulit kering.

Kondisi pityriasis alba sendiri umumnya sering muncul pada pipi, dagu, leher dan juga bahu yang bisa terjadi juga pada anak-anak dan remaja, terlebih mereka yang memiliki warna kulit gelap. Pada umumnya, kelainana kulit ini juga tidak menular dan bisa hilang dengan sendirinya. Akan tetapi bagi anda yang tengah memiliki keluhan penyakit ini disarankan untuk menjaga kelembaban kulit, menggunakan krim hidrokortison serta menghindari paparan sinar matahari secara langsung.

4. Morfea

Adalah kondisi kulit langka yang menyebabkan timbulnya bintik-bintik atau bercak putih pada kulit tanpa rasa sakit. Adapun perubahan warna kulit ini umumnya muncul di bagian perut, dada dan juga punggung. Selain itu juga bisa muncul di wajah, lengan maupun tangkai. Morfea sendiri umumnya hanya mempengaruhi bagian kulit luar, namun pada beberapa kondisi juga bisa membantasi pergerakan persendian anda.

Meski penyebab morfea ini elum diketahui secara pasti, namun kondisi kelainan pada kulit ini sering kali diakitkan dengan peningkatan kolagen dan juga matriks elstraselular (komponen diluar sel yang terdapat pada semua jaringan dan organ) dilapisan dermis kulit. Kondisi ini umumnya lebih banyak di temukan pada kaum wanita dan juga orang yang berkulit putih.

5. Lepra

Penyakit yang juga menjadi penyebab  kulit ada bercak putih ini umumnya disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Penyakit kulit yang juga disebut kusta ini sendiri merupakan salah satu jenis penyakit tertua di dunia. Penyakit ini bisa menjangkiti siapapun, akan tetapi 80% penyakit ini di temukan pada daerah tropis yang panas dan lembaba termasuk Indonesia.

Adapun penyakit ini sendiri sering kali ditemukan pada kelompok usia 10-14 tahun serta 35-44 tahun. Ada baiknya kondisi ini segera diobati karena dapat menyebabkan kecacatan karena keruksakan saraf.

Nah beberapa penyebaba bercak putih di kulit yang telah dipaparkan diatas bisa saja terjadi pada anda. Untuk itu, jagalah kesehatan kulit anda salah satunya dengan menggunakan pelembab dan manfaat tabir surya setiap hari. Sedankan jika anda kini mengalami bercak putih pada kulit yang mengganggu penampilan anda, atau disertai dengan keluhan lainnya ada baiknya segera konsultasikan ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kulit Sabtu, 16 Desember 2017 16:07:20

Related Post :
Kesehatan
Obat Alami Menghilangkan Keloid…

Obat alami menghilangkan keloid…

Kesehatan
Nyeri Di Pinggul? Inilah…

Selain nyeri punggung dan…

Manfaat
12 Jenis Akar Tanaman…

Dari sebuah tanaman obat…

Ibu Dan Anak
Hal Yang Harus Dilakukan…

Hal yang harus dilakukan…

Penyakit
Tidak Ingin Terkena Gastritis?…

Berikut ini adalah beberapa…

Ibu Hamil
Ini Resiko Induksi Pada…

Ini resiko induksi pada…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Kulit
Begini Cara Mengatasi Kulit Mengelupas Pada Bayi Yang Tepat

Begini cara mengatasi kulit mengelupas…

Kulit
Diagnosis Dan Pengobatan Milia

Diagnosis dan pengobatan serta gejala…

Kulit
Vitamin C Sebagai Penghasil Kolagen untuk Perbaikan Kulit

Manfaat vitamin C sebagai penghasil…

Kirim Pertanyaan
Top