Mengenal Segudang Manfaat Pohon Kina Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Sudah sejak dulu tanaman kina dikenal sebagai tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat. Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat adalah bagian kulit batang yang berkhasiat sebagai obat malaria, penurun panas dan penambah nafsu makan.

Namun, sebagia orang mungkin kurang mengenal tanaman ini. Pohon kina yang memiliki nanma latin Cinchona calisaya ini memang termasuk pohon langka. Biasanya, salah satu tanaman herbal ini ditemukan di hutan hujan tropis. Untungnya, Indonesia menjadi salah satu tempat yang masih banyak ditanami pohon kina. Sehingga masyarakat masih bisa mendapatkan manfaat sehat dari tanaman ini. 


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kulit batang pohon kita memiliki kandungan yang bisa diandalkan sebagai obat herbal. Beberapa kandungan yang dimilikinya diantaranya seperti senyawa alkaloid yang penting, yaitu kinin, kinidin, sinkonin, dan sinkonidin. Zat-zat inilah yang telah banyakd imanfaatkan untuk tujuan pengobatan ataupun ilmu pengetahuan. 

Dengan kandungan yang dimilikinya tersebut, maka tak heran jika pohon kina ini memiliki beberapa manfaat. Berikut ini manfaat pohon kina bagi kesehatan yang bisa kita dapatkan, diantaranya yaitu :

  • Mengobati influenza

Kandungan zat kimia yang terkandung dalam kulit pohon kina akan bereaksi melawan penyebab influenza. Kulit pohon kina mengadnung zat yang dapat mencegah infeksi serta menghilangkan rasa sakit (analgesik) yang bermanfaat untuk mengobati influenza dan mengurangi demam. 

Selain itu, kulit kina juga dapat digunakan oleh penderita rematik, neuralgia, dan pegal linu. Cara pemanfaatannya cukup mudah, yaitu Anda cukup meminum air rebusan dari kulit kina secara rutin. 

  • Meredakan gangguan pencernaan

Ekstrak pohon kina mengadnung alkaloid dan quinovin yang dapat meningkatkan pelepasan cairan pencernaan dan meningkatkan sekresi perut. Hal ini bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai gangguan pencernaan, seperti perut kembung dan masalah perut lainnya. 

Sebagai salah satu tonik yang pahit, kandungan kina dapat merangsang air liur, sekresi pencernaan, dan memperbaiki fungsi pencernaan yang lemah. Tidak hanya itu, pohon ini juga bisa meningkatkan nafsu makan, terutama pada anak. 

  • Mengatasi gangguan pembuluh darah

Tanaman ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi kelainan pembuluh darah, seperti wasir, varises, dan kram kaki. Namun, masih perlu dilakukan penelitian yang lebih jauh untuk mendapatkan keakuratan manfaat kina terhadap berbagai gangguan pada pembuluh darah tersebut.

  • Mengatasi malaria

Ekstrak kina dapat bermanfaat untuk meningkatkan kondisi kesehatan penderita malaria. Hal ini disebabkan karena kandungan kita dapat membunuh parasit malaria yang ada didalam aliran darah tubuh dan gejala penyakit malaria pun bisa segera dikurangi. 

Kulit pohon kina mengandung senyawa alkaloid yang efektif untuk mengobati penyakit malaria, terutama zat kinin. Zat ini berperan untuk menghambat pertumbuhan dan reproduksi parasit malaria yang berada di sel darah merah. 

Kina juga disebutkan mengandung racun protoplasma yang digunakan untuk melawan protozoa penyebab malaria, diantaranya yaitu Plasmodium vivax, Plasmodium falciparum, Plasmodium malariae, dan Plasmodium fatal. Dengan begitu, maka dapat diartikan bahwa kina bisa menjadi obat malaria yang tergolong kuat.

  • Menyehatkan jantung

Kandungan kinidin yang dimiliki oleh pohon kina dapat dimanfaatkan sebagai obat aritmia. Selain itu, kandungan ini juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan beberapa masalah irama jantung, seperti atrial fibrilasi dan takikardia. 

Atrial fibrilasi adalah jenis aritmia yang paling sering terjadi berupa aktivitas listrik pada atrium jantung yang tidak teratur. Sedangkan takikardia adalah kondisi dimana Anda merasakan jantung berdetak lebih cepat dan berdebar secara abnormal. 

  • Membantu pengobatan kanker

Kombinasi obat yang mengadnung alkaloid berupa kini dan kinidin dapat menjadi alternatif terapi kanker. Tentunya ini menunjukkan bahwa ekstrak dari pohon kina ini bermanfaat sebagai zat antikanker. 

Menurut penelitian, kandungan alkaloid pada kina dapat memperbaiki akumulasi doksorubisin pada sel kanker, yaitu sejenis obat kemoterapi yang digunakan untuk mengobati kanker. Doksorubisin inilah yang bekerja dengan memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker. Contoh berbagai jenis kanker yang dapat diobati dengan pohon kina ini diantaranya adalah kanker payudara, kanker hati, kanker limpa, dan organ lainnya. 

By Sri Maryati - Manfaat Senin, 18 Desember 2017 14:18:36

Related Post :
Penyakit
Gejala-Gejala Kurap Yang Perlu…

Beberapa gejala yang muncul…

Manfaat
Manfaat Salak Untuk Mengatasi…

Salak adalah obat yang…

Tips
Tips Menghilangkan Bau Mulut…

Cara dan tips menghilangkan…

Manfaat
Manfaat Daun Alpukat Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Perawatan Alami Setelah Keguguran…

Perawatan alami setelah keguguran…

Penyakit
Bahaya Kesemutan (Kebas) Pada…

Kesemutan (kebas) adalah kondisi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan

Selain telur bebek dan telur…

Manfaat
Mengetahui Khasiat Teripang dalam Pengobatan Kanker

Teripang memang cukup populer di…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah Raspberry Bagi Kesehatan

Segudang kandungan gizi yang ada…

Kirim Pertanyaan
Top