Obat Simvastatin Penurun Kolesterol Dalam Darah

Share dan Tag Temanmu di :

LDL atau kolesterol jahat gampang menggumpal serta menempel pada dinding pembuluh darah. Kondisi ini bisa menyebabkan plak dan aterosklerosis atau yang lebih akrab disebut penyumbatan pembuluh darah. Simvastatin hadir untuk mengatasi kolesterol dalam darah. Kinerja obat yang juga disebut dengan statin ini adalah dengan menghambat enzim pembentuk kolesterol sehingga kadar kolesterol dalam darah menjadi berkurang. Obat ini akan terasa keefektifannya jika disertai dengan penerapan gaya hidup sehat seperti menjauhi makanan berminyak serta rajin berolahraga.


Dengan menurunnya kadar LDL dalam darah, simvastatin berarti bisa mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung. Sebagai informasi, kadar LDL normal dalam darah ada pada angka di bawah 100 mg/dL. Obat yang tergolong obat resep ini berbentuk tablet dan cairan yang diminum. Obat yang hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa ini tersedia di apotek dalam berbagai merek.

Simvastatin tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Begitu juga pada wanita subur, sebaiknya gunakan kontrasepsi yang cocok dan efektif karena simvastatin bisa berdampak buruk untuk janin. Sangat penting untuk mencegah kehamilan selama mengonsumsi obat ini. Hati-hati juga jika dikonsumsi oleh orang yang menderita gangguan ginjal, hati, tiroid, pernah mengidap gangguan otot, nyeri atau sakit otot tanpa penyebab jelas, dan orang yang suka mengonsumsi minuman keras. Selama mengonsumsi obat ini, dilarang mengonsumsi buah anggur karena bisa meningkatkan kadar simvastatin dalam darah.

Dosis simvastatin disesuaikan dengan tingkat kadar kolesterol dalam darah pasien, seberapa tinggi risiko terkena stroke dan serangan jantung, serta kondisi kesehatannya. Umumnya dokter menganjurkan penggunaan obat ini dalam dosis 5 sampai 40 miligram per hari. Dosis maksimalnya adalah 40 miligram per hari dan hanya dikonsumsi hanya satu kali sehari pada malam hari.

Simvastatin dianjurkan untuk dikonsumsi malam hari baik sebelum ataupun setelah makan. Perubahan gaya hidup seperti meningkatkan konsumsi serat, mengurangi konsumsi makanan berlemak, olahraga teratur, berhenti merokok sangat baik dilakukan untuk meningkatkan keefektifan obat. Jika tidak sengaja melewatkan jadwal minum, segera meminumnya begitu teringat. Hindari mengonsumsi minuman keras selama mengonsumsi simvastatin karena berpotensi berdampak buruk pada hati. Untuk memantau kolesterol dan kinerja obat dalam tubuh, pasien disarankan untuk rutin menjalani tes darah.

Kenali pula efek samping dari simvastatin seperti gangguan tidur, sakit kepala, konstipasi atau diare, gangguan pencernaan, dan penipisan rambut.

By Rizka Ardiana - Obat Kimia Jum'at, 05 Agustus 2016 11:46:44

Related Post :
Obat Kimia
Antibiotik Amoxicillin untuk Atasi…

Amoxicillin merupakan antibiotik penisilin…

Tips
Ketahui Penyebab Bibir Hitam…

Ketahui penyebab bibir hitam…

Alami
Kecap dan Jeruk Nipis…

Campuran kecap dan jeruk…

Tips
Cara Menghilangkan Tahi Lalat…

Cara menghilangkan tahi lalat…

Ibu Hamil
Penyebab Gejala Hamil Anggur…

Penyebab dan gejala hamil…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Dexamethasone Dipakai Untuk Penyakit Autoimun

Efek samping dan fungsi Dexamethasone…

Obat Kimia
Obat Kimia
Obat Clopidogrel untuk Mencegah Pembekuan Darah di Arteri

Clopidogrel merupakan salah satu jenis…

Kirim Pertanyaan
Top