Cara Mengobati Panu Menahun Yang Membandel Secara Alami

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mengobati panu atau jamur di kulit wajah, punggung, selangkangan, dan area tubuh lainnya ternyata tak harus selalu menggunakan salep maupun obat dokter yang di jual di apotik, melainkan juga bisa di lakukan secara tradisional. Untuk itu, ketahui berbagai bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi panu yang sudah lama sekalipun, yang mana juga aman di gunakan pada bayi dan juga anak dalam ulasan singkat berikut.


Panu yang memiliki nama latin Tinea Versicolor adalah salah satu jenis penyakit kulit tidak menular yang disebabkan oleh jamur, yang tak jarang menjadi penyebab bercak putih pada kulit. Selain timbulnya bercak putih, gejala panu juga disertai dengan timbulnya rasa gatal pada kulit, terlebih jika kulit sedang berkeringat. Bahkan tak harus selalu putih, bercak yang timbulkan oleh panu juga bisa berwarna coklat, merah, bahkan hitam tergantung warna kulit penderita.

Adapun penyebab panu sendiri disebabkan oleh jamur malssezia, yang mana pada umumnya tidak bersifat berbahaya dan juga sering ditemukan di tubuh manusia. Belum diketahui secara pasti mengapa  jamur malassezia berkembang secara tidak terkendali pada sebagian orang. Namun terkadang tingkat kebersihan pada seseorang dikaitkan dengan pengaruh jamur. Beberapa faktor lainnyapun diketahui dapat memicu pertumbuhan jamur malssezia sehingga menjadi tidak terkndali, antara lain:

  • Jenis kulit berminyak
  • Berusia remaja atau dewasa muda
  • Mengalami perubahan hormon
  • Tinggal pada daerah yang lembab dan bersuhu panas
  • Produksi keringan berlebihan
  • Tingkat kekebalan tubuh yang rendah

Meski begitu, sebaiknya panu segera diobbati dengan perawatan yang tepat. Karena jika penyakit dibiarkan, maka seiring waktu bercak-bercak panu tersebut akan melebar di kulit. Hal tersebut di sebabkan oleh petumbuhan jamur yang semakin tidak terkendali. Dan jelas kondisi tersebut jelas menyebabkan penderitaan seseorang yang mengalaminya semakin bertambah dan juga menyebabkan kulit terasa kasar seperti bersisik.

Cara mengobati panu menahun yang membandel di wajah secara alami

Tak sedikit dari pada penderita panu yang mengeluhkan munculnya bercak putih pada kulit wajahnya. Namun selain dari pada itu, panu juga bisa muncul di area kulit khususnya yang sering berkeringat seperti leher, dada, ketiak, lengan, punggung, perut, lipatan paha bahkan lengan.

Pada beberapa area tubuh yang terbuka, kemunculan panu tentunya selain menyebabkan ketidaknyamanan juga mengganggu penampilan anda, seperti halnya pada wajah. Oleh sebab itu, jika anda kini tengah memiliki masalah panu di wajah maupun area tubuh terbuka lainnya sebaiknya segera di atasi agar panu tersebut cepat hilang dan tidak mengganggu penampilan anda.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan panu di wajah? selain dengan menggunakan obat maupun salep oles yang bisa anda dapatkan di apotik, beberapa bahan alami berikut juga di ketahui memiliki kemampuan dalam membantu mengatasi dan menghilangkan masalah panu pada wajah maupun area tubuh lainnya. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut.

1. Bawang putih

Cara mengobati panu dengan bawang putih ternyata di ketahui cukup efektif dalam memberantas masalah panu. Hal tyersebut lantaran kandungan allicin didalamnya  merupakan komponen biologis aktif yang berguna sebagai zat antibakteri. Selain dari pada itu, bahan dapur ini juga kaya akan kandungan antioksidan, antivirus, antibakteri dan antijamur.

Adapun untuk pemanfaatannya, anda bisa mengambil 1 siung bawang putih,  dan potong menjadi 2 bagian. Setelah itu, gosokan pada kulit yang mengalami panu selama 5 menit. Lakukan hal tersebut sebanyak 2 kali sehari. Cara ini juga bisa menjadi alternatif yang aman untuk cara menghilangkan panu pada bayi maupun buah hati anda yang masih balita.

2. Minyak kelapa

Sejumlah penelitian menunjukkan, bahwasannya minyak kelapa bisa membantutubuh untuk meningkatkan resistensi terhadap, kamur, virus dan juga bakteri. Bahkan kandungan asam lemak yang terdapat didalamnya mampu menghentikan pertumbuhan jamur penyebab panu. Adapun caranya sendiri cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada bagian kulit yang terkena panu dan diamkan hingga kering.

3. Minyak oregano

Bahan alami selanjut ya bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan panu adalah minyak oregano. Sesuai dengan namanya, minyak ini sendiri berasal dari tumbuhan oregano, yang lebih tepatnya adalah bagian daun dan bunganya. Adapun kandungan senyawa carvacol yang terdapat di dalamnya terbukti dapat membunuh dan mengurangi infeksivakteri, jamur, virus, parasit dan juga elergi. Hal tersebut lantaran senyawa tersebut sendiri memiliki sifat sebagai antibakteri, antivirus dan juga antijamur.

4. Tea tree oil

Pohon teh yang memiliki nama latin melaleuca adalah jenis tanaman yang diketahui mengandung antiseptik yang cukup tinggi. Sehingga tak jarang ini tanaman ini sering di manfaatkan untuk mnyembuhkan luka. Bahkan dalam berbagai penelitian yang telah di lakukan, tree tea oil ini membunuh banyak bakteri, virus dan juga jamur.

Adapun untuk memanfaatkan minyak ini untuk pengobatan panu, anda bisa mencampurkan 1 sendok teh minyak kelapa, 5 teteh tea tree oil dan 5 tetes minyak alvender. Aduk kesemuanya hingga merata dan oleskan pada bagin kulit yang terpapar panu menggunakan kapas atau cotten bud. Dan untuk hasil yang lebih maksimal dan juga cepat, anda bisa menambahkan sedikit minyak oregano ke dalamnya.

5. Cuka apel

Di dalam cuka apel diketahui terdapat zat yang berguna sebagai antimikroba. Nah, kandungan tersebut nyatanya akan membantu kulit untuk mengontrol pertumbuhan jamur Adapun untuk cara pemanfaatannya untuk mengatasui panu di wajah, anda bisa mencampurkan 1 sd, cuka apel dan 1 sdm air hangat Ambil kapas, dan kemudian oleskakan pada bagian yubuh yang mengalami panu. Diamkan selama 15 menit, lalu setelah itu bilas dengan air hangat.

6. Yogurt

Sumber makanan yang sehat ini kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya seperti protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6 dan juga vitmin B12. Adapun dengan mengoleskan yogurt terutama pada area kulit wajah yang terserang panu, kandungan probiotiknya mampu mengontrol keberadaan jamur sehingga pertumbuhan jamur bisa terhambat.

Adapun pemanfaatnya untuk memberantas panu, abnda bisa mengoleskan dan mendiamkannya selama 30 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Dan tak hanya dioles, anda juga disarankan untuk meminum yogurt setiap harinya untuk membasmi infeksi jamur dari dalam. Namun perlu anda anda ingat, untuk menghilangkan panu, gunakan yogurt tawar jangan yang memiliki rasa.

7. Lengkuas

Tak hanya berguna sebagai penyedap makanan, akan tetapi bahan alami yang satu ini juga memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Diantaranya seperti sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrienemodin, beta-sitosterol, quercetin, galangin, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan sebagaimana hasil dari penelitian berbagai ilmuwan korea, menyatakan bahwa semua senyawa yang terkandung didalam lengkuas dapat menghambat oksida-nitar produksi lipopolisakarida, termasuk untuk menghilangkan panu secara alami. Karena didalamnya juga terkandumng senyawa flavonoid, amilium dan juga kuertesin yang terdapat didalam lengkuas  yang berfungsi untuk membasmi jamur penyebab panu.

Adapun untuk cara mengobati panu dengan lengkuas, anda bisa memotong motong lengkuas segar dan dan mengusap-ngusapkannya pada kulit yang terdampak panu selama 5 menit. Lakukan cara ini sebnayak 2 kali sehari. Adapun cara lainnya, anda bisa menghaluskan 2 ruas jari lengkuas dengan 1 sdt garam. Dan oleskan pada panu diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

8. Jeruk nipis

Cara menghilangkan panu dengan jeruk nipis dengan 1 sdm belerang yang telah di tumbuk halus. Campurkan keduanya hingga menjadi krim. Dan oleskan pada panu, diamkan hingga mengering kemudian bersihkan dengan air hangat.

Jeruk nipis sendiri di ketahui mengandung senyawa penting yang dapat membantu mengatasi panu pada kulit. Diantaranya kandungan flavonoid. Senyawa tersebut sendiri merupakan antioksidan yang kuat yang dapat membantu melindungi tubuh anda dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat. Selain itu, didalamnya juga terkandung siaft anti-bakteri dan anti-jamur serta vitamin C yang tinggi.

Selain itu, belerang juga mengandung senyawa yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat, virus penyabab panu lainnya. Hal tersebut dikarenakan adanya zat keratolitik didalamnya.

Selain dari pada itu, masih banyak bahan alami lainnya yang bisa anda manfaat sebagai cara menghilangkan panu, dua diantaranya seperti kunyit dan belimbing wuluh. Anda juga disarankan untuk memakai bahan berserat alami (katun), tindak memakai pakaian yang terlalu ketat, hindari makanan yang berminyak, menghindari paparan sinar matahri secara langsung serta menggunakan tabir surya saat hendak pergi keluar, yang bertujuan untuk menghindari pertumbuhan jamur yang tidak terkontrol.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar cara mengobati panu menahun yang membandel di wajah maupun tubuh secara alami, mudah dan cepat. Lakukan cara tersebut secara teratur hingga benar-benar sembuh, sehingga panu tidak akan kambuh lagi. Semoga bermanfaat dan juga dapat menmabah wawasan anda seputar dunia kesehatan. Salam sehat!

By Nida Saripah - Alami Senin, 18 Desember 2017 16:11:40

Related Post :
Kesehatan
Cara Mencegah Kanker Tulang…

Cara mencegah kanker tulang…

Obat Kimia
Obat Untuk Menangani Asam…

Obat untuk menangani asam…

Kesehatan
Pantangan Makanan Penderita Maag…

Pantangan makanan bagi penderita…

Penyakit
Waspada! Kerusakan Mata Ini…

Diabetes merupakan penyakit jangka…

Kesehatan
Ini Bahayanya Jika Malas…

Pembalut adalah produk kewanitaan…

Manfaat
Nutrisi Pada Sagu Mengandung…

kandungan nutrisi dan manfaat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
Obat Alami Menghilangkan Kesemutan Paling Ampuh dan Aman

Obat alami menghilangkan kesemutan paling…

Alami
Khasiat Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat manfaat daun cincau untuk…

Alami
Cara mengatasi Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat

Cara mengatasi sakit kepala secara…

Kirim Pertanyaan
Top