Jangan Dibuang! Kulit Telur Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Telur merupakan salah satu makanan yang cukup banyak dipilih sebagai menu sehari-hari, karena selain memiliki rasa yang enak juga kaya akan kandungan nutrisi yang menyehatkan. Ketika mengolah telur, biasanya yang digunakan adalah bagian putih dan kuning telur. Sedangkan kulit telur dibuang begitu saja. 

Namun, mulai sekarang, sebaiknya jangan buang kulit telur. Pasalnya, kulit telur ternyata juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Benarkah ?

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat kulit telur bagi kesehatan, simak informasi berikut !

Beragam Kandungan serta Manfaat Kulit Telur Bagi Kesehatan Tubuh


Cangkang telur yang keras ternyata terbuat dari kalsium karbonat, yang merupakan bentuk kalsium yang paling umum. Kalsium sendiri merupakan salah satu mineral penting yang diperlukan tubuh agar selalu berfungsi dengan baik.

Dalah satu cangkang telur terkandung sekitar 40% kalsium. Setengah dari kulit telur ini saja sudah bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian orang dewasa, yaitu sekitar 1.000 mg per hari. 

Selain kalsium, kulit telur juga mengandung mineral lainnya termasuk strontium, flourida, magnesium, selenium, hingga protein. Semua kandungan nutrisi tersebut juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang. 

Disamping itu, berikut ini beberapa manfaat kulit telur bagi kesehatan yang harus diketahui, yaitu :

  • Memenuhi kebutuhan kalsium harian

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kulit telur memiliki kandungan kalsium yang diperlukan tubuh. Dibandingkan dengan suplemen kalsium yang beredar di pasaran, kandungan kalsium yang ada dalam kulit telur lebih cepat diserap oleh tubuh. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan pada tikus dan babi. 

Selain untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, kalsium juga diperlukan untuk membantu jantung memompa darah ke seluruh tubuh dan membuat detak jantung lebih teratur. Kalsium juga bertindak sebagai obat penenang alami yang dapat menenangkan sistem saraf untuk mengurangi rasa sakit, sekaligus menghentikan perdarahan ketika terluka. 

  • Menjaga kesehatan persendian

Jika Anda lihat bagian dalam cangkang telur lebih detail, maka Anda akan menemukan selaput transparan tipis yang melapisi dindingnya. Selain itu, selaput ini juga bisa terlihat lebih jelas ketika mengupas telur rebus. Biasanya selaput ini menempel pada bagian dalam kulit telur. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin yang mengandung membran kulit telur dapat menjaga kesehatan persendian. Hal ini disebabkan karena kulit telur terbuat dari kolagen, kondroitin sulfat (penyusun jaringan tulang rawan), glukosamin, dan nutrisi lainnya. 

Kolagen sendiri dilaporkan bermanfaat untuk membantu mengurangi nyeri sendi akibat osteoarthritis dan rematik. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah suplemen kulit telur ini benar-benar efektif dalam hal ini. 

  • Mengurangi risiko osteoporosis

Osteoporosis merupakan pengeroposan tulang yang dapat meningkatkan risiko patah tulang. Umumnya kondisi ini terjadi pada usia lanjut, namun awal perkembangannya bisa dimulai sejak usia muda. Pengeroposan tulang ini pada umumnya disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium dalam menu makanan sehari-hari. Selain itu, seiring dengan bertambahnya usia, tingkat kalsium alami pun akan mulai menurun. 

Sebuah studi yang dilakukan pada wanita pascamenopause menemukan bahwa bubuk cangkang telur dapat memperkuat tulang yang mengalami osteoporosis. Dalam tubuh, cangkang telur bekerja mengikat vitamin D dan magnesium untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang. 

Studi yang sama juga melaporkan bahwa bubuk cangkang telur mungkin lebih efektif dalam mengurangi risiko osteoporosis dibandingkan dengan suplemen kalsium.

Lalu, bagaimana cara mengolah kulit telur agar aman untuk dikonsumsi ?

Bagi Anda yang ingin mencoba merasakan manfaat dari kulit telur ini, Anda bisa mengolah sendiri di rumah dan caranya pun cukup mudah. Pertama, cuci bersih kulit telur yang telah disiapkan dan rebus selama beberapa menit untuk mematikan bakteri dan zat asing yang menempel pada kulit telur. Setelah itu, tumbuk atau blender kulit telur hingga benar-benar halus. 

Pastikan bahwa Anda menggilingnya sampai benar-benar halus. Pasalnya, bahan pinggiran kulit telur yang cenderung tajam bisa melukai tenggorokan atau kerongkongan jika ditelan utuh. Untuk penggunaannya, Anda bisa menambahkan bubuk kulit telur ini pada makanan atau minuman Anda. 

Namun, kini telah banyak prdouk suplemen kalsium alami yang memanfaatkan kulit telur sebagai bahan utamanya. Sehingga ini bisa menjadi pilihan alternatif yang aman bagi Anda. Semoga bermanfaat. 

By Sri Maryati - Manfaat Selasa, 19 Desember 2017 14:08:41

Related Post :
Penyakit
Waspadai ! 8 Jenis…

Selain kanker serviks, ada…

Manfaat
Khasiat Ekstrak Kulit Manggis…

Khasiat ekstrak kulit manggis…

Kesehatan
7 Makanan Sehat Bagi…

Untuk menghindari gejala naiknya…

Kesehatan
Mengenali Penyebab Dan Gejala…

Penyebab dan gejala stroke…

Kesehatan
Bahaya Minuman Keras Bagi…

Minuman keras atau minuman…

Daun
Inilah Berbagai Khasiat Daun…

Tahukah anda apa khasiat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat Soman Jamu Tetes Herbal Untuk Mengatasi Keputihan

Manfaat soman (Sozo Formula Manggata…

Manfaat
Manfaat Daging Cumi-Cumi Bagi Tubuh dan Cara Penyajiannya

Dibalik tekstur dagingnya yang kenyal,…

Manfaat
Inilah Manfaat Bayam Duri Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Informasi tentang kandungan dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top