Lakukan Dari Sekarang! 5 Langkah Mencegah Batu Ginjal

Share dan Tag Temanmu di :

Batu ginjal merupakan benda keras sejenis bau yang terbuat dari bekuan kalsium. Biasanya sakit batu ginjal ditandai dengan rasa sakit ketika buang air kecil bahkan kencing berdarah. Batu ginjal juga bisa dipicu oleh komplikasi yang paling bahaya jika tidak ditangani dengan baik. Tapi sebaiknya mencegah lebih baik daripada mengobati.


Lalu bagaimana cara mencegah batu ginjal mulai dari sekarang bisa anda lakukan, yaitu :

1. Perbanyak minum air putih

Setidaknya 8 gelas /hari minum air putih. Jika anda sering berkeringat dan aktivitas fisik anda padar maka rajinlah minum air putih yang dapat menurunkan resiko pembentukan batu ginjal. Tapi batasi minuman yang memiliki kandungan pemanis atau kalori, kurangilah cafein, alkohol, teh, dan minuman soda. Menurut penelitian mengatakan sekitar 23% mengkonsumsi 1 gelas minuman bersoda setiap hari dapat meningkatkan resiko sakit batu ginjal. Apabila anda tak begitu suka minum air putih, anda disarankan mengkonsumsi minuman yang kaya sitrat misal perasan lemon atau jeruk, karena tingginya sitrat dalam minuman secara alami akan membantu mencegah terbentuknya batu ginjal.

2. Kurangi asupan garam

Jika terlalu banyak konsumsi garam (natrium) dapat menyebabkan penyakit batu ginjal karena meningkatkan jumlah kalsium dalam urin. Batasan asupan garam dalam sehari setara dengan 1 sdt garam dapur (5 gr garam). Selain itu, natrium juga terdapat pada kecap, saus sambal dan tomat, makanan cepat saji, makanan kalengan, makanan berpengawet, dan saus tiram. Maka dari itu, untuk mengetahui berapa jumlah natrium yang terkandung bacalah nilai gizi makanan yang akan anda konsumsi.

3. Batasi konsumsi oksalat

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar oksalat tinggi dapat meningkatkan jumlah oksalat dalam urin sehingga ada kaitannya dengan kalsium membentuk batu ginjal.

Jenis-jenis makanan yang harus anda perhatikan mengenai kadar oksalatnya seperti : okra, almond, kiwi, bayam, kacang mede, produk kedelai, bekatul dari gandum, coklat, kokoa, teh, buah bit, makanan tinggi vit C, dan dengan mengkonsumsi lebih dari 1000 mg vit C / hari dapat meningkatkan kadar oksalat. Anda boleh mengkonsumsi makanan ini namun harus lebih diperhatikan porsinya.

4. Batasi asupan protein hewani

Sumber protein ( telur, seafood, susu, jeroan, dan produk susu) dan daging hewani yang mengandung purin nantinya akan diubah menjadi asam urat dalam urin. Asam urat yaitu salah satu bahan pembentuk batu ginjal maka jika banyak mengkonsumsi protein hewani nantinya dapat memicu batu ginjal terbentuk. Untuk mencegah batu ginjal disarankan anda untuk tidak mengkonsumsi lebih dar 170 gr daging / hari.

5. Menjaga berat badan

Berat badan berlebih ada hubungannya dengan perkembangan penyakit batu ginjal dapat memicu resistensi insulin dan peningkatan jumlah kalsium dalam urin sehingga lebih besar beresiko mengalami batu ginjal. Pada orang yang memiliki berat badan berlebih pH urin cenderung lebih asam sehingga dapat meningkatkan resiko batu ginjal.

By Ana Rediana - Kesehatan Selasa, 19 Desember 2017 14:55:34

Related Post :
Penyakit
Betis Terasa Nyeri dan…

Betis terasa nyeri dan…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Informasi tentang penyakit hepatitis,…

Kesehatan
Jenis Makanan Pembakar Lemak…

Daftar makanan pembakar lemak…

Kesehatan
Penyebab Lain Gatal di…

Selian ketombe, ternyata terdapat…

Kesehatan
Awas! Jangan Konsumsi Minuman…

Ada beberapa jenis minuman…

Tips
Tips Dan Cara Melentikan…

Selain dengan cara tradisional…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Metode Terapi Pengobatan Epilepsi

Metode terapi pengobatan epilepsi atau…

Kesehatan
Ingin Menjalankan Pola Hidup Sehat? Mulai Ganti Makanan Ini!

Olahraga secara teratur memang merupakan…

Kesehatan
Mengeringkan Jemuran di Ruangan Sebabkan Infeksi Paru

Ternyata kebiasaan mengeringkan jemuran di…

Kirim Pertanyaan
Top