Khasiat Obat Sulfasalazine Untuk Menangani Inflamasi Usus

Share dan Tag Temanmu di :

Obat yang termasuk obat antiinflamasi non-steroid ini memiliki fungsi untuk mengurangi inflamasi. Sulfasalazine biasanya dipakai untuk menangani inflamasi usus seperti penyakit Crohn dan kolitis ulseratif. Selain itu, obat sulfasalazine bisa diresepkan untuk mengobati rheumatoid arthritis karena dapat mengurangi rasa nyeri, kekakuan pada sendi, serta mengurangi pembengkakan. Penggunaan sulfasalazine di tahap awal pada rheumatoid arthritis berpotensi membantu mencegah kerusakan pada sendi-sendi. Yang harus diperhatikan, khasiat obat sulfasalazine untuk menangani inflamasi usus ini hanya berfungsi untuk mengurangi gejala, bukan menyembuhkan penyakit.

Obat yang berbentuk tablet ini bisa dikonsumsi anak-anak dan dewasa. Penggunaannya harus dibawah pengawasan dokter, terlebih untuk anak-anak. Peringatan penggunaan sulfasalazine adalah bahwa obat ini tidak bisa dikonsumsi perempuan yang sedang hamil terutama pada trimester akhir. Hal ini dikarenakan bisa membahayakan janin. Ibu menyusui juga tidak disarankan untuk mengonsumsi obat ini.

Setelah mengonsumsi obat sulfasalazine untuk menangani inflamasi usus, tidak diperkenankan mengemudikan kendaraan maupun alat berat karena bisa menyebabkan pusing. Ada baiknya mengonsumsi obat ini setelah makan. Jangan lupa untuk mengonsumsi banyak cairan terutama air putih untuk mencegah gangguan ginjal. Sulfasalazine memiliki potensi menimbulkan bercak pada beberapa jenis lensa kontak. Sebaiknya tidak menggunakan lensa kontak selama mengonsumsi obat ini. Harap hati-hati jika memiliki penyakit berupa gangguan hati, pofiria, asma, gangguan ginjal, alergi aspirin, sulfonamide, maupun salisilat, serta defisiensi G6PD.

Mengenai dosis sulfasalazine, setiap pasien akan diberikan dosis berbeda-beda oleh dokter sesuai dengan usia, tingkat keparahan penyakit, kondisi kesehatan pasien, serta reaksi tubuh pasien terhadap obat. Untuk anak-anak, berat badan juga menjadi pertimbangan dalam menentukan dosis. Untuk orang dewasa, umumnya sebanyak 500 miligram per hari yang dianjurkan untuk dikonsumsi pada malam hari. Setelah satu minggu, dokter bisa jadi akan meningkatkan dosis menjadi 2000 sampai 3000 miligram per hari. Dosis ini dibagi untuk beberapa kali konsumsi. Dosis maksimal sebanyak 3000 miligram per hari.

Obat sulfasalazine untuk menangani inflamasi usus ini sebaiknya diminum setelah makan untuk mencegah efek samping dan tidak lupa untuk banyak minum setelah mengonsumsinya. Pastikan untuk memberikan jarak waktu cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Untuk memaksimalkan efeknya, konsumsi pada jam yang sama setiap hari.

Berikut efek samping yang bisa terjadi setelah mengonsumsi sulfasalazine, diantaranya sakit kepala, pusing, muntah, mual, sakit perut, diare, batuk-batuk, ruam gatal pada kulit, telinga berdenging, sariawan, sulit tidur, serta indera perasa menjadi berubah. Segera temui dokter jika terjadi efek samping serius seperti demam, sakit tenggorokan, dan lebam.


By Sri Maryati - Obat Kimia Sabtu, 06 Agustus 2016 07:29:49

Related Post :
Tips
Mengatasi Otak yang Sedang…

Tips mengatasi otak yang…

Kesehatan
Olahraga Yang Tepat Bagi…

Olahraga yang tepat bagi…

Tips
Tips Dan Cara Memilih…

Tips dan cara memilih…

Alami
Obat Alami untuk Mengatasi…

Obat alami untuk mengatasi…

Daun
11 Khasiat Dan Manfaat…

Selain untuk pakan kenari,…

Tips
Obat Alami Batu Ginjal…

Obat Alami Batu Ginjal…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Tizanidine Untuk Mengurangi Ketegangan Otot

Anda pernah mengalami kejang otot?…

Obat Kimia
Fakta Carisoprodol dalam Tablet PCC yang Harus Diketahui

Berikut ini merupakan beberapa fakta…

Obat Kimia
Testosterone Obat Untuk Masalah Kesuburan Pada Pria

Testosterone obat untuk masalah kesuburan…

Kirim Pertanyaan
Top