Lakukan 4 Langkah Ini! Agar Tubuh Kembali Pulih Setelah Sakit

Share dan Tag Temanmu di :

Ketika sedang sakit pastinya kondisi tubuh merasa lemas, tidak bergairah termasuk dalam mengonsumsi makanan. Ketika sakit kondisi tubuh dapat membuat seorang kehilangan nafsu makan bahkan makanan favorit pun samasekali tidak mood namun dengan berjalannnya waktu kondisi tubuh nafsu makan pun akan kembali naik. Untuk memulihkan kebugaran dan mengembalikan stamina setelah sakit, makananlah yang paling berperan penting dalam memulihkan kondisi ini setelah sakit. Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat setelah sakit suatu hal penting yang harus diperhatikan karena akan membantu dalam mengembalikan berbagai nutrisi yang hilang ketika anda sakit.


Pilihan makanan sehat yang bisa membantu anda dalam memulihkan stamina lebih cepat dan dapat menurunkan resiko terjangkitnya penyakit kembali.

Berikut ini ada beberapa makanan untuk membantu memulihkan stamina setelah sakit, antara lain :

  • Mencukupi cairan tubuh

Ketika setelah sakit, tubuh akan mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Supaya stamina tubuh cepat kembali normal, maka anda disarankan untuk banyak minum air putih guna untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ketika saat sakit.

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur seperti kale, blueberry, kismis, bayam, plum memiliki kandungan senyawa antioksidan yang berfungsi menangkal serangan radikal bebas berbahaya serta mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu membantu mengembalikan kondisi tubuh normal kembali.

  • Bakteri probiotik

Perlu anda tahu, tidak semua jenis bakteri buruk dan memicu timbulnya penyakit namun faktanya bakteri juga ada yang baik untuk kesehatan tubuh contohnya bakteri probiotik yang diyakini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat memperbaiki serta melancarkan sistem pencernaan. Makanan yang memiliki kandungan probiotik misalnya biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah apel.

  • Mencukupi asupan protein

Tentunya tubuh setiap harinya memerlukan asupan protein yang cukup terutama ketika tubuh baru sembuh dari sakit. Makanan yang memiliki sumber protein yang cukup seperti daging ayam, ikan, dan telur. Perlu anda perhatikan, setelah sakit sebaiknya anda jangan dulu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak atau mengonsumsi rempah-rempah yang dapat mengganggu sistem pencernaan. Namun bagi anda yang suka vegetarian, anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan yang termasuk vegetarian seperti tahu, tempe, selai kacang, atau kacang-kacangan.

Selain mengonsumsi jenis-jenis makanan diatas, anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi obat untuk membantu proses pemulihan seperti multivitamin secara teratur sehingga tubuh anda akan cepat pulih dan dapat beraktivitas kembali seperti biasa.

By Ana Rediana - Kesehatan Kamis, 21 Desember 2017 14:48:11

Related Post :
Kesehatan
Cara Pijatan Terapi Herbal…

Cara pijatan dengan terapi…

Kesehatan
Makanan Yang Baik Dikonsumsi…

Makanan yang baik untuk…

Obat Kimia
Obat Cetrizine Untuk Mengatasi…

Obat cetrizine untuk mengatasi…

Ibu Dan Anak
Ciri-ciri Bayi Tidak Cocok…

Ciri-ciri bayi tidak cocok…

Kesehatan
Berbagai Makanan Sehat Untuk…

Berbagai makanan sehat untuk…

Kesehatan
Penglihatan Berkurang Di Usia…

Anda masih berusia 20…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Hal-hal yang Harus Wanita Hindari Demi Kesehatan Vagina

Hal-hal yang harus wanita hindari…

Kesehatan
Kebaikan Konsumsi Serat Bagi Penderita Diabetes

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat…

Kesehatan
Jangan Abaikan ! Ini Manfaat Ikan Baronang Bagi Kesehatan

Selain nikmat, ikan baronang ternyata…

Kirim Pertanyaan
Top