Ingin Terhindar Dari Flu Selama Musim Hujan? Segera Lakukan Ini!

Share dan Tag Temanmu di :

ingin terhindar dari flu saat musim hujan ternyata bukanlah perkara yang sulit. Karena sejatinya, banyak tips dan cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mencegah hal kondisi tersebut terjadi. Dan beberapa diantaranya bisa anda ketahui dalam informasi berikut.

Musim hujan telah tiba. Dan beberapa penyakit diketahui erat kaitannya dengan musim yang satu ini. Seperti salah satunya penyakit yang di sebabakan oleh virus influenza atau flu. Mungkin ada dari pada yang merasa penasaran, bagaimana musim hujan memberikan pengaruh buruk pada anda mengalami serangan flu?

Pada saat musim hujan tiba, biasanya udara berubah menjadi lebih dingin dibandingkan biasanya. Dan pada kondisi tersebutlah, virus flu dapat membentuk lapisan keras sehingga lebih mudah tersebar pada suhu udara yang cukup dingin. Dan setelah memasuki saluran pernapasan, lapisan keras virus ini menjadi mencair. Dan tak jarang sang viruspun langsung masuk ke dalam sel-sel saluran pernapasan dan menginfeksinya.

Namun sebenarnya, anda juga masih bisa tetap sehat dan terbebas dari penyakit flu selama musim penghujan berlangsung. Tentunya dengan syarat, anda melakukan beberapa langkah pencegahan. Karena mungkin tanpa anda ketahui sebelumnya, terdapat beberapa tips maupun cara sederhana untuk mencegah flu pada anak, dewasa maupun ibu hamil saat musim hujan yang mudah dilakukan dan tidak memakan biaya yang banyak.

Tips dan cara mencegah flu selama musim hujan

Jika anda ingin terhindar dari flu selama musim hujan khususnya anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Sering cuci tangan

Mungkin anda cukup sering bahkan bosan mendengar perintah cuci tangan sebelum makan dimana-mana.. Akan tetapi pada kenyataannya, kegiatan sederhana ini mampu membandu anda dalam menyingkirkan  virus flu maupun pilek pada anggahota tubuh, terutama tangan. Karena pastinya kita tak mengetahui berbagai benda yang kita sentuh sebelumnya di pegang oleh siapa. Dan bisa jadi benda tersebut sebelumnya pernah disentuh orang yang tengah sakit.

Dan juga disarankan untuk mencuci tangan dengan air dan juga sabun. Kemudian gosok-gosoklah seluruh bagian tangan sekitar 20 detik, sehingga virus ditangan anda bisa cepat hilang dari tangan anda. Jika anda sulit untuk menemukan air, anda bisa memakai hand sanitizer yang mengandung kadar alkohol lebih dari 60%. Selain sebelum makan. lakukan cuci tangan juga sebelum tidur, menyentuh wajah dan lainnya.

2. Meminimalisir paparan tubuh dari hujan dan udara dingin

Meski hujan dan hawa dingin sulit dihindari, akan tetapi tetap upayakan untuk meminimalisir  paparannya terhadap tubuh anda. Anda bisa memulainya dengan memiliki peralatan seperti payung dan jas hujab dalam perjalanan. Kenakan juga pakaian cukup tebal untuk untukmenahan hujan dan dingin.

Selain dari pada itu, pastikan bagian kepala anda mendapatkan cukup perlindungan, karena terbukti bagian paling rentan ketika saat kehujanan adalah kepala. Sebab otak sendiri akan bereaksi paling cepat terhadap dingin dan juga dapat memberi sejumlah sinyal yang bisa menyebabkan penurunan kondisi.

3. Segera mandi setelah kehujanan

Jika anda kehujanan sehingga tubuh anda menjadi basah kuyup, sebaiknya anda segera mandi dengan air setidaknya dalam suhu ruang, namun apabila memungkinkan juga dengan air yang bersuhu hangat. Tak hanya membersihkan air hujan ataupun penyakit yang dibawa oleh air hujan, akan tetapi dengan segera mandi khususnya menggunakan air hangat juga bisa menstabilkan kembali suhu tubuh anda yang menurun secara drastis. Sebab jika suhu tubuh segera dipulihkan dititk normal, maka otalk akan melepas sejenis enzim sehingga tubuh mengalami penurunana imunitas tubuh yang menyebabakan tubuh rentan sakit, terutama akibat terinfeksi virus flu.

4. Mengonsumsi minuman hangat

Jika anda ingin terhindar dari serangan flu saat musim hujan, anda juga bisa mengonsumsi minuman hangat. Minuman hangat sendiri diketahui memiliki cara kerja yang hampir serupa dengan konsep mandi setelah kehujanan. Adapun anda bisa menghangatkan tubuh dengan mengonsumsi minuman hangat yang juga bisa membantu melebarkan pembuluh darah diantaranya seperti minuman jahe dengan hidangan berempah yang hangat.

5. Mengonsumsi vitamin C

Jika berbicara mengenai jenis vitamin apa yang bagus untuk imunitas, maka jelas jawabannya adalah vitamin C. Vitamin  C sendiri akan bekerja menjga imunitas kita dalam kondisi yang tetap efektif dslam menwalan berbagai jenis serangan bakteri dan virus, termasuk virus flu.

Sehingga meski anda telah kehujanan dan sistem imunitas mengalami penurunan, nah bersamaan dengan itu vitamin C akan membantu penurunana tersebut agar tidak mencapai titik yang sangat buruk, sehingga kehilangan kemampuan untuk bertahan terhadap serangan virus dan bakteri. Adapun kandungan vitamin C sendiri banyakditemukan dalam berbagai jenis sayur dan buah. Sebut saja jeruk, anggur, buah noni, buah naga, tomat, brokoli, asparagus, kedelai, bayam dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Perbanyak mengonsumsi air

Istilah awam yang menyebutkan bahwasannya buang penyakit bersama air tidak sepenuhnya salah. Karena faktanya, dengan mengonsumsi air lebih banyak. maka dapat meningkatkan kinerja hati, pencernaan serta ginjal untuk membuang toksin  serta sejumlah serangan virus terbuang.

Selain dari pada itu, air juga bekerja untuk menurunkan suhu. Fungsi ini dapat membantu anda dalam mengatasi kenaikan suhu pasca anda kehujanan atau kedinginan. Air juga umumnya akan meimbangi hipermetabolisme dengan membantu anda mengeluarkan keringat lebih banyak.

Selain daripada itu masih banyak lagi tips dan juga cara lainnya yang bisa anda lakukan agar terhindar dari flu selama musim hujan. Diantaranya seperti tidak sering menyentuh wajah, mengonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga, istirahat yang cukup, tidak merokok dan mengonsumsi alkohol dan juga jika perlu anda bisa melakukan vaksin flu. Semoga bermanfaat.

By Nida Saripah - Kesehatan Jum'at, 22 Desember 2017 07:56:15

Related Post :
Manfaat
Manfaat Mengkonsumsi Ikan Gabus…

Selain membantu penyembuhan luka…

Kesehatan
Cara Tepat Untuk Mengatasi…

Berikut adalah beberapa langkah…

Alami
Ramuan Obat Tradisional Sesak…

Selain pengobatan secara medis,…

Kulit
Mengenal Manfaat Dan Fungsi…

Mengenal manfaat dan fungsi…

Ibu Hamil
Cara Mengatasi Gatal Perut…

Keluhan yang paling umum…

Kesehatan
Perbedaan Tumor dan Kanker…

Tidak semua benjolan yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Cara Efektif Menjaga Lambung dan Usus Agar Tetap Sehat

Cara efektif menjaga lambung dan…

Kesehatan
Langkah Dan Cara Pencegahan Impetigo Yang Efektif

berikut adalah langkah dan cara…

Kesehatan
Selain Melangsingkan Makanan Ini Juga Menyehatkan Mata

Tidak hanya menyehatkan dan membantu…

Kirim Pertanyaan
Top