Olahraga Yang Tepat Bagi Penderita Syaraf Kejepit

Share dan Tag Temanmu di :

Syaraf kejepit merupakan kondisi susunan syaraf pusat yang mengalami cedera akibat tekanan berlebih yang membuat perubahan struktur tulang belakang. Syaraf kejepit bisa disebabkan karena cedera ataupun degeneratif. Menurut pengamatan dr. Andi Kurniawan, SpKO sekretaris Jendral Perhimpunan Osteoporosis Indonesia ' syaraf kejepit paling umum terjadi saat berolahraga. Sebenarnya syaraf kejepit bisa diatasi dengan treatment atau olahraga yang tepat, jadi sebaiknya jika anda memamhami dan mengerti seperti apa sih olahraga yang tepat bagi penderita syaraf kejepit sehingga masalah cedera bisa dihindari.


Ketika postur tubuh salah maka beban berlebih dapat mengganggu tulang punggung sehingga akan berakibat terjadinya pergeseran syaraf. Orang yang rajin berolahraga angkat beban namun menggunakan tehnik yang salah karena terlalu berat, tehnik pernafasan yang salah, serta tanpa safetybelt bisa saja menjadi penyebab utama cedera. Manfaat treatment olahraga yang tepat untuk syaraf kejepit yaitu untuk melatih otot punggung agar lebih kuat sehingga tulang belakang dapat stabil kembali. Tulang belakang berfungsi untuk menopang ruas tulang yang harus dilatih agar tidak bergeser sehingga menekan syaraf didalamnya.

Berikut ini Olahraga yang Tepat Bagi Penderita Syaraf Kejepit

  • Yoga

Penderita syaraf kejepit dilarang berolahraga berat maka yoga merupakan pilihan yang tepat dan aman bagi penderita syaraf kejepit. Orang yang mengalami keluhan nyeri pada punggung dan pinggang bisa menggunakan tehnik yoga yang ringan seperti duduk bersila sambil menegakan tulang belakang, berbaring yang mampu mencegah syaraf kejepit. Pasien biasanya menggunakan terapi yoga, dapat mengembalikan kondisi syaraf jika rutin dilakukan selama 1 hingga 2 bulan. Ada beberapa gerakan yoga yang dapat membantu seperti pose trikonasana yang bermanfaat untuk tulang punggung, fleksibilitas, dan susunan syaraf lalu pose ustrasana yaitu pose yang melatih kelenturan tulang punggung, pinggang, dan kekuatan paha yang lebih baik agar mampu menopang tubuh lebih kuat ketika berdiri lalu pose bharadvajasana mampu membantu menopang tubuh bagi yang memiliki postur tubuh membungkuk.

  • Tai Chi

Thai chi merupakan olahraga berasal dari Cina yang mempunyai tehnik gerakan sederhana untuk meningkatkan kelunturan karena gerakannnya yang lembut dan pelan. Olahraga Thai Chi juga dianggap sebagai bentuk gerakan meditasi yang sarat akan kekuatan namun olahraga ini sangat cocok dilakukan oleh semua orang termasuk manula. Gerakan olahraga Thai Chi yang lembut membuat otot dan sendi tak terbebani akibat teekanan berlebih. Olahraga ini juga sangat cocok dilakukan oleh orangtua yang telah divonis tidak mampu lagi olahraga dan orang yang menderita arthritis pun dapat melakukan olahraga ini.

  • Berenang

Berenang merupakan jenis olahraga paling baik untuk melatih dan memperbaiki tulang belakang, berenang juga mampu menstimulasi otot tanpa hatus menempatkan beban yang berlebih pada tulang punggung. Berenang merupakan olahraga nonweight bearing yaitu tidak membebani tulang belakang, saat berenang maka akan membantu otot-otot dipunggung bekerja konsentrasi sehingga mampu menjadi latihan yang baik untuk tulang. Ada baiknya olahraga yang tak disarankan dan harus dihindari yaitu olahraga yang membuat tulang punggung terbebani seperti olahraga mengangkat beban dan golf yang membuat tulang punggung mendadak berputar dan memperparah kondisi syaraf kejepit saat sedang mengayunkan stik golf.

Meskipun beberapa olahraga diatas memang mempunyai manfaat yang baik untuk mengatasi persendian dan tulang belakang, bagi anda yang akan melakukan terapi tersebut sebaiknya terlebih dulu konsultasi dengan terapis atau dokter karena masalah syaraf kejepit tidak bisa dianggap spele, apabila salah bisa berdampak pada kondisi tubuh yang lebih parah.

By Ana Rediana - Kesehatan Jum'at, 22 Desember 2017 14:40:44

Related Post :
Obat Kimia
Obat Antibiotik Spiramycin Untuk…

Spiramycin biasanya dipakai untuk…

Kesehatan
Efek Samping Operasi Caesar…

Selain efek samping jangka…

Tips
Cara Menghilangkan Tahi Lalat…

Cara menghilangkan tahi lalat…

Ibu Hamil
Ini Resiko Induksi Pada…

Ini resiko induksi pada…

Tips
Tips Mudah Mengobati Luka…

Jika Anda mengalami luka…

Obat Kimia
Obat Yang Digunakan Untuk…

Sampai saat ini pengobatan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Kesehatan
Fakta Dan Anggapan Umum Tentang Makanan Organik

Meski saat ini makanan organik…

Kesehatan
Penyebab Urine Berbau Menyengat yang Perlu Diketahui

Mengetahui penyebab urine berbau menyengat…

Kirim Pertanyaan
Top