Luar Biasa! Ini Khasiat Dan Manfaat Daun Nilam Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun nilam khususnya bagi kesehatan mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Padahal, didalam daun tersebut terkandung berbagai senyawa alami yang baik untuk mendukung kesehatan dan pengobatan beragam penyakit. Adapun informasi selengkapnya bisa anda simak informasi berikut ini.


Daun nilam adalah salah satu jenis daun yang berasal dari tanaman semak bernama nilam yang tumbuh di kawasan tropis, dengan ketinggian biasanya 0,5-1 meter. Tanaman yang memiliki nama latin fogostoinen patchouli ini sendiri sering kali di gunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak nilam atau yang akrab kita sapa dengan sebutan minyak atsiri.

Bahkan tak hanya di Indonesia, keunggulan daun nilam juga telah populer hingga ke manca negara. Bahkan minyak hasil daun ini juga di manfaatkan sebagai farfum atau bahan pembuatan dupa bagi kepercayaan dan agama tertentu khususnya di kawasan timur.

Namun di luar itu semua, bagian daun dari tanaman ini ternyata memiliki manfaat yang istimewa untuk pengobatan di dunia kesehatan. Caranya, anda bisa merebus daun nilam menggunakan air, dan air rebusannya tersebut di konsumi untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Selain dari pada itu, anda juga bisa membuat ramuan alami dari daun ini yang di campur dengan bahan alami lainnya untuk mendapatkan khasiat yang lebih ampuh untuk kesehatan tubuh anda.

Berbagai khasiat dan manfaat daun nilam yang luar biasa untuk kesehatan

Agar anda tidak salah memahami berbagai khasiat yang terdapat didalamnya, berikut akan kami informasikan secara detail apa saja yang menjadi manfaat dari daun ini. Dan berikut adalah uraiannya.

1. Mengobati sakit kepala

kegunaan daun nilam yang pertama adalah menjadi obat alternatif untuk mengatasi sakit kepala. berbagaui kandungan senyawa istimewa didalamnya diketahui mampu meredakan sakit kepala, termasuk penyakit migrain.

2. Mengobati penyakit disentri

Selain sakit kepala, penyakit lainnya yang bisa anda atasi dengan menggunakan daun nilam adalah penyakit disentri. Jika anda maupun salah satu dari anggota keluarga anda ada yang tengah mengalami disentri, tidak ada salahnya untuk mencoba ramuan herbal ini untuk mengatasi penyakit tersebut, dan mencegahnya menyerang tubuh kembali.

3. Mengatasi diare

Khasiat daun nilam lainnya yang tak kalah jauh efektif ialah dapat membantu mengobati diare. Di dalamnya sendiri diketahui terdapat kandungan antibakteri yang ampuh untuk mengusir bakteri penyebab diare yang berada disaluran pencernaan anda.

4. Meningkatkan kesehatan rambut

Salah satu diantara daun nilam untuk rambut, yakni membantu rambut menjadi berkilau dan menghilangkan ketombe. Caranya, cukup dengan menggunakan air rebusan daun nilam setelah keramas. Selain dengan menggunakan air rebusan daun nilam, anda juga bisa menggunakan minyak atsiri agar rambut anda mnjadi lebih lembut dan berkilau.

5. Menjaga kesehatan ginjal

Tak hanya dimanfaat sebagai alternatif pengobatan berbagai jenis penyakit, juga bisa menyehatkan berbagai organ tubuh, termasuk salah satu diantaranya adalah ginjal. Ginjal yang sehat mampu membauat tubuh anda menjadi sehat, sehingga tidak menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

6. Menurunkan demam

Daun nilam juga diketahui memiliki fungsi untuk menurunkan demam. Khasiatnya yang bisa menurunkan demam panas atau demam ini baik di berikan juga pada anak ataupun anda yang sering mengalami peningkatan suhu tubuh.

7. Bersifat sebagai antirematik

Manfaat lainnya dari daun nilam adalah bersifat sbagai anti-rematik. Sehingga dengan memanfaat daun ini bisa mencegaj penyakit rematik yang menyerang tulang anda. Selain itu, kelbihan daun nilam untuk tulang juga dapat menguatkan tulang dari serangan penyakit yang memadatkan strukturnya.

8. Mengobati bisul

Penyakit kulit seperti bisul juga bisa diatasi dengan memanfaatkan daun nilam. Dengan memanfaatkan daun ini secara tepat diketahui dapat mengempiskan bisul akibat radang maupun alergi sekalipun.

9. Melancarkan buang air kecil

Susah buang air kecil adalah suatu kondisi yang menandakan bahwasannya tubuh anda sedang tidak sehat. Adapun apabila anda kini tengah memiliki masalah kesehatan tersebut anda bisa mengatasinya secara alami dengan menggunakan daun nilam. Caranya cukup dengan meminum air rebusan air nilam yang didampingi dengan mengonsumsi air putih yang cukup.

10. Membantu menghilangkan bau badan

Bagi anda yang juga memiliki amsalah bau badan berlebih, anda bisa mengatasinya dengan daun ini. Daun ini sendiri diketahui mengandung senyawa yang pas untuk mencegah keringat berlebih pada badan sehingga tidak menimbulkan bau badan yang tidak sedap.

Selain dari pada itu, masih banyak khasiat dan manfaat daun nilam untuk kesehatan. Beberapa diantaranya seperti mencegah penuaan dini, mencegah terjadinya infeksi, mempercepat penyembuhan luka, mengobati borok pada kulit, menghilangkan jerawat, meningkatkan kekebalan tubuh hingga di percaya mamupu mencegah kanker. Salam sehat.

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 23 Desember 2017 16:06:28

Related Post :
Kesehatan
Cara Tingkatkan Metabolisme Tubuh…

Bagi Anda yang merasa…

Penyakit
Mengenal Penyakit Infeksi Virus…

Campak merupakan infeksi yang…

Kesehatan
Jangan Coba! Ini Bahaya…

Sabu termasuk salah satu…

Kewanitaan
Cara Sederhana Untuk Mencegah…

Selain mengetahui cara mengobati…

Kesehatan
Kerja Shift Malam Bisa…

Ada beberapa perusahaan yang…

Manfaat
Ini Manfaat Sehat Dari…

Beragam manfaat kacang arab…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Kirim Pertanyaan
Top