Apa Benar Yoghurt Bisa Bantu Kurangi Gejala Depresi?

Share dan Tag Temanmu di :

Gangguan kecemasan, seperti depresi memang kini masih jadi perbincangan publik. Terlebih lagi, depresi merupakan pemicu salah satu artis Korea Selatan, Jonghyun SHINee bunuh diri. Banyak yang bertanya-tanya alasan mengapa pria yang terkesan bisa alami depresi. Namun, siapapun itu, baik pria ataupun wanita memang bisa mengalami depresi. 

Depresi merupakan salah satu gangguan mental yang sering ditemukan dan gejala yang ditimbulkan menyebabkan terjadinya gangguan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Sebagian besar gangguan mental terjadi akibat adanya interaksi faktor biologis, psikis, dan sosial. 

Saat ini depresi ditangani dengan kombinasi psikoterapi dan obat-obatan. Kombinasi dua terapi ini memberikan respons yang lebih baik dan bertahan lebih lama. Selain itu, ternyata ada pula bebera jenis makanan yang dikenal sebagai mood-boosting atau mood-stabilizing yang dapat membantu memperbaiki kondisi mood penderita depresi, salah satunya seperti yoghurt. 

Apa benar yoghurt bisa bantu kurangi gejala depresi ?


Adanya perubahan bakteri baik dalam usus diduga dapat menimbulkan kelainan metabolisme seseorang. Perubahan mikrobiota ini juga disebutkan bisa menimbulkan gangguan pada otak, salah satunya adalah timbulnya gangguan mood. Namun, diketahui jika minuman fermentasi atau yoghurt bisa bantu kurangi gejala depresi

Sebuah penelitain menunjukkan gejala depresi timbul setelah jumlah Lactobacillus (salah satu bakteri baik di usus) berkurang. Dengan perbaikan jumlah bakteri tersebut, maka gejala depresi akan menghilang dan mood kembali normal. 

Sebuah penelitain menyebutkan bahwa bakteri yang terkandung didalam yoghurt dapat menangkal gejlaa-gejala depresi. Para peneliti yang menginduksi perilakuk seperti depresi pada tikus percobaan berhasil menurunkannya dengan memberi makan lactobacillus. 

Jumlah bakteri didalam usus diketahui dapat memengaruhi kynurenine yang terbukti dapat memicu depresi. Peneliti asam Amerika Serikat, Dr. Alban Gaultier merasa optimis hasil penelitian ini dapat diaplikasikan pada manusia dan bisa membuka jalan untuk menemukan strategi dalam mengatasi kecemasan

"Harapan besar dari penelitian semacam ini adalah kita tidak lagi harus terganggu dengan obat-obatan yang rumit serta efek samping ketika kita hanya perlu bermain dengan mikrobiome. Akan menjadi suatu yang ajaib bila kita hanya perlu mengubah apa yang dimakan untuk memperbaiki kesehatan dan mood," ujar Dr. Gaultier seperti dikutip The Sun.

Dr. Gaultier menjelaskan depresi sebagai masalah yang sangat besar dan penanganannya tidak begitu baik, karena memiliki efek samping yang besar. 

Peran mikrobiome usus, bakteri yang hidup di tubuh, telah menarik minat para peneliti dalam melakukan riset terhadap depresi dan kondisi kesehatan lainnya, baik mental dan fisik. Kemudian ia dan rekan-rekannya melakukan penelitian untuk menemukan hubungan nyata atara depresi dengan kesehatan usus. 

Ia menjelaskan, ketika stres, Anda akan meningkatkan risiko mengatasi depresi, dan hal ini sudah diketahui sejak lama. Satu tekanan dari Lactobacillus dapat memengaruhi mood. 

Para peneliti melanjutkan riset untuk menentukan bagaimana lactobacillus dapat memengaruhi depresi. Berdasarkan penemuan baru ini yang diterbitkan secara daring oleh jurnal Scientific Reports, Dr. Gaultier berencana untuk memulai penelitian akan efeknya pada manusia. 

Tetapi, Anda tidak boleh sembarangan meminum yoghurt. Pilihlah yoghurt yang masih mengandung lactobacillus aktif. Walaupun begitu, Anda harus tetap melakukan pengobatan psikoterapi dan terapi dengan obat-obatan juga mungkin tetap perlu diberikan. 

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 25 Desember 2017 15:50:53

Related Post :
Kesehatan
Anda Termasuk Penggemar Seblak…

Meskipun seblak memiliki rasa…

Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Mengonsumsi…

Meskipun sering dianggap sebagai…

Penyakit
Jenis Penyakit Glaukoma Dan…

Glaukoma adalah penyakit yang…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Adas…

Informasi lengkap seputar khasiat…

Penyakit
Faktor Yang Meningkatkan Risiko…

Faktor yang meningkatkan risiko…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Waspadai Ini Penyebab Buang Air Kecil Tidak Tuntas

Waspadai ini penyebab buang air…

Kesehatan
Apa Benar Micin Bisa Bikin Bodoh? Ketahui Fakta Berikut!

Banyak yang berpendapat bahwa micin…

Kesehatan
Kenali Penyebab Penyakit Gondok Dan Gejalanya

Meskipun penyebab penyakit gondok belum…

Kirim Pertanyaan
Top