Mata Kedutan Terus Menerus? Waspadai Gejala Penyakit Saraf!

Share dan Tag Temanmu di :

Mata kedutan mungkin pernah anda alami sekali atau dua kali. Dan kondisi tersebut biasanya dianggap normal. Bahkan orang yang mengalami kedutan sering kali disebut-sebut sedang di pergunjingkan oleh  orang lain. Padahal kondisi yang sering dianggap biasa ini pada dasarnya isa menjadi suatu pertanada atau gejala penyakit serius.


Dalam istilah medis, mata kedutan di sebut dengan blefarospasme, atau gerakan berulang pada kelopak mata yang terjadi secara spontan dan tiba-tiba. Gerakan umumnya, bisa berlangsung dalam itungan beberapa detik sekali dan berlangsung selama kurang lebih 1-2 menit. Selain pada mata, masalah kedutan juga bisa terjadi pada salah satu bagian tubuh lainnya seperti pada ibu jari tangan, sehingga menyebabakan ibu jari tangan sering bergerak sendiri.

Gerakan yang terjadi pada otot mata ini bisa terjadi pada salah satu maupun pada kedua mata. Meski masalah kedutan ini tidak terasa menyakitkan dan dapat hilang dengan sendirinya, namun tentunya kondisi ini juga terasa sangat mengganggu dan dapat datang dan pergi selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan.

Mengenal jenis mata kedutan berdasarkan tingkat bahayanya

Mungkin pada sebagian orang, mereka merasakan kedutan mata yang mereka alami  sebagai hal ringan. Akan tetapi sebagian lagi merasakan kedutan yang keras dan sangat mengganggu. Dan ternyata, berdasarkan tingkat keparahan dan gejala penyertanya, masalah kedutan ini pada umumnya terbagi kedalam beberapa jenis. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kedutan minor

Adalah kedutan yang tidak nyeri dan tidak berbahaya. Kedutan jenis ini pada umumnya muncul terkait dengan gaya hidup, seperti kelelahan, kurang istirahat, stres, suka mengonsumsi minuman keras atau mengandung kafein secara berlebihan dan juga kebiasaan merokok. Selain dari pada itu, kedutan minor juga bisa disebabakan oleh iritasi pada kornea maupun lapisan di dalam kelopak mata.

2. Blefarospasme essensial jinak

Kondisi ini sendiri diketahui dapat dipicu oleh beberapa hal. Seperti halnya mengonsumsi minuman kerasa secara berlebihan, terpapar cahaya terang, kelelahan, kurang tidur, iritasi akibat polusi udara hingga stres. Adapun masalah blefarospasme ini banyak dialami oleh muda, dewasa hingga tua. Kondisi ini sendiri lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan dengan pria.  Kondisi ini juga dipercaya sebagai perpaduan antara faktor keturunan dengan faktor lingkungan.

Selain dari pada itu, mata kedutan jenis ini juga bisa mendahukui atau menyertai beberapa masalah pada mata. Seperti halnya mata kering, sensitif terhadap cahaya, entropian (kelopak mata biasanya bagian bawah masuk ke bagian dalam mata), konjungtivitis, uveitis, trikiasis dan blefaritis. Jika jenis kedutan blefarospasme ini semakin memburuk, maka dapat menyebabakan  penglihatan yang kabur hingga kejang (kedutan pada wajah.

3. Hemificial spasm (kejang pada wajah)

jenis kedutan ini pada umumnya sangat jarang terjadi. Pada dasarnya kondisi ini disebabakan oleh tekanan arteri pada saraf ini melibatkan bagian lainnya pada wajah, biasanya bagian mulut. Namun berbeda dengan kedua jenis kedutan yang umumnya terjadi pada kedua mata, kejang wajah ini sering hanya berdampak pada salah satu bagian wajah.

Adapun pada kondisi yang sangat jarang, mata kedutan juga bisa menjadi salah satu gejala hangguan saraf dan juga otak yang mana juga disertai dengan gejala lainnya. Adapun berbagai jenis penyakit tersebut diantaranya adalah:

  • Bell's Palsy: Kondisi yang menyebabkan lumpuhnya salah satu bagian wajah.
  • Distonia: Kondisi yang menyebabkan terjadinya kejang otot yang tidak terduga, sehingga membuat anggota tubuh terada terpelintir.
  • Distonia servikal: Adala jenis destonia yang menyebabkan leher sewaktu-waktu menjadi kejang serta membuat kepa berputar ke arah posisi yang tidak nyaman.
  • Penyakit parkinson: Penyakit yang menyebabakan anggoota tubuh menjadi bergetar, otot kaku, sulit berbicara serta mengalami gangguan keseimbangan.
  • Sindrom tourette: Kondisi yang menyebabakan munculnya suara atau gerakan secara spontan (tic).
  • Multiple sklerosis: Kondisi ketika sistem kekbalan tubuh menyerang myelin yang berfungi untuk membungkus saraf.
  • Efek samping obat-obatan: Khususnya bagi mereka yang tengah mengonsumsi obat-obatan untuk menangani psikosis dan epilepsi.

Cara dan tips mengatasi mata kedutan

Pada dasarnya, masalah mata kedutan bisa hilang dengan sendirinya. Akan tetapi jika masalah tersebut  tidak lekas hilang dan cenderung muncul kembali, biasanya mata kedutan dapat diatasi dengan merubah gaya hidup dan melakukan beberapa hal sederhana seperti, istirahat yang cukup, membatasi mengonsumsi kafein, rokok dan minuam keras dan kompres hangat apabila kedutan mulai terasa.

Akan tetapi, jika masalah mata kedutan bertahan hingga berminggu-minggu, kelopak mata sepenuhnya tertutup dan anda sulit membuka mata, mata menjadi merah, keluar cairan, bengkak maupun kelopak mata jatuh menutup mata hingga kedutan meluas kebagian wajah yang lainnya, sebaiknya anda segera periksakan ke dokter, terlebih jika gejala kedutan merujuk pada gejala gangguan saraf maupun otak. Dengan begitu, anda akan segera mendapatkan penangan yang tepat sesuai dengan jenis dan tingkat keparahan masalah kedutan yang anda alami.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar masalah mata kedutan secara terus menerus dan gejala penyakit saraf yang diduga sebagai penyebabnya. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan kesehatan baru bagi anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Selasa, 26 Desember 2017 15:55:05

Related Post :
Kesehatan
Kebaikan yang Akan Didapatkan…

Tertawa bisa membuat siapapun…

Tips
Begini Cara Melindungi Anak…

Begini cara melindungi anak…

Kesehatan
Dampak Mengonsumsi Vitamin C…

Meskipun vitamin C memilki…

Penyakit
Diagnosis Penyakit Hipoparatiroid Dan…

Diagnosis penyakit hipoparatiroid pada…

Penyakit
Gejala Penyebab Dan Pengobatan…

Glomerulonefritis merupakan penyakit ginjal…

Alami
Cara Mengolah Bumbu Dapur…

Berikut ini cara mengolah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Ini Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Yang Asin

Bahaya terlalu banyak konsumsi makanan…

Kesehatan
Waspadai! Ini Gejala Emfisema Dan Komplikasinya

Mengenal gejala emfisema sejak dini…

Kesehatan
Waspada! Ini Bahaya Anemia Yang Sering Kali Di Sepelekan Wanita

Berikut adalah berbagai bahaya anemia…

Kirim Pertanyaan
Top