Sering Nyeri Saat Buang Air Kecil? Waspadai Gejala Anyang-Anyangan

Share dan Tag Temanmu di :

Gejala anyang-anyangan salah satunya sering kali dikaitkan dengan nyeri yang dialami saat buang air kecil. Namun terlepas dari itu, apakah anda sudah mengetahui, apakah itu anyang-anyangan? berbahayakah? dan apa saja gejalanya? kiranya informasi selengkapnya bisa anda simak dalam ulasan singkat berikut.


Anyang-anyangan adalah masalah kesehatan yang berkaitan dengan saluran kencing. Pada awalnya, penderitanya merasa sering ingin buang air kecil, akan tetapi urin yang di keluarkan hanya sedikit. Kondisi ini juga tak jarang menyisakan sensasi terbakar di saluran kemih dan membuat beberapa orang merasa mulas dan juga pusing.

Kondisi Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang memiliki sebutan medis Polakisuria ini pada umumnya lebih dominan dialami oleh wanita dibanding pria. Bahkan resiko seorang wanita yang terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya mencapai 50%. Bahkan kebanyakan dari wanita juga bersiko mengidap kondisi ini berulang kali hingga bertahun-tahun.

Pada dasarnya, penyebab anyang-anyangan sendiri diakibatkan oleh uretra atau saluran kencing yang meneruskan urine dari kandung kemih ke bagian luar tubuh terletak dekat dengan anus. Dan bebiasaan seperti sering membilas kemaluan dari belakang ke depan setalah buang air besar mengakibatkan bakteri dari usus besar, seperti E. Coli, dapat keluar dari anus dan masuk ke dalam saluran kencing.

Dan tak jarang kemudian bakteri ini kemudian menginfeksi kandung kemih, yang mana jika tidak segera diobati dapat beresiko menginfeksi ginjal.

Berbagai gejala anyang-anyangan yang perlu di waspadai

Selain menimbulkan rasa nyeri saat buang air kecil, terkadang anyang-anyangan pun tidak meinbulkan gejala yang spesifik. Akan tetapi, beberapa kondisi berikut umumnya menjadi tanda dan ciri-ciri seseorang mengalami anyang-anyangan. Diantranya sebagai berikut:

  • Hasrat berlebih untuk buang air kecil
  • Sering buang air kecil dengan volume urine yang keluar sedikit-sedikit.
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  • Merasa perih saat buang air kecil.
  • Urine berbau menyangat, lebih pekat dan terkadang mengandung darah.
  • Merasa lelah dan kurang sehat
  • Mengalami demam

Selain dari pada itu, jika dilihat bagian sistem kemih mana yang terinfeksi, gejala dari anyang-anyangan pada pria maupun wanita adalah sebagai berikut.

- Pada ginjal (pielenofritis akut): gejala yang timbul bisa berupa nyeri pada pinggang bagian atas, demam tinggi, mual dan juga muntah.

- Pada kandung kemih (sistitis): gejala yang muncul bisa berupa ketidaknyamanan pada perut bagian bawah, panggul terasa ditekan,buang air kecil berulang kali dan terasa nyeri serta adanya darah pada urine.

- Pada saluran kencing (urethritis): Gejala yang muncul berupa kemaluan yang terasa perih saat buang air kecil, yang diakibatnya menyebarnya bakteri sistem gastrointesnial dari anus ke saluran kemih.

Jika anda pada saat ini sering kali mengalami nyeri saat buang air kecil atau mengalami satu maupun beberapa kondisi yang telah di sebutkan sebelumnya, anda bisa mengonsumsi banyak air putih dan menempatkan kantong atau botol berisi air hangat pada bagian perut bawah untk mengurangi rasa nyeri pada kandung kemih. Adapun jika rasa nyeri tersebut cukup mengganggu dan tak kunjung hilang, anda bisa segera memeriksakan kondisi anda ke dokter.

Dokter sendiri pada mulanya akan memeriksa sampel urine untuk mendeteksi kemungkinana keberadaan bakteri penyebab anyang-anyangan. Dan umumnya kondisi tersebut akan diatasi dengan pemberian antibiotik yang harus dikonsumsi sampai habis, yang disesuaikan dengan jenis bakteri yang terkandung didalam urine. Selain dari pada itu, doter juga akan meresepkan analgesik untuk mengurangi rasa perih atau nyeri saat buang air kecil.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar gejala anyang-anyangan yang perlu diwaspadai sejak dini oleh anda lengkap dengan cara mengatasinya. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Penyakit Jum'at, 29 Desember 2017 10:29:09

Related Post :
Penyakit
Diagnosis Dan Pengobatan Radang…

Ketahui diagnosis dan pengobatan…

Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Mengonsumsi…

Meskipun sering dianggap sebagai…

Kewanitaan
Tanda Dan Gejala Menopause…

Tanda dan gejala menopause…

Kesehatan
Bahaya Kadar Trigliserida Tinggi…

Mengingat begitu besarnya bahaya…

Penyakit
Mengetahui Ciri-ciri Gejala Seseorang…

Mengetahui ciri-ciri gejala seseorang…

Penyakit
Mengenal Penyebab Dan Gejala…

Berikut adalah informasi terlengkap…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Bahaya Dan Komplikasi Eksim Yang Kemungkinan Dapat Terjadi

Berikut adalah bahaya dan komplikasi…

Penyakit
Komplikasi Batu Empedu Dan Cara Pencegahannya

Batu empedu merupakan kondisi terbentuknya…

Penyakit
Pertolongan Pertama Pada Asma Saat Kambuh Mendadak

Ada baiknya anda mengetahui pertolongan…

Kirim Pertanyaan
Top