Lakukan Persiapan Penting Ini Sebelum Anak Di Khitan

Share dan Tag Temanmu di :

Khitan atau sunat yaitu prosedur pemotongan kulup atau kulit luar yang menutupi kepala penis. Metode yang tersedia mulai dari convensional menggunakan pisau atau gunting khusus bedah atau yang lebih modern yaitu dengan bantuan laser.


Melakukan khitan atau sunat ada baiknya mulai dari umur 0 - 6 bulan selain tidak susah payah membujuk anak, proses penyembuhan lukapun relatif cepat, beda dengan anak berumur 5 tahun keatas yang cenderung aktif sangat sulit dibujuk sehingga butuh tenaga ekstra untuk dapat menerapkannya.

Berikut ini yang harus dipersiapkan untuk kelancaran proses diwaktu yang telah ditentukan, seperti :

1. Periksa dulu ke dokter dan tanyakan apakah indikasi atau hal-hal yang mempersulit untuk melakukan sunat seperti yang mempersulit sunat biasanya penyakit metabolisme  misalnya gangguan pembekuan darah, kencing manis, atau penyakit hemofilia, gangguan prilaku atau emosi, atau bentuk alat kelamin yang tak sempurna dan ada kelainan seperti alat kelamin mempunyai lubang diatas ata dibawah, alat kelamin ganda, alat kelamin lubang kencingnya kecil. Maka konsultasikan ke dokter mengenai penjelasan sunat secara rinci dan patuhilah anjuran dokter tersebut.

2. Sebelum melakukan sunat upayakan datang lebih awal ke tempat dimana akan dilakukan sunat, buatlah perasaan senyaman mungkin dan berkenalanlah dengan dokter atau petugas jaga disana dengan mengorientasikan anak agar anak lebih terbiasa dalam klinik.

3. Persiapkan mental. Ketika melakukan sunat tak jarang orang yang berani melakukan sunat sebelumnya tentu akan merasa takut dan merasa sendirian. Untuk mengurangi perasaan tersebut, carilah informasi referensi sunat pada teman, orangtua, atau saudara yang pernah melakukan sunat.

4. Sebelum operasi dilakukan, anda harus buang air kecil dan besar dulu, perut harus kenyang dan tak haus supaya nyaman dalam pelaksanaan sunat. Cucilah dengan bersih alat kelamin yang terkena air kencing. Jika kulit ujung penis dapat dibuka dan terlihat kepala penis maka lakukanlah pembersihan kotoran yang menempel memakai kapas lalu bisa dengan air hangat.

5. Selama tindakan sunat usahakan anak tidak berteriak atau menggerakan tangan kearah alat kelamin dan jangan sampai tangan anak terkena alat-alat operasi agar terjaga dari kesterilan.

6. Jika merasa kesakitan yang tak dapat ditahan pada alat kelamin yang sedang disunat maka segeralah beri tahu dokternya dan sebisa mungkin alihkanlah dari pikiran senang.

7. Jangan lupa berdoa supaya tindakan berhasil tanpa ada halangan bagi dokter yang melakukan tindakan. Jika terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan seperti kulit terpotong terlalu pendek, banyak darah, kesakitan maka bekerja sama dengan dokter yang melakukan tindakan, percayakan bahwa dokter akan bertanggung jawab untuk menyelesaikan supaya tindakan ini ke arah yang lebih baik.

By Ana Rediana - Ibu Dan Anak Jum'at, 29 Desember 2017 15:06:03

Related Post :
Manfaat
Manfaat Konsumsi Jengkol Bagi…

Tidak sedikit orang yang…

Penyakit
Jenis-Jenis Penyakit Pada Telinga…

Berikut adalah berbagai macam…

Tips
Tips Cara Alami Mengencangkan…

Ada tiga pada bagian…

Manfaat
Inilah Khasiat Temu Mangga…

Berikut adalah khasiat dan…

Penyakit
Waspadai Ciri-ciri Kanker Rahim…

Waspadai kanker rahim sejak…

Penyakit
Jenis-Jenis Tes Untuk Mendiagnosa…

Untuk menguatkan diagnosis terhadap…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Waspadai! Ini Penyebab Dan Ciri-ciri Malnutrisi Pada Anak

Informasi tentang ciri dan tanda…

Ibu Dan Anak
Penyakit Asma Tingkatkan Risiko Obesitas pada Anak

Menurut sebuah penelitian, penyakit asma…

Ibu Dan Anak
Alasan Mengapa Bayi Prematur Memerlukan Inkubator

Bayi prematur merupakan bayi yang…

Kirim Pertanyaan
Top