Kandungan Dan manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan

Bagi masyarakat Indonesia, daun serai merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi. Serai sering dijadikan bahan atau bumbu masakan untuk beberapa hidangan seperti pada pepes ikan atau daging ayam. Di masyarakat Sunda terkenal sebuah hidangan nasi yang disebut nasi liwet.  Bagi mereka nasi liwet tidak lengkap jika bumbunya tidak memakai daun serai yang berguna untuk menambah selera makan karena mempunyai aroma khas dan wangi, juga rasa yang membuat liwet semakin sedap.


Daun serai mempunyai nama ilmiah Cymbopogon citrates. Habitat aslinya berasal dari India bagian Selatan dan Srilanka. Daun serai ini menjadi salah satu bahan masakan yang familiar di beberapa Negara di Asia Tenggara seperti  Malaysia, Vietnam, Kamboja, Thailand, dan Indonesia serta di beberapa negara di benua Amerika dan Afrika untuk kebutuhan masakan dan obat.

Saking banyaknya manfaat daun serai, tidak heran jika daun ini hampir selalu ada di setiap olahan obat-obatan herbal yang bermanfaat untuk mengobati beragam penyakit. Berikut manfaat daun serai yang telah kami rangkum.

-Mengobati kanker. Berdasarkan penelitian, serai mengandung citral, yakni salah satu zat anti-kanker yang dapat membantu membunuh sel kanker. Minumlah air hasil dari rebusan daun serai secara rutin untuk membuktikan khasiatnya.

-Mengobati diabetes. Daun serai yang dijadikan teh yag diseduh, airnya dapat membantu untuk membersihkan organ tubuh pankreas dan memaksimalkan fungsinya sebagai penghasil insulin, zat pengontrol gula darah sehingga dapat menurunkan tingkat gula darah pada penderita diabetes.

-Mengobati anemia. Dalam daun serai terkandung zat besi atau zinc yang berfungsi untuk menjaga kesintetisan hemoglobin yang merupakan zat protein dalam eritrosit (sel darah merah) berguna untuk membawa oksigen (O2) ke seluruh tubuh. Dengan demikian, serai mampu mencegah penyakit anemia yang diakibatkan kekurangan zat besi.

-Menghilangkan bakteri dan infeksi jamur. Zat anti septik dalam air hasil rebusan dari daun serai mampu mendetoksifikasi dan mencuci darah, menghilangkan mikroorganisme jahat, bakteri, jamur, serta ragi.

-Minyak masuk angin. Minyak atsiri yang terkandung dalam daun serai bisa dimanfaatkan untuk pembalseman pada saluran pernafasan sehingga akan terasa hangat. Juga bisa dijadikan untuk mengatasi masuk angin.

-Menurunkan berat badan. Dengan cara detoksifikasi, zat yang terkandung dalam daun serai mampu meluruhkan lemak dalam tubuh sehingga memberikan efek diuretik yakni membantu melancarkan buang air besar dalam volume tinggi sehingga cepat menurunkan berat badan.

-Menurunkan kolesterol. Zat anti-kolesterol dan anti-aterosklerosis yang terkandung dalam daun serai bermanfat untuk menurunkan kolesterol penyebab kanker dalam tubuh.

By Rizka Ardiana - Manfaat Senin, 08 Agustus 2016 14:45:11

Kandungan Dan manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bagi masyarakat Indonesia, daun serai merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi. Serai sering dijadikan bahan atau bumbu masakan untuk beberapa hidangan seperti pada pepes ikan atau daging ayam. Di masyarakat Sunda terkenal sebuah hidangan nasi yang disebut nasi liwet. Bagi mereka nasi liwet tidak lengkap jika bumbunya tidak memakai daun serai yang berguna untuk menambah selera makan karena mempunyai aroma khas dan wangi, juga rasa yang membuat liwet semakin sedap.
Manfaat - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Manfaat
Kandungan Gizi dan Manfaat Kesehatan Daging Bebek

Meskipun tidak sepopuler daging ayam,…

Manfaat
Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Belimbing adalah buah-buahan yang berasal…

Tambah Pertanyaan
Top