Daftar Nama Obat Anyang-Anyangan Di Apotik Untuk Pria Dan Wanita

Share dan Tag Temanmu di :

Obat anyang-anyangan di apotik yang ampuh untuk wanita, pria, anak, balita hingga ibu hamil dan menyusui, baik resep dokter maupun tidak bisa anda dapatkan dengan mudah mudah di apotik terdekat. Bagi anda yang tengah mencari referensi berbagai nama atau merk obat anyang-anyangan di apotik, anda bisa menyimak informasi berikut ini.


anyang-anyangan adalah istilah yang dibuat oleh masyarakat Indonesia, khususnya suku jawa untuk menggambarkan keluhan buang air kecil yang tak tertahankan, sering ingin buang air kecil, dan pada saat dikeluarkan hanya sedikit, dan itupun disertai dengan rasa sakit bahkan panas seperti terbakar saat berkemih.

Adapun dalam dunia medis sendiri, keluhan ini disebut dengan polakisuria ataupun jika keluhan yang dominan adalah nyeri saat berkemih maka disebut dengan disuria. Pada dasarnya, penyebab anyang-anyangan sendiri disebabkan oleh adanya peradangan pada saluran kemih, terlebih pada kandung kemih. Dan hal utama yang menyebabkannya adalah Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang diakibatkan oleh bakteri terutama bakteri E.Coli.

Beberapa kondisi kebiasaan buruk dan gangguan kesehatan juga bisa menjadi pemicu kondisi anyang-anyangan seperti kebiasaan cebok yang salah, pembesaran prostat, batu ginjal dan lainnya. Selain dari pada itu, pengantin baru juga sangat bersiko terkena anyang-anyangan. Hal tersebut lantaran aktivitas seksual yang meningkat, sehingga resiko masuknya bakteri ke saluran kemih menjadi lebih besar.

Daftar nama dan merk obat anyang-anyangan di apotik yang ampuh

Kondisi anyang-anyangan sebaiknya segera diatasi. Karena selain mengganggu kenyamanan, kondisi ini juga berpotensi menyebabkan kondisi yang lebih serius jika tidak lekas diobati. Bahkan infeksi bisa dengan cepat menyebar ke saluran kemih yang lebih atas, bahkan bisa sampai ginjal.

1. Paracetamol

Mungkin anda mengenal obat yang satu ini hanya sebatas sebagai obat demam. Namun tahukah anda? ternyata obat yang memiliki nama lain acetaminophen ini bisa digunakan sebagai obat pereda rasa sakit atau nyeri, sehingga bisa dimanfaatkan dalam mengatasi kasus anyang-anyangan ini.

Obat ini sendiri tergolong aman untuk di konsumsi oleh anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui hingga lansia. Namun sebaiknya obat ini tidak dikonsumsi bagi mereka yang memiliki gangguan fungsi hati, sehingga dalam kasus tersebut ada baiknya mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.

Adapun jika anda hendak membelinya di apotik, maka akan tersedia dalam beberapa varian bentuk, seperti tablet dan sirup. Selain itu, juga akan tersedia dalam berbagai merek. Namun pilihlah dengan sesuai kebutuhan anda. Contohnya untuk anak-anak, anda bisa  gunakan syrup, sedangkan untuk dewasa gunakanlah tablet. Adapun untuk merek, anda bisa memilih sesuai dengan kepercayaan anda.

2. Ibuprofen

Sama seperti halnya dengan paracetamol, obat yang satu ini juga berperan sebagai alternatif anti-nyeri, sehingga pilihlah salah satu diantaranya. Namun dalam beberapa kasus, ibuprofen sendiri dipercayai memiliki sifat analgetik yang lebih tinggi dibandingkan dengan paracatemal. Akan tetapi, obat ini tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Sebelum mengonsumsinya, bacalah petunjuk aturan pakai yang disertakan dalam kemasan. Sebaiknya ajangan mengonsumsi obat ini apabila anda termasuk ke dalam kriteria kontraindikasi. Dan minumlah dengan sesuai dosis yang direkomendasikan. Gunakan obat ini hanya pada saat anda mengalami gejala anyang-anyangan.

3. Phemazopyridine

Adalah salah satu jenis obat apotik lainnya untuk mengatasi anyang-ayangan yang bisa anda beli tanpa resep dokter. Obat ini sendiri digunakan untuk meredakan berbagai gejala yang disebabakan oleh iritasi pada saluran kemih. Seperti halnya rasa nyeri, terbakar serta dorongan ingin buang air kecil yang mendesak atau terus menerus. Meski obat ini tidak bisa mengobati penyebab iritasi kencing, namun obat ini juga bisa meringankan gejala sebagai pelengkap perawatan lainnya.

Adapun jika anda pergi ke apotik, anda akan menemukan obat phenazopyridineini dalam berbagai merek seperti Azo standar, pyridium, baridium dan lainnya.

4. Antibiotik

Sebagaimana yang telah di  sampaikan sebelumnya, bahwasannya antibiotik adalam obat anyang anyangan yang utama. Jenis obat ini banyak tersedia di Apotik, namun anda harus menebusnya dengan resep dokter.

Antibiotik aini dioresepkan dan untuk berapa lama tergantung pada kondisi kesehatan secara umum dan jenis bakter yang menyebabkan anyang-anyangan tersebut. Adapun jenis antibiotik yang umumnya direkomendasikan untuk ISK meliputi Trimetroprim/sulfametoksazol (Cotrimoxazole), Ciprofloxacin (Cipro), Levofloxacin, cephalexin, Ceftriaxone, Azitromisinin dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada umumnya gejala anyang anyangan akan hilang dala waktu beberapa hari setelah pengobatan di lakukan. Namun meski begituh anda jangan sampai menghentikannya, anda perlu untuk melanjutkan antibiotik sesuai dengan yang diresepkan, Nmun pada kasus ISK tanpa komplikasi, dokter biasanya merekomenfdasikan pengobatan yang singkat, seperti meresepkan antibiotik hanya selama satu sampai tiga hari.

Nah itulah daftar nama dan merek obat anyang-anyangan di apotik untuk pria dan wanita, yang melalui resep atau tanpa resep dokter. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan menjadi referensi yang tepat untuk kesehatan anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Obat Kimia Selasa, 02 Januari 2018 11:37:52

Related Post :
Penyakit
Penyebab dan Faktor Risiko…

Penyebab Dan faktor resiko…

Manfaat
Mengulik Manfaat Baik Lengkuas…

Selain digunakan sebagai bumbu…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Kesehatan
Tak Disangka! Lady Gaga…

Lady Gaga diketahui telah…

Ibu Dan Anak
Tips Mengatasi Anak yang…

Pertumbuhan gigi pada anak…

Kulit
Cara Ampuh Mencegah Dan…

Kutu air merupakan infeksi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Aminofilin Obat Untuk Penyakit Pernapasan

Aminofilin Obat Untuk Penyakit Pernapasaneperti…

Obat Kimia
Obat Untuk Mengatasi Penyakit Meniere Betahistine

Obat betahistine untuk mengatasi penyakit…

Obat Kimia
Obat Cimetidine untuk Mengatasi Asam Lambung Berlebih

Cimetidine merupakan salah satu jenis…

Kirim Pertanyaan
Top