Cara Mengatasi Anyang-Anyangan Dengan Cepat Secara Alami

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mengatasi anyang-anyangan tak harus selalu dengan obat maupun cara medis lainnya. Lantaran, kondisi yang bisa di alami oleh pria maupun wanita ini nyatanya juga bisa di atasi secara alami dengan cepat. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya menyimak ulasan singkat berikut ini.


Apakah anada pernah mengalami anyang-anyangan? Atau pernah mengalaminya namun tidak tahu jika kondisi tersebut adalah anyang-anyangan? Ya, anyang-anyangan sendiri merupakan salah satu gangguan kesehatan, yang mana ditandai dengan penderitanya yang selalu ingin buang air kecil, namun volume urin yang di keluarkan cukup sedikit. Bahkan tak hanya itu, gejala anyang-anyangan juga akan membuat orang yang mengalaminya merasakan nyeri dan sensasi terbakar saat berkemih.

Adapun anyang-anyangan sendiri merupakan suatu penyakit yang sering di kait-kaitkan dengan infeksi saluran kencing atau kemih. wanita dan ibu hamil di sebut-sebut sebagai orang yang paling beresiko mengalami kondisi ini. Terutama mereka yang memiliki kebiasaan membilas kemaluan dari belakang ke depan.

Hal tersebut lantaran akan memunculkan potensi bakteri maupun kuman yang berasal dari usus besar atau anus, yang masuk ke vagina atau saluran kencing wanita. Meski begitu, pria, anak-anak, balita hingga pengantin baru juga tidak menutup kemungkinan dapat mengalami kondini ini.

Tips dan cara mengatasi anyang-anyangan dengan cepat secara alami

Meski anyang-anyangan bukanlah kondisi yang mematikan, kondisi ini sendiri jika dibiarkan dapat semakin memburuk bahkan infeksi yang terjadi bisa menyebar hingga ke saluran kemih bagian atas seperti ginjal. Untuk itu, penangan yang tepat perlu di lakukan.

Selain dengan menggunakan obat anyang-anyangan di apotik, anda juga bisa memanfaatkan beberapa bahan alami berikut jika anda kini sering mengalami anyang anyangan terlebih pada malam hari maupun setelah berhubungan intin (bagi yang telah menikah). Adapun cara menghilangkan anyang-anyangan dengan cepat menggunakan bahan tradisional adalah sebagai berikut.

1. Jeruk nipis

Cara mengatasi anyang-anyangan dengan jeruk nipis bisa anda coba sekarang juga dirumah hal tersebut lantaran didalamnya terkandung senyawa antiinflamasi yang kuat, yang dapat menghilangkan rasa nyeri akibat anyang-anyangan dengan cepat.

Adapun untuk caranya, anda bisa mengambil satu atau dua buah jeruk nipis segar dan belah menjadi dua bagian. Selain itu, siapkan pula setengah sendok teh gula pasir dan setengah cangkir air putih hangat. Kemudian campurkan semua bahan yang telah disiapkan, dan aduk merat sehingga semua bahan tersebut tercampur secara sempurna. Minumlah ramuan tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari, pagi maupun sore hari agar anyang-anyangn anda segera berkurang.

2. Madu

Madu adalah produk makanan alami yang juga bisa kita manfaatkan sebagai cara menghilangkan anyang anyangan secara cepat. Adapun hal tersebut lantaran didalamnya terkandung sifat antibiotik dan juga antiinflamasi. sehingga, madu di percaya mampu menyembuhkan beragam jenis peradangan lebih cepat dari pada bberapa antibiotik dan bahkan mampu membunuh kuman resisten antibiotil seperti MRSA.

Adapun cara mengunakan madu untuk mengatasi anyang-anyangan cukup mudah. Anda hanya perlu meminumnya secara langsung dua sendok makan, atau mengencerkannya menggunakan segelas air. Setelah mengonsumsi madu, disarankan juga untuk memperbanyak mengonsumsi air putih.

3. Baking soda

Baking soda merupakan bahan alami berupa zat-alkali kebalikan dari asam-yang berarti dapat membantu menteralisir atau mengurangi keasaman pada urin. Sebab, pada kasus anyang-anyangan sendiri, urin cenderung menjadi lebih asam. Dan manfaat baking soda, kemungkinan dapat membantu meringankan ketidaknyamanan yang anda alami.

Adapun untuk memanfaatakannya, anda bisa menyiapkan 1 sendok teh baking soda dan 8 ons air tawar. Setelah itu, campurkan keduanya dan aduk hingga larut dan kemudian minum seluruhnya. Adapun yang lebih dianjurkan meminumnya di pagi hari. Dan sevagai catatan, jangan lakukan ini selama lebih dari pada seminggu.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel sendiri merupakan cairan yang kaya enzim, kalium dan minerallainnya yang berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabakan ISK. Adapun bagi anda yang menderita anyang-anyangan, dapat menggunakan manfaat cuka apel sebagai antibiotik alami uuntuk mengobati infeksi yang terjadi.

Untuk cara pemanfaatannya, anda bisa menambahkan 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air. Anda juga bisa menambahkan jus lemon dan madu hingga semuanya tercampur secara merata. Minumlah ramuan ini secara teratur selama beberapa hari hingga kondisi anda semakin membaik.

5. Daun kumis kucing

Mungkin anda pernah endengar atau bahkan sering kali menjumpai secara langsung tanaman yang satu ini. Manfaat daun kumis kucing memang telah sejak lama di gunakan sebagai obat, salah satunya sebagai obat untuk anyang-anyangan.

Adapun untuk cara memanfaatkannya, anda bisa menyediakan beberapa helai daun kumis kucing, gelas dan gula jawa secukupnya. Kemudian, rebus daun kumis kucing kering dengan air 250 ml hingga mendidih. Setelah itu, seduhlah ke dalam gelas dan tambahkan gula jawa secukupnya. Aduk sampai semua bahan tercampur secara sempurna. Anda bisa meminum ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari. Dengan rutin mengonsumsi ramuan tersebut, maka bisa mengonsumsi anyang-anyangan.

6. Probiotik

Salah satu pengobatan rumah yang paling menjanjikan adalah untuk ISK, terutama dalam kasus yang berulang adalah dengan memanfaatkan probiotik. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Urology menjelaskan bahwasannya flora bakteri jinak sangat penting dalam mencegah pertumbuhan berlebih dari mikroorganisme yang menyebabkan penyakit.

Penggunaan antibiotik  menghancurkan flora bakteri yang menguntungkan, dan bakteri patogen secara selektif diaktifkan untuk tumbuh terlalu cepat pada permukaan internal dan eksternal. Adapun probiotik sendiri mampu mendukung flora normal didalam tuhuh manusia yang berfungsi sebagai garis pertahanan.

Mengonsumsi makanan fermentasi juga diyakini dapat membantu mengembalikan flora alami tubuh dan rekolonisasi kandung kemih dengan bakteri baik. Beberapa makanan sehat ferementasi tersebut didalamnya termasuk kefir, yogurt probiotik, keju mentah, sauerkraut dan kombucha.

7. Tea tree oil

Minyak pohon teh (tea tree oil) diketahui memiliki sifat antibakteri untuk membantu memerangi bakteri yang menyebabakan infeksi kandung kemih seperti pada ksus anyang-anyangan.

Adapun untuk cara memanfaatkannya sendiri adalah dengan mencampurkan 10 tetes te atree oil ke dlam air mandi anda, dan gunakan air ini untuk mencuci pembukaan uretra (muara saluran kemih). Selain itu, anda juga bisa berendam di air hangat yang telah ditambahi enam tetes tea tree oil. Lakukan hal tersebut selama 10 menit, setiap hari selama sekitar 10 hari.

8. Nanas

Cara mudah mengatasi anyang anyangan alainnya adalah menggunakan nanas. Buah yang satu ini sendiri diketahui mengandung enzim yang disebut bromelain, yang merupakan sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi gejala ISK. Apabila dokter telah meresepkan obat anyang-anyangan bagi anda, maka tidak ada salahnya jika anda mendampinginya dengan mengonsumsi nanas.

Mengonsumsi buah nanas secara teratur diyakini dapat membantu mencegah infeksi pada saluran kemih. Selain memakannya secara langsung, anda juga mengolahnya menjadi jus nanas dan meminumnya. Dan pilihan terbaik adalah buah nanas segar, karena versi kaleng mungkin mengandung bahan pengawet yang bahkan dapat berbahaya bagi kesehatan anda.

9. Blueberry

Selain nanas, buah yan satu ini juga ternyata bisa kita manfaatkan sebagai cara mengobati anyang-anyangan pada anak-anak maupun ibu hamil yang aman. Blueberry sendiri diketahui memiliki sifat menghambat pertumbuhan bakteri sehingga dapat digunakan dalam mengobati anyang-anyangan. Antioksidan yang terdapat didalam blueberry juga dikenal baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Adapun untuk memanfaatkannya, anda bisa tambahkan beberapa buah blueberry sehara untuk sereal favorit anda pada saat sedang sarapan. Atau anda juga bisa membuat jus blueberry segar dan mengonsumsinya setiap hari. Dengan begitu, makan anda tidak akan terkena anyang-anyangan lagi.

10. Menggunakan kompres air hangat

Menggunakan kompres air hangat dalam botol air juga dapat membantu meminimalkan tekanan kandung kemih dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh infeksi. Selain itu, kompres panas juga akan mengurangi peradangan dan membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi.

Caranya cukup sederhana, anda cukup taruh beberapa air hangat dalam botol air yang fleksibel. Tempatkan botol air panas pada perut bagian abawah selama beberapa menit. Aatau anda juga dapat menempatkan bantal pemanas pada daerah perut bagian bawah untuk meringankan rasa sakit akibat anyang-anyangan.

Selain dari pada itu, masih banyak cara mengatasi anyang-anyangan lainnya dengan cepat secara alami, diantaranya dengan menggunakan balsem, mengonsumsi banyak air putih, oleskan minyak kayu putih, melakukan pijat refleksi, ikat jempol kaki, mengonsumsi jus cranberry, jahe, buah sirsak dan masih banyak lagi lainnya. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

By Nida Saripah - Alami Rabu, 03 Januari 2018 10:53:47

Related Post :
Tips
Tips Sehat untuk Mencegah…

Sinusitis merupakan inflamasi atau…

Kesehatan
Awas! Meskipun Alami Jangan…

Bahan alami memang memiliki…

Obat Kimia
Cara Kerja Obat Maag…

cara kerja obat maag…

Kesehatan
Prosedur Operasi untuk Pengobatan…

Pembedahan merupakan salah satu…

Kesehatan
3 Makanan Ini Bantu…

Mengonsumsi daging kambing diduga…

Penyakit
Faktor Penyebab Dan Cara…

Faktor penyebab dan cara…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
Alami
Alami
Obat Radang Ginjal Alami Dari Tumbuhan

Selain pengobatan medis, penderita radang…

Kirim Pertanyaan
Top