Menyenangkan ! Origami Bisa Bantu Asah Kemampuan Otak

Share dan Tag Temanmu di :

Otak merupakan salah satu organ terpenting pada tubuh, karena merupakan pengatur dan koordinator segala aktivitas dalam tubuh. Organ ini memiliki kemampuan untuk berubah dan beradaptasi dengan kebutuhan, atau yang leih dikenal dengan salah satu sifat otak, plastisitas. 

Namun, karena banyak hal yang tidak diketahui mengenai otak, sering kali peran otak sebagai sebagai sebuah organ dalam tubuh terabaikan. Untuk membantu meningkatkan kemampuan otak, ternyata ada cara mudah dan menyenangkan yang bisa dilakukan, yaitu dengan membuat origami. 


Origami berasal dari bahasa Jepang, yaitu 'oru' yang berarti melipat dan 'kami' artinya kertas. Seni melipat kertas baik untuk melatih otak dan ini telah dipraktikkan oleh para biksu Jepang sejak 6 tahun sebelum Masehi untuk kepentingan upacara keagamaan. 

Di zaman modern, origami dianggaps ebagai salah satu media pembelajaran anak yang dapat menyatukan ilmu pengetahuan alam, teknologi, seni, teknik, dan matematika. Bentuk seni populer ini secara resmi dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah dasar di Jepang, sebagai mata pelajaran untuk melatih kesabaran, kemampuan visouspasial, serta mengasah daya ingat dan konsentrasi anak. Selain itu, diketahui juga bahwa origami bisa bantu asah kemampuan otak

Kebaikan origami untuk meningkatkan kemampuan otak

Dalam bidang matematika, origami dapat membantu anak untuk memahami konsep geometri. Dengan memberikan label panjang, lebar, dan tinggi pada struktur origami, maka anak dapat belajar istilah-istilah penting dan cara dalam menjelaskan sebuah bentuk. Selain itu, melipat kertas juga mengajarkan konsep-konsep pembagian secara taktis-seperti setengah, sepertiga, atau seperempat. 

Disamping itu, origami juga digunakan sebagai salah satu bentuk terapi pada anak yang mengidap gangguan perhatian seperti attention dificit disorder (ADD). Hal ini disebabkan karena melipat kertas akan melatih fokus dan konsentrasi, sehingga akhirnya mereka mampu mengikuti pelajaran. 

Sementara itu, bagi orang dewasa origami merupakan suatu bentuk relaksasi. Melalui seni ini, mereka dapat berhenti sejenak dari kesibukan yang menyita waktu dan tenaga, untuk melepas kepenatan dan stres.

Itu disebabkan karena saat melipat kertas, tangan mengurumkan implus yang akan mengaktifkan seluruh belahan otak kanan dan kiri. Terutama, area-area yang berhubungan dengan daya ingat, kemampuan berpikir, serta keterampilan visuospasial dan motorik. Otak pun akan melepas serotonin, yaitu senyawa yang berperan dalam pembentukan daya ingat serta memberikan rasa puas dan senang. Pada akhirnya, Anda akan merasa rileks. 

Tidak hanya itu, origami juga sering digunakan sebagai terapi untuk membantu mengatasi gangguan mental, seperti depresi atau gangguan cemas, serta demensia atau kehilangan daya ingat. 

Melalui origami, Anda pun ditantang untuk berimajinasi dan bereksplorasi. Anda bisa berkreasi sesuai persepsi pribadi tanpa takut salah atau gagal. Hasil sampingnya adalah kepuasan emosional ketika selembar kertas berubah menjadi kreasi baru yang menarik. 

Melihat adanya fakta tersebut, dapat disimpulkan bahwa origami bukan hanya sekedar seni melipat kertas, tetapi juga merupakan media yang sangat baik untuk melatih dan mengasah otak manusia dari seluruh kalangan usia, mulai dari anak hingga lansia. 

Tidak hanya itu, ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan untuk lebih meningkatkan produktivitas otak, diantaranya yaitu melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi makanan sehat dan tidur yang cukup serta dengan penggunaan otak dalam kegiatan seperti bermain catur dan bermain alat musik. 

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 03 Januari 2018 15:42:50

Related Post :
Penyakit
Gangguan Dan Penyakit Pada…

Berikut ini berbagai jenis…

Tips
Memiliki Pipi Tembem? Kecilkan…

Memiliki pipi tembem memang…

Kewanitaan
Jangan Terkecoh! Ini Cara…

Jangan terkecoh!! Ini cara…

Manfaat
Manfaat Daging Domba Bagi…

Dibandingkan daging kambing, daging…

Kesehatan
Hal-hal yang Harus Wanita…

Hal-hal yang harus wanita…

Tips
Begini Cara Mengurangi Mata…

Begini cara mengurangi mata…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Faktor Yang Dapat Meningkatkan Resiko Terkena Jet Lag

Faktor yang dapat meningkatkan resiko…

Kesehatan
Anda Penyuka Permen? Segera Ganti dengan Makanan Sehat Ini!

Permen merupakan salah satu cemilan…

Kesehatan
Cara Sederhana Pencegahan Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Berikut adalah berbagai cara sederhana…

Kirim Pertanyaan
Top