Khasiat Dan Manfaat Cuka Apel Yang Luar Biasa Bagi Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat cuka apel tanpa kita sadari ternyata memiliki kebaikan yang luar biasa bagi tubuh, khususnya untuk kecantikan wajah, kesehatan dan pengobatan secara tradisional. Apabila anda kini ingin mengetahui fungsi dan manfaat cuka sari apel selengkapnya,  sebaiknya anda menyimak ulasan singkat berikut ini.


Pernahkah anda mendengar cuka apel tahesta atau cuka apel bragg? Nah, keduanya sendiri merupakan beberapa diantara merek produk cuka epel yang kini cukup populer di Indonesia. Adapun Cuka apel sendiri adalah salah satu produk olahan bermanfaat dari buah apel yang mengalami fermentasi, dimana bakteri dan ragi mengubah gula menjadi alkohol yang akhirnya berubah menjadi asam asetat.

Cuka sari apel ini diketahui kaya akan berbagai kandungan senyawa nutrisi alami seperti mineral, kalium, natrium, klorida, fosfor, kalsium, magnesium dan berbagai jenis mineral seperti tembaga dan fluor. Selain itu, didalamnya juga terdapat vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E, bioflavonoid dan juga pektin.

Dan karena itulah, tak heran jika cuka apel ini telah di gunakan selama lebih dari ribuan tahun yang di gunakan untuk banyak hal Mulai dari pengawet alami, bumbu masakan, antibiotik hingga bahan alami ntuk membantu proses penyembuhan suatu penyakit.

Khasiat dan manfaat cuka apel yang luar biasa bagi tubuh

Tak hanya kandungan buah apel, cuka apel juga memiliki sederet manfaat bagi tubuh. Dan karena banyaknya manfaat yang bisa anda dapatkan dari cuka apel, kami secara lengkap akan menginformasikan kegunaan cuka apel ini ke dalam beberapa kategori, yakni untuk kesehatan, kecantikan, masalah kulit, dan juga pencernaan lengkap dengan cara penggunaannya.

1. Manfaat cuka apel untuk kesehatan

Berikut adalah berbagai fungsi dan manfaat cuka apel untuk kesehatan diantaranya:

  • Menurunkan berat badan. Sebuah study yang di lakukan pada tahun 2006 di Jepang, melaporkan bahwasannya terjadi penurunan berat badan dan juga nafsu makan dengan supan 30 ml cuka epel. Dan hal trsebut mengarah pada kesimpulan bahwasannya cuka apel bisa mengurangi obesitas.
  • Mengobati diabetes. Sebuah studi telah melaporkan bahwasannya cuka apel diketahui dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Bahkan dalam sebuah studi lainnya melaporkan, bahwasannya cuka apel memiliki aktivitas yang sama dengan metformin atau acarbose, yang mana keduanya merupakan obat antidiabetes.
  • Menghilangkan bau mulut tak sedap. Untuk mengatasinya, anda bisa campurkan 15 gr cuka apel dalam satu cangkir air kemudia gunakan untuk berkumur selama 10 detik.
  • Menghilangkan bau badan.  Untuk ini, anda bisa memanfaatkan cuka apel sebagai deodoran. Anda bisa celupkan bola kapas ke cuka apel dan oleskan pada ketiak setiap pagi. Adapun untuk menghilangkan bau kaki, anda bisa campurkan 1/2 cangkir cuka apel ke dalam wadah berisi air hangat dan rendam kaki sekitar 15 menit seminggu sekali.
  • Mengatasi infeksi jamur penyebab keputihan. Cuka aepl juga dikenal memiliki sifat antiseptik yang membantu dalam pengobatan infeksi jamur seperti halnya candidiasis yang mengakibatkan keputihan. Adapun untuk cara menggunakannya, anda bisa menambahkan 1 1/2 cangkir cuka apel ke dalam bak berisi air hangat dan kemudian anda bisa berendam didalamnya selama 20 menit, yang dilakukan tiga hari sekali. Anda juga bisa mengonsumsi 1 sendok teh cuka apel sehari sekali untuk membantu mencegah terjadinya infeksi jamur.
  • Mencegah penyakit alergi.
  • Meredakan sakit tenggorokan pilek dan infeksi sinus.
  • Detoksifikasi untuk menghilangkan racun dalam tubuh.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Meningkatkan metabolisme didalam tubuh.
  • Mengurangi rasa sakit dan kekauan pada sendi.
  • Meningkatkan kekuatan dan stamina tubuh.
  • Melancarkan pencernaan dan mempermudah buang air besar.
  • Mengatasi tekanan darah tinggi.
  • Membantu mengatasi penyakit asam urat dan rematik.
  • Memungkinkan untuk mencegah kanker.
  • Membantu menghilangkan kutil.
  • Baik untuk kesehatan ibu hamil dan ibu menyusui.

2. Manfaat cuka apel untuk perawatan kecantikan

Selain untuk kesehatan, khasiat cuka apel untuk kecantikan juga sangat melimpah. Diantaranya sebagai berikut.

  • Sebagai toner kulit. Cuka apel di percaya bisa mengatasi peradangan kulit yang di sebabkan oleh jerawat. Gunakan cuka apel pada daerah yang berjerawat, lalu usap dengan kain lembut seperti penggunaan toner saat membersihkan wajah.
  • Membersihkan rambut. Kandungan cuka apel yang bersifat residu juga bisa merontokkan kotoran rambut dari produk kimia seperti gel atau hair spray. Gunakan cuka apel unuk pembeilas rambut saat keramas agar kotoran terkelupas, sehingga kulit kepala menjadi bersih dan rambutpun sehat tidak mudah rontok.

3. Manfaat cuka apel untuk kulit dan infeksi

Adapun berbagai khasiat cuka apel  untuk kulit termasuk untuk kulit wajah adalah sebagai berikut.

  • Mengatasi masalah jerawat. Untuk jerawat, anda bisa gunakan satu bagian cuka apel dalam 3-4 bagian air. Kemudian aplikasikan pada kulit dengan menggunakan kapas dan biarkan selama sepuluh menit kemudian bilas. Lakukan cara itu sebanyak 3 kali sehari. Adapun pada kasus jerawat yang parah, anda bisa mendiamkannya selama semalaman.
  • Menghilangkan bintik hitam pada wajah. Untuk manfaat yang satu ini, anda bisa menumbuk bawang kemudian tiriskan pada mangkuk. Adak dengan jumlah yang sama dari cuka apel. Terapkan dengan kapas yang dilarutkan dalam campuran tersebut. Atau anda juga bisa meminum beberapa tetes cuka apel ke dalam segelas air dan tambahkan madu sebagai pemanis.
  • Menghilangkan selulit. Untuk penggunaan topikal (oles), anda bisa campurkan 3 bagian cuka aepl dengan satu bagian dari minyak pijat favorit anda, dan dengan lembut pijatkan pada kulit yang terkena selulit 2x sehari. Adapun untuk penggunaan oral (diminum), anda bisa mencampurkan 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air dan tambahkan madu sebagai pemanisnya. Minum sercara rutin di pagi hari.

4. Manfaat cuka apel untuk pencernaan

Adapun kegunaan cuka apel terakhir dalam ulasan ini adalah baik untuk meningkatkan fungsi pencernaan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mencegah dan mengatasi sembelit. Cuka sari apel diketahui dapat membantu tubuh dalam mempromosikan gerakan usus. Adapun untuk pengobatan sembelit, anda bisa menmabhkan 2 sendok makan sari cuka apel ke dalam segelas air, dan minum campuran ini 3x sehari. Anda juga bisa mencampurnya dengan jus apel atau jus anggur untuk membuatnya menjadi lebih enak.
  • Mengatasi diare. Di dalam apel terkandung senyawa pektin yang dapat mengatasi diare, karena zat ini bertindak untuk melapisan lapisan usus yang meradang. Hal ini juga bisa digunakan dengan menambahkan 2 sendok makan cuka apel dalam segelas air, yang diminum sebanyak 3 kali sehari.

Nah, itulah beragam khasiat dan manfaat cuka apel yang luar biasa bagi tubuh. Dan meski secara umum mengonsumsi cuka apel dalam jumlah kecil dianggap sangat aman, namun banyak ahli kesehatan juga yang berpendapat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Karena hal tersebut sering kali dikaitkan dengan efek samping cuka apel berupa kadar kalium yang rendah, yang juga dapat menyebabkan kram otot maupun kondisi lainnya. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

By Nida Saripah - Manfaat Kamis, 04 Januari 2018 11:03:22

Related Post :
Kesehatan
Cara Menghilangkan Syringoma Pada…

Cara menghilangkan syringoma pada…

Obat Cina
Khasiat Agaricpro Untuk Mengatasi…

Khasiat agaricpro untuk mengatasi…

Manfaat
Manfaat Viostin DS Untuk…

Manfaat viostis DS (Double…

Ibu Dan Anak
Waspada! Memar pada Anak…

Bunda jangan biarkan lebam…

Ibu Hamil
Posisi Tidur Ibu Hamil…

Posisi tidur ibu hamil…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Rematik…

Berikut adalah berbagai macm…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat
Manfaat dan Kandungan Buah Apel Bagi Kesehatan

Manfaat dan kandungan buah apel…

Manfaat
Mengetahui Khasiat Teripang dalam Pengobatan Kanker

Teripang memang cukup populer di…

Kirim Pertanyaan
Top