Waspada! 5 Hoax Kesehatan ini Mungkin Beredar di 2018

Share dan Tag Temanmu di :

Perkembangan teknologi memang dapat membantu mempermudah siapapun dalam melaksakan pekerjaan mereka. Namun, tidak sedikit pula yang justru tidak memanfaatkannya dengan baik. Misalnya media sosial, semenjak gencarnya media sosial dan internet cepat, banyak yang memanfaatkannya untuk sekedar berbagi informasi ataupun aktivitas-aktivitas yang dilakukannya. 

Akan tetapi, tidak sedikit pula yang justru memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan kabar palsu atau hoax pada masyarakat. Apalagi di bidang kesehatan, saat ini banyak informasi yang diketahui tidak akurat dan menyesatkan orang. 


Di tahun 2018 ini, diketahui akan ada banyak sekali kabar hoax yang menyebar di masyarakat luas. Maka dari itu, ketika Anda mendapatkan informasi sebaiknya jangan langsung percaya. Anda harus tetap waspada dan membuktikan terlebih dahulu kebenarannya. 

Biasanya orang yang awam atau ibu-ibu sering percaya dengan kabar hoax tersebut. Kabar yang paling sering beredar yaitu tentang imunisasi yang menimbulkan pro kontra bagi sebagian kalangan. 

Selain itu, masih ada banyak kabar hoax mengenai kesehatan yang harus diwaspadai. Berikut ini merupakan 5 hoax kesehatan yang mungkin beredar di 2018 yang harus diwaspadai, yaitu diantaranya :

  • Pemberian imunisasi rubella sebabkan anak cacat

Imunisasi Measles Rubella (MR) sering disebutkan menyebabkan anak cacat. Informasi tidak akurat ini sering menyebar lewat media sosial dan Whatsapp. Ibu-ibu selalu khawatir dengan hal ini, sehingga enggan untuk memberikan imunisasi MR pada anaknya. 

Namun, sebaiknya ibu jangan mengabaikan pemberiakn vaksin MR ini karena bermanfaat untuk mencegah anak tuli dan buta, serta penyakit campak

  • Vaksin HPV sebabkan menopause dini

Pemerintah di tahun 2018 ini masih menggalakan program vaksin HPV untuk mencegah penyakit kanker serviks. Vaksin ini diberikan pada anak perempuan usia SD. Kabarnya, masyarakat percaya jika vaksin HPV yang diberkan pada usia anak-anak bisa memicu menopause dini. Akan tetapi, tidak ada fakta penelitian mengenai hal tersebut. Justru vaksin HPV ini dapat membantu mencegah kanker serviks yang mematikan. 

  • Biskuit mengandung plastik

Selain mengenai vaksinasi, juga ada beberapa kabar hoax mengenai makanan yang beredar dan dipercaya oleh para ibu. Ada kabar yang menyebutkan bahwa biskuit dari merk-merk ternama mengandung plastik. Hal tersebut bermula ketika dibakar, biskuit tersebut meleleh. 

Namun, sebaiknya Anda tidak mudah percaya dengan kabar tersebut. Pasalnya makanna yang terdapat label dari BPOM dan Kementerian Kesehatan dijamin aman dan tidak memicu penyakit. 

  • Makan seafood dan es jeruk menyebabkan keracunan

Banyak orang yang percaya bahwa mengonsumsi aneka seafood ditambah dengan minum es jeruk bisa menyebabkan keracunan. Hal tersebut disebabkan karena dipercaya zat dari vitamin C dan kandungan seafoodnya bisa mengganggu sistem pencernaan. 

Walaupun begitu, tidak ada bukti studi yang membenarkan hal tersebut, maka sebaiknya Anda jangan khawatir. Terlebih lagi jika mendengar kabar yang menyebutkan bahwa kebiasaan ini bisa menyebabkan seseorang meninggal dunia. 

  • Bumbu instan yang dimasak menyebabkan kanker

Mengonsumsi mi instan terlalu sering memang tidak dianjurkan karena bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Namun, belakangan ini beredar kabar bahwa kebiasaan memasak mi instan sekaligus dengan bumbunya bisa memicu kanker. Bumbu MSG ini diklaim mengandung zat karsinogenik. Para ahli menyangkal hal tersebut, karena bumbu MSG tidak mengandung zat berbahaya yang mengganggu kesehatan. 

Itulah 5 hoax kesehatan yang mungkin beredar di 2018. Ketika menerima informasi terbaru, alangkah baiknya untuk tidak langsung mempercayainya. Ketahui terlebih dahulu kebenarannya sehingga hal tersebut tidak menimbulkan kesalahpahaman. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 05 Januari 2018 14:18:05

Related Post :
Kesehatan
Tanda-Tanda Sesak Nafas Akibat…

Mengenali dan membedakan tanda-tanda…

Manfaat
Manfaat Obat Pereda Nyeri…

Berikut ini beberapa manfaat…

Kesehatan
Solusi Agar Tubuh Tetap…

Solusi agar tubuh tetap…

Tips
Tips Jitu Menghilangkan Milia…

tips jitu menghilangkan milia…

Manfaat
Konsumsi Bawang Putih Panggang…

Bawang putih sudah sejak…

Obat Kimia
Obat Cimetidine untuk Mengatasi…

Cimetidine merupakan salah satu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Sayur dan Buah yang Baik untuk Mengurangi Mata Minus

Mata minus memiliki tingkat penglihatan…

Kesehatan
Kesehatan
Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Ada banyak jenis makanan untuk…

Kirim Pertanyaan
Top