Kandungan Gizi Buah Kersen yang Kaya Manfaat

Buah kersen yang bernama latin Muntingia calabura L. sangat banyak terdapat di Indonesia. Pohon kersen umumnya berfungsi sebagai tanaman untuk kerindangan di pinggir jalan raya. Namun di balik fungsinya tersebut, kersen terutama buahnya memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena kaya akan kandungan-kandungan tertentu.

Buah kersen berbentuk bulat. Jika sudah matang berwarna merah dan rasanya manis sekali. Buah kersen ini sangat populer. Lain daerah atau lain negara, kersen memiliki nama yang berbeda tapi kandungan dan khasiatnya tentu saja sama. Di Jakarta, buah kersen ini disebut buah ceri. Orang Filipina menyebutnya datiles, aratiles, dan manzanitas. Sedangkan orang Malaysia memanggilnya kerukup siam. Orang yang menggunakan bahasa Spanyol menyebutnya dengan nama capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito. Belanda dulu menyebutnya Japanse kers atau ceri jepang. Orang singapura menyebutnya cherry. Sedangkan rakyat Thailand menyebutnya takhop farang.

Lalu apa manfaat buah kersen untuk kesehatan? Menurut penelitian, dalam 100 gram buah kersen terkandung zat-zat diantaranya air seberat 77,8 gram, protein seberat 0,384 gram, lemak seberat 1,56 gram, karbohidrat seberat 17,9 gram, serat seberat 4,6 gram, abu seberat 1,14 gram, fosfor seberat 84 mg, kalsium seberat 124,6 mg, besi seberat 1,18 mg, karoten seberat 0,019 gram, ribofalin seberat 0,037g, niacin seberat 0,554 g, tianin seberat 0,065 gram dan kandungan vitamin C 80,5 mg dengan nilai energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram.

Sedangkan kandungan gizi buah kersen yang kaya manfaat yang terkandung didalamnya dalam setiap 100 gram kersen yang dapat diolah tubuh memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Air seberat 76,3 gram
  • Protein seberat 2,1 gram
  • Lemak seberat 2,3 gram
  • Karbohidrat seberat 17,9 gram
  • Abu seberat 1,4 gram
  • Kalsium seberat 125 miligram
  • Fosfor seberat 94 miligram
  • Vitamin A seberat 0,015 miligram
  • Vitamin C seberat 90 miligram
  • Dengan nilai energinya sebesar 380 kJ/100 g

Dengan kandungan gizi buah kersen yang kaya manfaat tersebut, tidak heran buah kersen juga dapat mengatasi berbagai penyakit diantaranya bisa mengobati asam urat, menyembuhkan diabetes, meredakan gejala flu, mengatasi kaku atau kejang di bagian saluran pencernaan akibat gastritis dan diare, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak  mudah sakit, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan meredakan sakit kepala.

Kandungan air yang terdapat pada buah kersen dapat mengembalikan kelembaban alami kulit sehingga kulit akan terus terlihat segar. Selain itu juga bisa membantu mencegah dan menyembuhkan batuk. Buah kersen tak hanya bermanfaat di bagian buahnya saja. Daunnya juga tak kalah berkhasiatnya dengan buah kersen karena dapat diolah menjadi teh yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

By Sri Maryati - Alami Selasa, 09 Agustus 2016 09:38:56

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • pertanyaan

    1 Balasan

    Alami

    ada ga hasiat daun tembakau untuk pertanian Padi sawah

  • Bahan Alami Untuk Atasi Penyakit Maag

    1 Balasan

    Alami

    Dok, kalau untuk mengatasi sakit maag, bahan - bahan alami apa yang bisa gunakan?

  • sakit sciatica

    1 Balasan

    Alami

    apakah obat yg tepat utk penyakit ini

  • Tanya takaran qnc jelly gamat

    1 Balasan

    Alami

    Sore pak saya mau nanya takaran qnc jelly gamat untuk bayi usia 4 bulan??anak saya sakit infeksi paru2.terimakasih

  • obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi

    1 Balasan

    Alami

    Belakangan ini saya sering sakit gigi. sudah berkumur dengan air garam , tapi sakit gigi yang saya alami belum sembuh juga. Apakah ada obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi ?


Alami
Obat Asam Urat Alami Dari Tumbuhan Yang Mujarab

Obat asam urat dari tumbuhan…

Alami
Alami
Obat Alami Miom Rahim Pada Wanita Tanpa Operasi

Miom merupakan pertumbuhan sel-sel abnormal…

Tambah Pertanyaan
Top