Awas! Konsumsi Daging Anjing Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Di beberapa negara mengonsumsi daging anjing memang masih banyak dilakukan. Bahkan, di beberapa daerah di Indonesia, mengonsumsi daging anjing juga merupakan salah satu bagian dari tradisi. Biasanya daging anjing disajikan ketika ada pesta pernikahan dan perjamuan besar lainnya. 

Namun, saat ini daging anjing tidak hanya disuguhkan dalam acara besar saja. Tercatat, bisnis kuliner daging anjing semakin meningkat di beberapa kota besar di Indonesia dari tahun ke tahunnya. Khususnya Jakarta, Yogyakarta, dan Bali. Banyak warung-warung yang menjual daging anjing pun semakin banyak. 


Meskipun mengonsumsi daging anjing dianggap sebagai hal yang kontroversial karena dianggap haram atau bahkan dikecam oleh banyak pecinta binatang, namun faktanya masih banyak dari mereka yang mencari kuliner daging anjing di berbegai tempat. Ada banyak alasan yang membuat daging anjing banyak diminati, diantaranya adalah karena daging anjing memiliki rasa yang enak atau mereka percaya bahwa daging anjing bisa meningkatkan stamina dan mengatasi masalah kesehatan tertentu. 

Namun, apoakah daging anjing benar-benar aman untuk dikonsumsi ?

Faktanya, konsumsi daging anjing ternyata berbahaya bagi tubuh, mengingat cukup banyak penjual daging anjing yang cenderung menangkat anjing secara sembarangan di berbagai tempat. Salah satu bahaya konsumsi daging anjing yang paling besar adalah penyebaran rabies pada hewan dan manusia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa daging anjing termasuk salah satu penyebab penyebaran rabies di seluruh dunia sulit untuk dicegah dan dihentikan. 

Berdasarakan laporan dari Dog Meat Free Indonesia, WHO sendiri secara eksplisit telah menyorot perdangan daging anjing sebagai faktor penyebab penyebaran rabies di Indonesia. Tidak sedikit anjing rabies dikirim ke kota-kota besar untuk dijadikan sebagai pasokan makanan. Bahkan, juga ke daerah-derah yang sedang bekerja untuk mengamankan status bebas rabies seperti Jakarta.

Selain rabies, mengonsumsi daging anjing juga memiliki kemungkinan untuk menyebarkan bakteri E. Coli dan salmonella. Selain itu, beberapa bakteri berbahaya lainnya, seperti antraks, hepatitis, leptospirosis, serta parasit seperti trichinella bisa saja menginfeksi mereka yang mengonsumsi daging anjing yang tidak benar-benar dimasak dengan matang. 

Tidak hanya itu, anjing liar, atau anjing yang tidak higienis yang diolah menjadi makanan bisa menyimpan banyak bakteri, kuman, dan penyakit virus. Untuk mencegah penularan penyakit, anjing ini juga sering kali diberi antibiotik dengan dosis yang tinggi. Masalahnya, jika kita mengonsumsi daging anjing tersebut maka bisa berdampak tubuh menjadi resisten terhadap efek antibiotik. Sehingga jika sakit, akan sangat sulit untuk sembuh. 

Setelah mengetahui fakta tersebut. apakah Anda masih tertarik untuk mengonsumsi daging anjing ? Meskipun memiliki rasa yang nikmat dan bisa memanjakan lidah, namun mengonsumsi daging anjing sangat tidak disarankan. Anda tentu ingin memiliki tubuh yang tetap sehat dan terhindari dari berbagai penyakit yang bisa timbul akibat mengonsumsi daging anjing, bukan ? Jadi, kini sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 06 Januari 2018 11:34:28

Related Post :
Daun
Ini Khasiat Daun Kemuning…

Inilah berbagai manfaat dan…

Alami
Obat Usus Turun Herbal…

Obat usus turun herbal…

Alami
Cara Alami Mengatasi Ambeien…

Cara alami mengatasi ambeien…

Penyakit
Penyakit Infekasi Lambung Gejala…

Penyakit infeksi lambung beserta…

Manfaat
Jangan Sepelekan! Ini Manfaat…

Tidak hanya daging buahnya,…

Kulit
Manfaat Toner Bagi Kulit…

Khasiat dan manfaat toner…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Nyeri Sendi Lutut

Organ lutut berfungsi untuk memungkinkan…

Kesehatan
Kesehatan
Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Menggosok Gigi

Ada beberapa faktor yang bisa…

Kirim Pertanyaan
Top