Cara Mencegah Anyang-Anyangan Pada Wanita Agar Tidak Kambuh

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mencegah anyang-anyangan agar tidak kambuh lagi bisa di lakukan dengan beberapa hal lainnya, disamping anda melakukan pengobatan secara tuntas. Adapun untuk bisa mencegah penyakit ini kambuh lagi, sebaiknya anda menyimak informasi berikut.


Pernahkah anda mengalami rasa nyeri dan juga sensasi terbakar saat buang air kecil? Waspada, bisa jadi itu adalah gejala anyang-anyangan. Anyang-anyangan sendiri merupakan salah satu gangguan kesehatan yang umumnya ditandai dengan hasrat sering ingin buang air kecil, air sendi yang keluar hanya sedikit dan rasanya sangat panas.

Anyang-anyangan sendiri dalah salah satu jenis penyakit yang memiliki kaitan cukup erat dengan infeksi saluran kemih. Penyakit ini bisa terjadi pada saja, baik itu pria, wanita, anak, muda, dewasa bahkan lansia. Penyebab anyang-anyangan sendiri diketahui akibat adanya bakteri penyakit seperti bakteri E.Choli yang yang menginfeksi saluran kemih.

Cara mencegah anyang-anyangan pada wanita agar tidak kambuh kembali

Pada dasarnya kondisi ini tidak mematikan. Hanya saja, jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, selain dapat menimbulkan ketidaknyamanan yang berlebih juga dapat menyebabkan keparahan dan infeksi bisa menjalar ke saluran infeksi bagian atas termasuk ginjal.

Adapun bagi anda yang tidak ingin mengalami kondisi ini, ataupun bagi anda yang pernah mengalami kondisi ini dan tidak ingin kembuh kembali, selain mengatasi anyang-anyangan secara tepat hingga tuntas, sebaiknya anda juga melakukan beberapa pencegahan berikut.

1. Banyak minum air putih

Minum air putih yang cukup setiap hari dipercaya dapat membantu mengusir bakteri yang terdapat didalam saluran kemih.  Sebuah study pada tahun 2013, yang dilakukan di University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas menemukan bahwasannya asupan cairan yang rendah secara terus menerus dapat menjadi faktor penting dalam patogenesis infeksi saluran kemih. Ini juga merupakan salah satu dari banyaknya alasan untuk tetap banyak minum. Minumlah setidaknya 2 liter air putih setiap hari.

2. Jangan menahan kencing

Sebaiknya, anda segeralah berkemih saat ingin buang air kecil. Karena hal tersebut juga bertujuan untuk mencegah agar jangan sampai bakteri berkembang biak dalam kandung kemih. Penting juga untuk selalu buang air kecil setelah berhubungan intim bersama pasangan. Hal tersebut juga bertujuan untuk menyiram bakteri yang mungkin telah memasuki uretra.

Studi juga telah menemukan bahwasannya menahan kencing untuk waktu yang cukup lama, memungkinkan vakteri untuk berkembang biak dalam saluran kemih. Sehingga dapat menimbulkan infeksi pada saluran kemih sehingga menimbulkan gejala anyang-anyangan.

3. Tetap bersih dan kering

Khusus untuk perempuan, sebaiknya biasakan untuk membersihkan (cebok) dari depan kebelakang, terutama setelah buang air besar. Hal ini untuk memastikan agar bakteri tidak masuk ke dalam uretra.

Selain itu, penting juga untuk memakai pakaian longgar, yang memungkinkan udara untuk menjaga daerah uretra tidak lembab, alias kering. Mengenakan celana jeans ketat atau bahan seperti nilon dapat menjadi masalah karena kelembaban bisa terperangkap, yang memungkinkan bakteri bisa tumbuh dengan subur.

4. Hindari pemakaian spermisida

Spersimisida diketahui dapat meningkatkan iritasi  dan juga kemungkinan bakteri akan tumbuh. Menggunakan kondom unlubricated juga dapat menyebabkan iritasi, jadi pilihlah lubricated yang tidak mengandung spermisida.

Sebuah propestif tahun 1996, yang diterbitkan dalam New England of Medicine menunjukkan bahwasannya diantara wanita muda yang aktif secara seksual, tingginya kejadian ISK tinggi secara  independen terkait dengan penggunaan diafragma (kondom) yang mengandung spermisida.

Nah, itulah beberapa cara mencegah anyang-anyangan yang bisa anda lakukan, agar kondisi ini tidak anda alami atau muncul kembali. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan salam sehat!

By Nida Saripah - Penyakit Sabtu, 06 Januari 2018 11:58:08

Related Post :
Kesehatan
Ingin Sembuh Dari Asam…

Ingin sembuh dari asam…

Kesehatan
Mengetahui Gejala Gula darah…

Berbagai gejala gula darah…

Manfaat
Manfaat Bunga Kamboja Untuk…

Kamboja merupakan salah satu…

Kesehatan
Prosedur Operasi untuk Pengobatan…

Pembedahan merupakan salah satu…

Penyakit
Mengetahui Komplikasi Pada Penderita…

Jika ditangani secara baik,…

Penyakit
Mengenal Polisitemia Vera Serta…

Walaupaun polisitemia vera merupakan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
Mengetahui Komplikasi Bell’s Palsy

Mengetahui komplikasi bell's palsy penyakit…

Penyakit
Kirim Pertanyaan
Top