6 Tips Ampuh Ini Bisa Atasi Sembelit Pada Bayi dengan Aman

Share dan Tag Temanmu di :

Sembelit atau konstipasi merupakan susah buang air besar atau feses sudah dikeluarkan, sembelit bisa dialami oleh semua usia termasuk bayi. Apapun makanan yang dikonsumsi oleh bayi dapat mempengaruhi buang air besar baik itu dari perubahan warna atau konsistensi feses. Sembelit pada bayi seringkali terjadi saat konsistensi feses menjadi lebih keras dan lebih padat dari biasanya.


Ciri-ciri Sembelit Pada Bayi

  • Bayi jarang BAB dari biasanya.
  • Konsistensi BAB pada bayi lebih keras dan padat dari biasanya.
  • Bayi terlihat seperti mengedan kuat dan kadang disertai menangis.
  • Kurang nafsu makan atau tidak mau makan sama sekali.

Penyebab Sembelit Pada Bayi

  • Susu formula

Kemungkinan tidak cocok susu formula karena usia bayi dibawah 6 bulan saluran pencernaanya belum sempurna serta kandungan lemak dan protein pada susu formula tidak seimbang sehingga memicu saluran pencernaan bayi susah dicerna. Komposisi ASI jauh lebih baik ketimbang susu formula karena ASI memiliki bakteri yang baik bagi pencernaan bayi sehingga ASI lebih mudah dicerna. Penyebab sembelit pada bayi salah satunya karena dehidrasi atau kekurangan cairan yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pencernaan bayi.

  • Makanan padat

Makanan padat yang dikenalkan pada bayi dibawah 6 bulan belum mampu mencernanya karena mengandung serat rendah sehingga dapat memicu sembelit. Maka dari itu anda sebagai ibu harus pintar mengkombinasikan MPASI dengan sayur dan buah agar dapat membantu melancarkan pencernaan bayi.

Tips Ampuh Atasi Sembelit Pada Bayi dengan Aman

  • Mengganti susu formula

Jika bayi mengalami sembelit saat mengkonsumsi susu formula, anda bisa mencoba ganti dengan merk lain dan perhatikan komposisinya karena komposisi yang berlebih dapat memicu sembelit. Tetapi jika ASI masih keluar sebaiknya berikan saja pada bayi.

  • Pemilihan menu MPASI

Apabila bayi sudah mengkonsumsi MPASI maka pilih atau kombinasikan buah dan sayur dalam MPASI bayi agar dapat memperlancar pencernaan seperti pure buah pir atau pure buah pepaya.

  • Pijat perut bayi

Agar saluran pencernaan bayi menjadi lancar pijatlah perut bayi dan saat memijat bayi jangan terlalu kuat tapi lakukan memijat seperti mengayuh sepeda, tangan kanan memijat keatas dan tangan kiri kebawah atau sebaliknya serta saat memijat bayi gunakan minyak khusus bayi.

Jika anda tidak berani melakukannya maka posisikan bayi dengan berbaring terlentang kemudian pegang kedua kakinya lalu gerakan seolah-olah bayi mengayuh sepeda dengan cara menekuk lutut kearah perut secara bergantian.

  • Minum yang cukup

Berikan cukup banyak minum air putih jika bayi masih diberikan ASI berikan ASI sesering mungkin. Jika bayi anda sudah bisa mengkonsumsi makanan selain ASI anda dapat memberinya air putih atau susu formula yang cukup.

  • Mandikan bayi dengan air hangat

Mandikan bayi dengan air hangat membuat bayi menjadi lebih rilex dan dapat merangsang pencernaan sehingga buang air besar menjadi lancar. Oleh karena itu air hangat juga dapat membantu mengatasi sembelit pada bayi.

  • Konsultasikan dengan dokter

Apabila sembelit masih belum bisa diatasi anda dapat konsultasi dengan dokter untuk diberikan obat pelancar BAB yang aman untuk bayi.

Jika anda menemukan tanda-tanda seperti bayi menjadi lemah akibat tidak mau nyusu atau tidak mau makan, terdapat darah saat BAB, berat badan menurun akibat tidak mau makan maka segeralah bawa ke dokter agar segera diatasi. Jika bayi baru lahir pada 24 jam pertama bayi tidak BAB sama sekali maka segeralah periksa bayi anda ke dokter kemungkinan ada masalah pada bayi anda.

By Ana Rediana - Ibu Dan Anak Senin, 08 Januari 2018 08:15:49

Related Post :
Ibu Dan Anak
Tips Mengatasi Penyakit Kulit…

Jenis penyakit yang memang…

Daun
Manfaat Daun Gedi Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Waspada! 5 Hoax Kesehatan…

Saat ini banyak kabar…

Kesehatan
Ini Olahraga Yang Tepat…

Pilihan olahraga yang tepat…

Ibu Hamil
Cara Sehat Mengatasi Nyeri…

Cara mengatasi nyeri sendi…

Manfaat
Suka Konsumsi Telur Asin?…

Informasi tentang kandunga gizi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Penyakit Asma Tingkatkan Risiko Obesitas pada Anak

Menurut sebuah penelitian, penyakit asma…

Ibu Dan Anak
Belajar Mengenali Gejala Sakit Pada Bayi

Belajar mengenali gejala sakit pada…

Ibu Dan Anak
Waspadai Gejala Penyakit Diabetes Pada Anak Sejak Dini

Waspadai gejala penyakit diabetes pada…

Kirim Pertanyaan
Top