Kenali Berbagai Menu Makanan Bayi Agar Tidak Sembelit

Share dan Tag Temanmu di :

Pasti semua orangtua merasa resah ketika bayinya mengalami sembelit dan gerakan tubuh yang kurang aktif sehingga anda mulai memberikan makanan pertama seperti MPASI walaupun ada beberapa jenis obat untuk atasi bayi namun anda bisa mengatasi masalah ini secara alami.


Berikut ini beberapa makanan bayi agar tidak sembelit dan agar BAB lancar diantaranya :

  • ASI

ASI yaitu minuman yang sangat baik untuk pertumbuhan bayi. ASI tak hanya untuk kesehatan dan energi tubuh bayi namun juga membantu bayi agar tidak terkena sembelit karena ASI memliki kandungan protein khusus untuk bekerja dengan mudah pada saluran pencernaan bayi sehingga bayi tidak akan sembelit karena mekanisme bahan alami dari ASI diusus bayi. Biasanya bayi yang menerima ASI secara khusus atau hanya sedikit menerima makanan tambahan sehingga jarang sekali sembelit.

  • Pisang dan sereal

Apabila anda mulai mengenalkan makanan padat pada bayi maka anda bisa mencoba memberikan pisang dan sereal yang diolah dari biji gandum murni memiliki kandungan serat tinggi serta semua jenis vit B yang sangat baik untuk pertumbuhan jaringan dan otot tubuh bayi. Agar bayi anda suka sereal maka campurkan dengan pisang yang sudah dihaluskan karena pisang memiliki kandungan vitamin C dan calium yang sangat baik untuk kesehatan bayi dan kesehatan detak jantung bayi.

  • Buah pir

Buah pir salah satu buah untuk mencegah sembelit yang sangat baik untuk bayi karena mengandung serat tinggi dan mengandung air alami. Caranya hancurkan buah pir sampai lembut sehingga bayi bisa makan dengan mudah namun jangan berlebihan memberikan buah pir karena dapat memicu bayi anda terkena diare.

  • Wortel

Wortel termasuk jenis sayuran yang memiliki warna cerah mengandung serat tinggi dan memiliki kandungan betakaroten yang bisa membuat mata bayi cerah dan sehat serta memiliki kandungan antioksidan dan vit C yang dapat bekerja untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Anda bisa buat wortel menjadi bubur tanpa campuran apapun karena wortel sudah memiliki rasa manis alami yang biasanya disukai anak-anak.

  • Ubi jalar

Ubi jalar termasuk jenis makanan padat untuk membantu memenuhi energi pada tubuh bayi karena ubi jalar memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh bayi seperti vit B dan C untuk meningkatkan sistem imun tubuh bayi. Kandungan kalori dan serat tinggi yang terdapat pada ubu jalar bisa atasi sembelit, membuang gas perut dan masalah perut kembung pada bayi serta keuntungan lainnya kandungan senyawa alami yang dapat mencegah masalah peradangan pada tubuh bayi. Anda bisa coba untuk berikan pada bayi bubur dari ubi jalar atau memanggangnya hingga matang dan berikan pada bayi selagi masih hangat.

  • Apel

Apel juga termasuk buah untuk mencegah sembelit pada bayi karena memiliki kandungan serat tinggi. Berikanlah apel dalam bentuk bubur karena apel yang sudah dihancurkan bisa diterima dengan mudah oleh usus bayi sehingga dapat membantu pencernaan bayi dan kandungan antioksidannya yang tinggi dapat membantu tubuh bayi agar tidak mudah sakit namun jangan berlebihan memberikan apel pada bayi karena kandungan rasa asamnya dapat membuat perut bayi kembung.

  • Tepung beras merah

Jika anda berencana untuk memberikan makanan padat anda bisa mencoba berikan tepung beras merah dibuat dalam bentuk bubur atau dimasak menjadi bubur yang dicampur dengan tepung gandum. Semua makanan tersebut memiliki kandungan serat yang dapat mencegah sembelit pada bayi.

Dan ternyata makanan bayi agar tidak sembelit bisa diberikan saat bayi sudah menerima makanan padat dan anda bisa mengenalkan beberapa makanan seperti diatas dan juga harus tetap memberikan ASI atau sufor. Perlu anda ingat, jangan terlalu banyak memberikan makanan seperti diatas pada bayi agar perut bayi tidak mengalami gangguan pencernaan.

By Ana Rediana - Ibu Dan Anak Senin, 08 Januari 2018 15:41:40

Related Post :
Manfaat
Mengungkap Manfaat Daging Bekicot…

Meskipun sering dianggap sebagai…

Penyakit
9 Faktor Penyebab Angin…

Mengetahui faktor penyebab angin…

Tips
Tips Diet Sehat Alami…

Memiliki badan ideal adalah…

Kesehatan
Manfaat Olahraga Bersepeda Bagi…

Banyak manfaat olahraga bersepeda…

Tips
Cara Sehat Menurunkan Asam…

Selain dengan obat, menurunkan…

Tips
Tips Cara Pemakaian Obat…

Tips cara pemakaian obat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Mengetahui Cara Merawat Bayi Prematur di Rumah

Bayi yang lahir prematur memang…

Ibu Dan Anak
Mewaspadai Serangan Penyakit Musim Hujan pada Anak

Pada musim hujan, tubuh akan…

Ibu Dan Anak
Selain Susah Makan Ini Penyebab Anak Susah Gemuk

Selain susah makan, ketahui penyebab…

Kirim Pertanyaan
Top