Tips Cara Mengobati Telinga Berdengung Terus Menerus

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mengobati telinga berdengung

Telinga yang berdengung atau tinnitus sering kali di alami oleh seseorang setelah mendengar suara keras. Umumnya kondisi tersebut disebabkan karena terjadinya kerusakan ujung saraf mikroskopis pada telinga bagian dalam. Selain itu, tinnitus menandakan pula adanya kerusakan saraf atau masalah pada sistem peredaran darah.


Ada berbagai tips serta cara mengobati telinga berdengung secara terus menerus yang dapat anda lakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ketuk kepala Anda. Jika baru pulang dari konser atau dari klub malam yang mengeluarkan suara keras, telinga biasanya tidak berhenti berdengung. Kemungkinan ada masalah pada koklea telinga dan bisa menimbulkan peradangan dan stimulasi saraf. Otak yang menerjemahkan peradangan akan menjadi dengungan dalam telinga. Coba ketuk-ketuk kepala Anda untuk menghilangkan suara yang mengganggu tersebut. Caranya, tutup kedua telinga dengan telapak tangan. Arahkan jari-jari ke bagian belakang dan menempel pada bagian belakang kepala. Simpan jari telunjuk di atas jari tengah lalu gerakkan mengetuh seperti dentuman drum. Karena jari menyentuh kepala, suara yang terdengar akan cukup keras namun hal tersebut normal.

2. Biarkan sebentar. Telinga yang berdengung akan reda dalam beberapa jam. Anda bisa mengalihkan perhatian dengan beristirahat serta menjauh dari apapun yang bisa memperparah kondisi ini. Jika kondisi tersebut tidak kunjung reda dalam kurun waktu 24 jam, kunjungi dokter untuk mendapatkan solusi.

3. Kunjungi dokter. Umumnya, tinnitus disebabkan oleh kondisi yang bisa diatasi. Mengatasi kondisi penyebabnya bisa meredakan suara dengungan. Anda bisa meminta dokter untuk mengeluarkan kotoran telinga atau bisa juga membersihkan telinga sendiri. Mengeluarkan timbunan kotoran telinga bisa membantu meredakan gejala tinnitus. Konsultasikan pula obat yang akan digunakan. Bicarakan mengenai efek sampingnya.

4. Lakukan teknik meredam suara. Teknik meredam suara dipakai dokter untuk menyamarkan suara dengungan pada telinga. Teknik ini menggunakan peralatan dan cara tertentu. Pertama, menggunakan mesin derau putih yang mengeluarkan suara seperti tetesan hujan atau embusan angin yang mungkin dapat meredam dengungan pada telinga. Bisa juga menggunakan humidifier, kipas angin, dehumidifier serta AC yang bisa digunakan sebagai mesin derau putih.

5. Gunakan obat-obatan untuk mengurangi gejala tinnitus. Meminum obat bisa menyamarkan suara dengungan. Biasanya dokter menggunakan antidepresan trisiklik yang cukup efektif mengatasi tinnitus berat. Namun, obat ini memiliki efek samping seperti mulut kering, konstipasi, pandangan buram, serta masalah jantung. Selain itu, bisa juga menggunakan alprazolam yang juga dikenal dengan nama xanax yang efektif mengurangi dengungan. Namun, obat ini menyebabkan ketergantungan. Ekstrak gingko juga bisa dikonsumsi tiga kali sehari bersama makanan untuk membantu melancarkan aliran darah ke leher dan kepala.

Semoga artikel mengenai tips cara mengobati telinga berdengung terus menerus ini bermanfaat untuk anda.

By Nida Saripah - Tips Rabu, 10 Agustus 2016 08:13:06

Related Post :
Kesehatan
Pertolongan Pertama Saat Vertigo…

Pertolongan pertama saat vertigo…

Kesehatan
Pertolongan Pertama Pada Penderita…

Pertolongan pertama pada penderita…

Kesehatan
Penyebab Pembuluh Darah Pecah…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Penyakit
Komplikasi Batu Empedu Dan…

Batu empedu merupakan kondisi…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Alami
Atasi Sembelit Dengan Ramuan…

Cara mengobati sembelit secara…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Meski Berhijab

Wanita yang mengenakan hijab berarti…

Tips
Tips
Cara Mudah Mengencerkan dan Mengeluarkan Dahak pada Bayi

Cara mudah mengencerkan dan mengeluarkan…

Kirim Pertanyaan
Top