Ini Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui!

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat spirulina entah itu bagi kesehatan, kecantikan, wajah hingga rambut mungkin bukan rahasia umum lagi bagi sebagian masyarakat. Akan tetapi, sebagian masyarakat lainnya mungkin salah satunya anda belum mengetahui berbagai keistimewaan dari tanaman yang satu ini. Dan untuk mengetahui, sebaiknya anda menyimak ulasan singkat berikut ini.


Apakah anda pernah mendengar spirulina? ya mungkin istilah tersebut masih terdengar asing di telinga masyarakat awam. Adapun spirulina sendiri adalah sejenis tanaman, yang akhir-akhir ini marak di gunakan sebagai suplemen, lantaran kandungan didalamnya yang disebut-sebut cukup tinggi dan baik untuk tubuh. Lalu sebenarnya, apa itu spirulina?

Spirulina adalah ganggang renik (mikro alga) yang mana bersel tunggal, berbentuk spiral dan juga berwarna hijau kebiruan. Sejatinya, alga ini telah hidup sejak lama, hidup pada semua ekosistem, baik itu daratan maupun perairan (air tawar amaupun air asin). Namun, potensi untuk dijadikan suplemen yang memiliki khasiat luar biasa belum lama terungkap.


Adapun karakteristik dari tanaman spirulina sendiri adalah sebagai berikut:

  • Spirulina berbentuk spiral.
  • Spirulina merupakan jenis cyanobaceria atau bakterio yang mengandung klorofil dan juga dapat menjadi organisme yang melakukan proses fotosintesis gun membauat makanannya sendiri.
  • Didalamnya terkandung fikosianin yang cukup tinggi. Hal tersebut menyebabakan spirulina ini memiliki warna hijau kebiruan.
  • Spirulina mampu hidup dalam segala jenis ekosistem, seperti perairan, bak tawar, air laut, daun hingga media tanah.
  • Spirulina memiliki pH dengan kisaran 8,5-11.
  • Spirulina dapat bertahan hidup dalam suhu terendah 15 derajat celsius dan akan tumbuh secara optimal pada suhu 35-40 derajat celsius.

Pada saat dipanen dengan cara dipanen dengan cara yang benar dan tidak terkontaminasi, spirulina diketahui bisa menjadi sumber nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan menurut berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli, kita bisa mendapatkan nilai pesentase protein yang lebih tinggi dalam spirulina, jika dibandingkan dengan protein yang terkandung dalam manfaat kedelai dan juga daging.

Kandungan nutrisi dan zat alami yang terdapat dalam spirulina

Spirulina di ketahui sangat kaya akan kandungan vitamin, nutrisi, nilai gizi dan zat alami lainnya yang baik untuk tubuh. Adapun dalam takaran 100 gr spirulina terkandung berbagai kandungan berikut:


Energi, Karbohidrat, Gula, Serat Makanan, Lemak, Lemak Jenuh, Protein, Monounsaturated, polyunsaturated, Tryptophan, Treonin, Isoleusin, Leusin, Lysin, Metionin, Sistin, Fenilalanin, Tirosin, Valin, Arginin, Histidin, Alanin, Asam Aspartat, Glutamat, Glysin, proline, Serine, Vitamin A Equiv, Beta-karoten, Lutein zeaxanthin. Thiamin (B1) Ribovlafin (B2), Niacin (B3), Asam Pantotenat (B5), vitamin B6, Folat (B9), Vitamin B12, Kolin, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, Kalsium, Zat besi, Mangan, Magnesium, Fosfor, Potasium, Sodium, Seng dan air.

Khasiat dan manfaat spirulina bagi kesehatan dan tubuh secara menyeluruh

Dari banyaknya kandungan senyawa alami yang terdapat di dalam spirulina, tak heran jika tanaman ini banyak dijadikan sebagai suplemen tubuh. Sebut saja beberapa diantara produk spirulina yang tengah populer di Indonesia diantaranya seperti spirulina tiens, spirulina hpai, spirulina kapsul, spirulina synergy, spirulina sea quill dan masih banyak lagi lainnya.

Adapun diluar itu, berikut adalah berbagai khasiat yang dimiliki oleh spirulina terlebih untuk kesehatan.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Spirulina diketahui dapat menjadi alternatif untuk menyembuhkan kanker, lantaran bahan alami yang satu ini mampu menambahkan daya tahan tuhuh. Hal tersebut di sebabkan spirulina sendiri dapat meningkatkan antibodi, meningkatkan protein pencegah infeksi (cytokines), dan juga sel-sel lainnya dalam tubuh yang berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini juga mampu membantu proses penyembuhan terhadap terjadinya infeksi hingga berbagai jenis penyakit kronis.

2. Menjadi suplemen alami

Sekitar 62% spirulina terdiri daripada asam amino, sehingga tanaman yang satu ini terkandung banyak protein serta nutrisi lainnya. Sehingga tak jarang, spirulina ini sering kali dijadikan sebagai suplemen alami bagi mereka yang tkurang atau tidak mendapatkan asupan kalori dan protein secara maksimal hingga meraka yang tengah melakukan program diet.

3. Membantu mengatasi alergi

Spirulina ini juga berfungsi untuk melawan terjadinya suatu reaksi alergi. Hal tersebut lantaran fungsi spirulina juga mampu mencegah pelepasan histamin atau zat yang dapat menimbulkan alergi.

4. Mengatasi anemia

Spirulina juga diketahui dapat menstabilkan sel-sel darah merah, sel-sel darah putih, serta hemoglobin. Spirulina juga dapat meningkatkan hematopoiesis atau pembentukan sel darah merah. Hal tersebut lantaran kandungan zat besi yang terkandung dalam spirulina, sangat berguna untuk mengatasi anemia.

5. Mengatasi permasalahan pada liver

Bahan alami yang satu ini mampu mengobati keruksakan yang terjadi pada liver dan sirosis (gagal liver) yang terjadi pada hepatitis kronis.

6. Berperan sebagai antikanker

Spirulina mampu membantu fungsi kardiovaskular dan juga keseimbangan kolesterol, meningkatkan proses detoksifikasi dan memperbaiki pencernaan. Dan yang terpenting mampu meminimalisir resiko terkana kanker dengan cara melindungi tubuh dari radikal bebas.

7. Mengurangi efek kemotrapi

Manfaat dari spirulina yang lainnya adalah dapat meminimalisir efek samping kmoterapi. Dimana saat pasien tengah menjalani kemoterapi biasanya mengalami, mual, muntah, tenggorokan kering, usah tidur, cemas, tidak nafsu makan dan kepala pusing.

8. Membantu menurunkan berat badan

Spirulina yang memiliki kandungan serat dan juga protein yang cukup mumpuni, bisa menjadi sumber pangan yang baik untuk dikonsumsi selama anda diet. Hal tersebut lantaran kedua kandungan tersebut bisa membantu anda menjadi kenyang lebih lama. Akan tetapi, dampingi juga dengan diet yang konsisten dan seimbang, serta olahraga teratur sehingga hasil dari program diet anda bisa memuaskan.

9. Meningkatkan kesehatan dan fungsi otak

Beberapa studi telah menunjukkan bahwasannya spirulina benar-benar mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan kesehatan mental. Spirulina juga telah terbukti dalam mencegah hilangnya memori dengan mengurangi keruksakan oksidatif dan juga melindungi otak dari penyakit degeneratif seperti alzheimer dan parkinson.

10. Menormalkan tekanan darah

Selain melakukan diet, olahraga dan melakukan gaya hidup sehat, cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menjaga tekanan darah tinggi agar tetap terkontrol adalah dengan mengonsumsi spirulina. Menurut sebuah studi di Meksiko, baik pria maupun wanita yang mengonsumsi sekitar 4,8 g spirulina setiap hari, maka dapat mengurangi tekanan darah tinggi hanya dalam rentan waktu enam minggu, dengan catatan tanpa adanya perubahan pola makan.

Selain dari pada itu, spirulina juga diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut, payudara, wajah, kulit, ibu hamil, ibu menyusui, promil, mengatasi sakit maag, asam lambung tinggi, asam urat bahkan baik untuk kecantikan seperti menjadi masker wajah alami, untuk mengatasi jerawat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait manfaat spirulina yang luar biasa untuk kesehatan dan tubuh. Kami juga memiliki rekomendasi terbaik Walatra Spirulina Platensis G, yang mana satu-satunya produk spirulina yang memiliki khasiat jauh lebih efektif didalamnya lantaran menggunakan teknologi nano dalam pembuatannya. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan salam sehat!

By Nida Saripah - Manfaat Selasa, 09 Januari 2018 11:59:24

Related Post :
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Mengenal khasiat dan manfaat…

Kesehatan
Ingin Terhindar dari Depresi…

Tekanan pekerjaan dan aktivitas…

Kesehatan
Ketahui Penyebab Gusi Berdarah…

Ketahui penyebab gusi berdarah…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Kandungan nutrisi dan manfaat…

Daun
Inilah Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Herpes…

Herpes zoster adalah kondisi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Akar Alang-alang Untuk Kesehatan

informasi tentang akar alang-alang, kandungan…

Manfaat
Manfaat
Beragam Manfaat yang Bisa Didapat dari Daging Rusa

Mengetahui kandungan nutrisi dan beragam…

Kirim Pertanyaan
Top