Obati Sembelit Pada Bayi Di Rumah Dengan Cara Alami Ini

Share dan Tag Temanmu di :

Sembelit merupakan kondisi yang sangat tidak menyenangkan bagi orang dewasa bahkan sembelit juga sering terjadi pada bayi. Anda dapat menyembuhkan sembelit pada bayi dengan memberikan obat alami yang aman untuk bayi.


Apabila bayi anda terus menerus menangis dan jarang buang air besar kemungkinan mengalami sembelit maka anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan alami yang dapat anda buat di rumah, berikut dibawah ini :

1. Obat pencahar alami

Obat pencahar alami yang aman bisa anda buat untuk bayi dengan cara merendam buah plum dengan air panas kemudian biarkan semalaman setelah itu minum 1 sendok rendaman buah plum tersebut pada bayi anda.

Apabila anda susah menemukan buah plum, gunakanlah apel yang dicincang, buah persik, pir, kacang polong, dan bayam yang dikenal bisa mengobati sembelit secara alami pada bayi.

2. Pengobatan melalui ASI

Anda perlu meningkatkan asupan air minum hingga 6 atau 7 gelas air putih setiap hari dan juga mengkonsumsi obat pencahar alami seperti buah plum atau apelm karena bayi dapat merasakan apa yang dikonsumsi ibunya melalui ASI yang diminum.

3. Gula

Campurkan 1/2 sdt gula merah dalam 1 ons air lalu berikan pada bayi 3 kali sehari sebelum makan.

4. Sari buah kismis

Encerkan sari buah kismis untuk membantu mengatasi sembelit. Apabila anak anda lebih tua dari 4 bulan, campurkan 4 ons susu ASI atau susu formmula dengan 1 ons jus kismis, berikan sehari 2 kali. Namun jika anak anda kurang dari 4 bulan, cukup 1 sdm sari buah kismis dan 4 ons susu ASI atau susu formula, diminum sehari 2 kali untuk mengatur pergerakan usus.

5 Sirup jagung hitam

Sirup jagung hitam obat yang efektif untuk menyembuhkan sembelit pada bayi, berikan 4 ons air dan 1 sdt sirup jagung hitam sehari 2 kali. Perhatian, dinginkan sebelum diminum oleh bayi dan jangan gunakan obat ini jika anda sudah memberikan larutan gula pada bayi.

6. Pelumasan ke anus

Oleskan pelumas berbasis air ke anus bayi sehingga akan melumasi bagian ekskretoris untuk mengurangi ketidaknyamanan atau ketika mengganti popok, gosoklah disekitar anus serta seka dengan lembut untuk mendorong fesesnya.

7. Ramuan herbal

Rebuslah 1/2 liter air lalu tambahkan bagian yang sama dari akar licorice dan biji adas kemudian didihkan selama 18 hingga 18 menit biarkanlah hingga dingin, dan berikan 1 sdt setelah 1/2 jam.

Hal yang Harus Dilakukan

  • Anda harus bisa menjaga bayi dari dehidrasi.
  • Aturlah waktu secara teratur untuk mendorong anak untuk buang air besar.
  • Konsumsi makanan agar bayi tidak sembelit seperti jus (apel, prune, pir) pada bayi, encerkan dengan air, jika tidak dapat memicu diare, maupun kembung.
  • Apabila anda sedang menyusui, hilangkan produk susu dari diet.
  • Juga termasuk aktivitas fisik seperti berlari, melompat, berjalan, untuk membantu fungsi sistem pencernaan yang benar.

Perhatikan Hal-hal yang Dilarang

  • Jangan berikan minuman susu sapi pada bayi karena sulit dicerna, dan sebaiknya berikan susu kedelai yang bergizi yang mudah dicerna.
  • Jangan pindah ke formula rendah zat besi karena tidak akan memperngaruhi sembelit, dan akan menghambat perkembangan anak.
  • Hindari sereal beras, pisang, wortel, roti putih, apel, produk susu kecuali yoghurt, pasta, atau kentang dan jangan menahan diri dari makan-makanan olahan.

By Ana Rediana - Ibu Dan Anak Rabu, 10 Januari 2018 14:38:24

Related Post :
Tips
3 Tips Tetap Cantik…

Meskipun sudah memasuki usia…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Madu…

Berikut adalah khasiat dan…

Penyakit
Ketahui Bahaya Gigi Berlubang…

Dalam bahasa medis penyakit…

Alami
Obat Hepatitis Alami Terbaru…

Obat hepatitis alami terbaru…

Kesehatan
Menu Makanan Sehat Untuk…

Menu makanan sehat untuk…

Kesehatan
Amankah Mengatasi Rematik dengan…

Pada umumnya, penyakit ini…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Cara Penanganan Asma Yang Tepat Pada Anak

Berbagai cara penanganan asma pada…

Ibu Dan Anak
Anak Sering Berteriak ? Hadapi dengan Cara Berikut Ini !

Berteriak bisa menjadi kebiasaan buruk…

Ibu Dan Anak
Tips Cara Agar Anak Mau Makan Buah

Si kecil susah makan buah…

Kirim Pertanyaan
Top