Beberapa Kemungkinan Penyebab Benjolan Di Belakang Telinga

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab benjolan di belakang telinga sebelah kiri maupun kanan dapat disebabkan oleh beberapa kondisi. Apa sajakah itu? Namun anda juga ada baiknya perlu mewaspadai beberapa penyakit yang dapat menyebabkan munculnya gejala tersebut.


Dalam kebanyakan kasus, benjolan ditelinga pada dasarnya tidak bersifat berbahaya dan jarang berkembang menjadi suatu kondisi yang mengancam nyawa. Biasanya, benjolan di belakang telinga tersebut bisa disembuhkan dengan mengonsumsi obat medis yang diresepkan oleh dokter. Akan tetapi, pada beberapa kasus tertentu, kondisi ini juga dapat menandakan adanya masalah kesehatan lainnya yang lebih serius.

Salah satunya seperti radang tenggorokan dan infeksi mononucleosis (virus epstein-Barr) yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Kondisi tersebut biasanya dapat menyebabakan pembengkakan didalam atau sekitar leher dan wajah, hingga mengakibatkan timbulnya benjolan di belakang telinga. Adapun kondisi selengkapnya yang dapat memicu timbulnya benjolan di belakang telinga, seperti bisa anda ketahui dalam ulasan berikut.

Penyebab benjolan ditelinga yang perlu diwaspadai

Berikut adalah penyebab munculnya bejolan di belakang telinga yang diakibatkan oleh beberapa kondisi kesehatan.

1. Otitis media

Otitis media adalah salah satu penyakit pada telinga berupa infeksi yang terjadi pada telinga bagian tengah. Tak jarang infeksi tersebut menyebabakan peradangan berupa bengkak, kemrahan hingga penumpukan cairan dibelakang telinga Sehingga tak jarang berbagai gejala tersebut mengakibatkan adanya benjolan di belakang telinga yang dapat terlihat.

Pada umumnya, kondisi otitis media ini kebanyakan dapat hilang dengan sendiri tanpa perlu melakukan pengobatan dalam kurun waktu 3-5 hari. Akan tetapi jika dibutuhkan, anda juga bisa mngonsumsi ibu profen atau paracetamol untuk meredakan demam tinggi dan juga nyeri. Meski begitu, tentunya akan lebih efektif, jika anda pergi ke dokter saat menemukan bejolan di belakang telinga tersebut.

2. Abses

Abses umumnya terjadi pada saat tubuh tengah melawan infeksi di sel atau jaringan tubuh. Dan untuk memerangi virus atau bakteri, tubuh mengirim sel darah putih ke tempat yang terinfeksi, misalnya dibelakang telinga.

Sel darah putih, bakteri, sel dan jaringan tubuh yang bertempur dan mati kemudian  akan menumpuk dalam bentuk nanah dan mengakibatkan benjolan di belakang telinga. Umumnya abses kecil kemungkinan bisa mengecil, mengering dan hilang secara alami tanpa pengobatan apapun. Namun berbeda dengan abses yang lebih besar prlu diobati dengan antibiotik. Serta nanahnyapun perlu dikeringkan dengan bantuan dokter.

3. Mastoiditis

Apabila infeksi yang terjadi pada telinga tidak segera diobati, maka bakteri dapat menyebar ke tulang mastoid yang berda di belakang telinga serta menyebabakan mastoiditis. Dan sebagai akibatnya, akan muncul benjolan di belakang telinga yang disertai demam, radang serta keluarnya cairan dari dalam telinga.

Umumnya, mastoiditis sendiri bisa diobati dengan antibiotik oral, obat tetes telinga serta pembersihan rutin oleh dokter. Akan tetapi, jika pengobatan tersebut tidak berhasil, maka operasi mungkin perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya komplikasi lebih lanjut.

4. Limfadenopati

Kondisi ini merupakan pembengkakan kelenjar getah bening yang biasanya disebabkan oleh infeksi, peradangan bahkan kanker. Dan perlu anda ketahui bahwasnnya kelenjar yang ada di bawah lengan, leher, panggul, dan belakang telinga ini bisa membengkak sewaktu-waktu, namun jangan ragu untuk mengkonsultasikan dengan dokter apabila anda menemukan benjolan di belakang telinga.

Adapun selain dari pada, itu, beberapa kondisi lainnya juga bisa menjadi pemicu benjolan dibelakang telinga seperti:

  • Kista sebasea: Benjolan non-kanker yang timbul dibawah kulit dan berkembang disekitar kelenjar sebasea (kelenjar keringat).
  • Jerawat
  • Lipoma: Benjolan lemak yang tumbuh diantara lapisan kulit. Bisa tumbuh dimana saja, termasuk di belakang telinga dan umumnya tidak berbahaya.

Meski penyebab benjolan dibelakang telinga pada dasarnya tidak bersifat berbahaya, namun ada baiknya anda memeriksakannya ke dokter adaripada anda menebak-nebak sendiri penyebab dari kondisi anda. Terlebih jika benjolan dibelakang telinga terasa sakir, kemerahan, kenyal, vbenjolan berisi cairan, benjolan makin membesar, muncul secara tiba-tiba atau disertai gejala yang lainnya. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

By Nida Saripah - Penyakit Kamis, 11 Januari 2018 12:00:33

Related Post :
Kesehatan
Benarkah Menelan Biji Jambu…

Mitos tentang menelan biji…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Beluntas…

Kegunaan, khasiat dan manfaat…

Tips
Cara Menambah Tinggi Badan…

Memiliki masalah tinggi badan,…

Obat Kimia
Fakta Carisoprodol dalam Tablet…

Berikut ini merupakan beberapa…

Tips
Cara Alami Melancarkan Buang…

Cara melancarkan buang air…

Manfaat
Manfaat Trigliserida dalam Tubuh…

Jika dalam kadar normal,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih

  • Kesehatan

    1 Balasan

    Penyakit

    apa qnc dpt menyembuhkan benjolan di vagina

  • konsultasi

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat


Penyakit
Perhatikan ! Ini Bedanya Sakit Amandel Dan Radang Tenggorokan

Informasi tentang perbedaan sakit amandel…

Penyakit
Hepatitis B dan Komplikasinya

Hepatitis B dan komplikasinya yaitu…

Penyakit
Menyeramkan! Ini Bahaya Komplikasi Sinusitis Yang Bisa Terjadi

Menyeramkan! Ini bahaya komplikasi sinusitis…

Kirim Pertanyaan
Top