Jangan Membawa Buah saat Menjenguk ke RS! Ini Alasannya

Share dan Tag Temanmu di :

Buah-buahan, makanan, atau bahkan bunga merupakan sesuatu yang biasanya dibawa ketika mengunjungi keluarga, saudara, teman, atau rekan kerja yang sedang di rawat di rumah sakit. Hal ini memang sepertinya sudah menjadi sebuah kebiasaan. 

Meskipun memiliki tujuan yang baik, tetapi pakar kesehatan menyebutkan bahwa sebaiknya kita tidak membawakan buah ataupun bunga ketika menjenguk pasien di rumah sakit. Mengapa demikian ? Ternyata ada alasan mengapa sebaiknya jangan membawa buah saat menjenguk ke rumah sakit


Mungkin banyak yang berpendapat bahwa buah pasti baik untuk kesehatan dan tidak membahayakan. Namun, Anda harus benar-benar berhati-hati ketika ingin memberikan buah-buahan ketika menjenguk pasien di rumah sakit. 

Hal ini disebabkan karena tidak semua pasien bebas mengonsumsi jenis buah apapun. Misalnya, pasien dengan gangguan ginjal tidak boleh mengonsumsi belimbing karena dapat menyebabkan toksin. Pasien diabetes juga sebaiknya tidak mengonsumsi buah yang memiliki kadar indeks glikemik yang rendah seperti apel, stroberi, jeruk, dan buah pir. 

Anda juga harus berhati-hati jika ingin membawakan buah bagi pasien yang memiliki riwayat penyakit lambung atau yang baru saja menjalani operasi. Buah-buahan tertentu seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali bisa memperparah penyakit refluks asam lambung (GERD). 

Karena memang sulit untuk menentukan jenis buah-buahan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh pasien penyakit tertentu, maka sebaiknya hindari membawakan buah-buahan saat menjenguk pasien. Kecuali jika Anda memang sudah menanyakan pada pasien atau keluarganya mengenai jenis buah apa saja yang aman untuk dikonsumsi.

Sedangkan untuk bunga sendiri, meskipun akan mempercantik ruangan, namun ada beberapa bunga yang memiliki kandungan bakteri yang bsia memicu infeksi nosokominal, infeksi yang terjadi di rumah sakit. Memang keberadaan bakteri ini masih belum bisa benar-benar dipastikan, namun sebaiknya memang kita tidak membawanya untuk mencegah kemungkinan ini.

Selain itu, sebuk sari pada bunga juga dikhawatirkan bisa memicu alergi, khususnya bagi mereka yang cukup sensitif. Pasien dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah karena mengidap kanker, HIV/AIDS, atau masalah kesehatan di organ pernafasan juag sebaiknya tidak diberi bunga karena ada risiko terkena parasit atau jamur dari bunga tersebut.

Walaupun begitu, Anda masih bisa memberikan hadiah lainnya yang tidak kalah menarik dan bermanfaat kepada orang yang Anda kasihi. Misalnya, memberikan kartu ucapan agar lekas sembuh, buku, majalah, permainan yang mudah dan simpel seperti  buku teka-teki silang yang bermanfaat untuk mengusir kebosanan. 

Selain itu, Anda juga bisa memberikan perlengkapan pribadi, seperti kaos kaki, lip balm, atau sesuatu yang bisa membuah mereka merasa lebih rileks dan bisa beristirahat dengan baik, seperti penutup mata. 

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 11 Januari 2018 14:11:24

Related Post :
Penyakit
Hindari Makanan dan Minuman…

Hindari makanan dan minuman…

Tips
Cara Membuat Kopi Hijau…

Cara membuat kopi hijau…

Kesehatan
Cara Membedakan Demam yang…

Demam akibat infeksi virus…

Alami
Cara Alami Mengobati Luka…

Cara alami mengobati luka…

Ibu Dan Anak
Penyakit Asma Tingkatkan Risiko…

Menurut sebuah penelitian, penyakit…

Kesehatan
Mengetahui Gejala dan Cara…

Mengetahui gejala dan cara…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Nyeri Pada Payudara? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Berikut adalah penyebab nyeri pada…

Kesehatan
Kesalahan Umum saat Menyikat Gigi yang Harus Dihindari

Menyikat gigi merupakan hal yang…

Kesehatan
Jenis-Jenis Makanan Kaya Probiotik yang Baik untuk Pencernaan

Secara alami probiotik memang sudah…

Kirim Pertanyaan
Top