Heboh! Benarkah Minum Air Kencing Unta Bisa Sembuhkan Kanker ?

Share dan Tag Temanmu di :

Air kencing unta pada saat ini kembali ramai diperbincangkan. Baru-baru ini beredar rumor yang mengatakan bahwasannya air kencing hewan gurun ini ampuh untuk menyembuhkan penyakit kanker. Apakah hal demikian benar adanya? Dan bagaimana menurut pakar kesehatan akan hal ini? Informasi selengkapnya bisa anda ketahui dalam ulasan singkat berikut!


Akhir-akhir ini, sosial mdia di gegerkan dengan saran minum air kencing unta yang katanya baik untuk kesehatan. Bahkan mereka yang percaya dengan hal tersebut, berpendapat bahwasannya urin unta mengandung banyak zat bermanfaat yang bisa menyembuhkan kanker hingga penyakit serius lainnya.

Berita tersebut sendiri bermula dari vidio Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI, Bachtiar Nasir. Ia mengunggah vidio yang tengah memperlihatkan dirinya tengah minum air kencing ubnta yang juga dicampur dengan susu unta. Dan tak lama dari itu, vidio itupun menjadi viral bahkan sudah di tonton lebih dari 190.000 kali  oleh warganet.

Penjelasan pakar kesehatan terkait air kencing unta bisa sembuhkan kanker

Air kencing unta sendiri sejatinya memang telah dijadikan sebagai obat alternatif di beberapa wilayah ASIA dan Afrika sejak zaman dahulu. Akan tetapi, hingga saat ini klaim manfaat tersebut masih di ragukan dan belum diteliti secara lebih lanjut oleh dunia kedokteran moderen.

Dalam sebuah percobaan, sampel jaringan di cawan petri, urin unta diktehui memiliki kemampuan untuk memblokir produksi trombosit berlebihan. Hal tersebut serupa dengan cara kerja obat pengencer darah, seperti obat antiplatelet, aspirin dan clopidogrel yang banyak digunakan. Peneklitian yang lain pun menemukan hasil yang sama, namun lagi dan lagi percobaan tersebut hanya dilakukan pada sampel darah bukan pada manusia secara langsung.

Adapun untuk masalah kanker, dokter spesialis kanker, Prof. DR. dr. Soehartati A. Gondhowiardjo, Sp.Rad (K) Onk.Rad juga  angkat suara. Menurut beliau, hingga saat ini ia belum menemukan riset terkait kebenaran rumor air kencing unta tersebut. Beliau juga mengungkapkan bahwasannya untuk menetapkan obat, perlu penelitian yang cukup panjang.

"Prosesnya sedemikian panjang. Maka, tidak bisa begitu saja menetapkan sesuatu yang membawa manfaat jika tidak dilalkukan serangkaian penelitian" Tuturnya saat di wawancarai oleh salah satu reporter stasiun Televisi Swasta.

dr. Soehartati juga menjelaskan, bahwasannya tahap pertama yang perlu dilakukan apabnila ingin mengetahui apakah kencing unta bermanfaat adalah dengan purifikasi. Tahap tersebut dilakukan untuk mengetahui bahan aktif apa yang terkandung dan diuji pada cawan petri.

Setelah itu, kencing unta dapat diujicobakan pada hewan. Jika aman kencing unta dapat diberikan pada manusia dan dilihat apakah ada manfaat serta efek sampingnya. Dokter spesialis kanker tersebut juga menyarankan untuk tidak mudah percaya terhadap isu dan hoax kesehatan sebelum terbukti kebenarannya.

Selain itu, sejak tahun 2015 organinasai kesehatan dunia atau WHO (World Health Organization) juga telah melarang masyarakat untuk meminum air kencing unta karena dipercaya dapat mematikan. Hal tersebut lantaran air kencing unta dianggap sebagai salah satu perantara penyebaran penyakit MERS (Middle East Respiratoty Syndrome) dari hewan ke manusia.

Bagi mereka yang mempercayai urin unta untuk pengobatan bahkan kanker, biasanya mereka mencampurkan urin unta dengan susu unta sebelum diminum sehingga rasa urinnya bisa tersamarkan. Adapun kabar terkait air kencing unta bisa sembuhkan kanker ini ada baiknya jangan percaya begitu saja. Sebaiknya, kita tunggu saja hasil penelitian para ahli yang akurat akan hal tersebut.

By Nida Saripah - Kesehatan Jum'at, 12 Januari 2018 10:35:15

Related Post :
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Ibu Hamil
Begini Cara Mencegah Preeklampsia…

Begini cara mencegah preeklampsia…

Penyakit
Waspadai Penyebab Kanker Serviks…

Waspadai dan ketahui berbagai…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita…

Berikut adalah berbagai jenis…

Kesehatan
Benarkah Bahan Makanan Organik…

Bahan makanan organik dipercaya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
8 Cara Untuk Mencegah Asma Agar Tidak Kambuh

Agar gejala asma tidak kambuh,…

Kesehatan
Ingin Mengganti MSG? Cobalah Penyedap Rasa Alami Ini !

Monosodium glutamat (MSG) atau disebut…

Kesehatan
Ini Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Jantung Koroner

Pilihan olahraga yang tepat dan…

Kirim Pertanyaan
Top