Obat Antibiotik Pelawan Bakteri Sulfamethoxazole

Share dan Tag Temanmu di :

Pada umumnya, obat antibiotik pelawan bakteri sulfamethoxazole dikombinasikan dengan trimethoprim yang sama-sama merupakan obat antibiotik. Kombinasi kedua obat tersebut dipakai untuk menangani infeksi seperti infeksi telinga bagian tengah atau otitis media, bronkhitis, infeksi saluran kemih, disentri akibat bakteri, keracunan makanan akibat bakteri, serta untuk mencegah dan mengobati jenis pneumonia parah. Pneumonia yang bisa diobati dengan sulfamethoxazole adalah tipe yang terlihat pada pasien dengan gangguan sistem kekebalan tubuh seperti AIDS, penderita kanker, serta pasien transplantasi. Karena hanya memiliki efek pada bakteri, sulfamethoxazole tidak bisa bekerja dalam mengatasi masalah karena virus seperti flu.


Obat yang hanya dikonsumsi oleh orang dewasa ini berbentuk tablet, obat suntik, dan obat cair. Tidak direkomendasikan untuk dipakai selama masa kehamilan dan menyusui. Hati-hati pula jika digunakan oleh orang dengan gangguan hati, gangguan ginjal, asma, anemia, serta porfiria. Obat ini bisa membuat penggunanya lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Oleh karena itu, pakai tabir surya ketika berada di luar ruangan. Jika dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes, obat ini dapat memberikan pengaruh terhadap level gula darah. Jadi disarankan untuk memeriksa gula darah secara teratur selama mengonsumsi obat ini. Jangan sampai gula darah terlalu rendah.

Habsikan semua antibiotik yang diresepkan dokter untuk mencegah bakteri berkembang kembali. Obat antibiotik pelawan bakteri sulfamethoxazole ini tidak bisa dikonsumsi oleh orang yang memiliki alergi terhadap sulfonamida. Mengenai dosisnya, secara umum dokter akan memberikan 1600 mg per hari yang dibagi menjadi beberapa dosis selama 5 sampai 7 hari. Dosis ditentukan berdasarkan tingkat keparahan penyakit, usia, kondisi kesehatan pasien, serta jenis infeksi.

Pastikan untuk mengonsumsi sulfamethoxazole dengan benar seperti membaca terlebih dahulu keterangan pada kemasan. Sebaiknya obat ini dikonsumsi saat makan. Disarankan untuk mengonsumsi air putih dengan porsi banyak untuk menghindari efek samping berupa batu ginjal. Untuk obat yang berjenis cair, kocok terlebih dahulu sebelum diminum agar tercampur dengan sempurna. Pakai sendok takar ketika meminumnya dan hindari penggunaan sendok makan agar dosisnya sesuai.

Meski gejala telah membaik, sebaiknya habiskan semua obat yang diresepkan dokter untuk mencegah infeksi bakteri datang kembali. Penggunaan obat antibiotik pelawan bakteri sulfamethoxazole umumnya akan mendatangkan efek samping seperti sakit kepala, muntah-muntah, anemia, mual, diare, serta nafus makan yang berkurang. Jika efek samping tersebut terjadi secara berkepanjangan, segera temui dokter.

By Sri Maryati - Obat Kimia Kamis, 11 Agustus 2016 07:37:16

Related Post :
Kulit
Cara Mencegah Dan Mengatasi…

Cara mencegah dan mengatasi…

Kesehatan
Metode Pengobatan Kanker Lambung

Banyak cara yang bisa…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Langkah Dan Cara Pencegahan…

Langkah dan cara pencegahan…

Penyakit
Ketahui Penyebab Sering Buang…

Ketahui penyebab sering buang…

Kesehatan
Kondisi Langka Ini Memicu…

Keluarnya keringat darah tentu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Dexamethasone Dipakai Untuk Penyakit Autoimun

Efek samping dan fungsi Dexamethasone…

Obat Kimia
Obat Diclofenac Untuk Mengobati Inflamasi atau Peradangan

Obat diclofenac yang dipakai untuk…

Obat Kimia
Metode Pengobatan Kutil Rekomendasi Dokter

Kutil bisa hilang dengan sendirinya…

Kirim Pertanyaan
Top