Penting! Ketahui Cara Mencegah Penyebaran Virus MERS Sejak Dini

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mencegah penyebaran virus MERS sebaiknya perlu di ketahui dan diperhatikan sejak dini. Meski belum ada laporan mengenai jatuhnya korban di Indonesia akibat kondisi ini, namun virus ini kini telah merebak hingga kawasan Asia seperti Korea Selatan. Lalu, bagaimana cara mencegah penyakit MERS? ketahui informasi selengkapnya hanya disini!


Pada tahun 2012 lalu, masyarakat di dunia sempat di gegerkan dengan fenomena kemunculan penyakit MERS (Middle East Respiratory), yang pada saat itu mulai mewabah di Arab Saudi. Penyakit yang menyerang saluran pernapasan ini diketahui telah menyerang ratusan orang disana.

Bahkan tak lama dari itu, wabah Midlle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) ini kembali merebak di Korea Selatan (Korsel) hingga menewaskan 2 orang warganya. Adapun Korsel sendiri merupakan negara ke-20 didunia yang disinggahi wabah MERS CoV ini. Sehingga WHO pun menghimbau kepada seluruh negara didunia untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan penyakit yang disebabkan oleh virus Corona ini.

Upaya dan cara mencegah penyebaran virus MERS

Virus MERS sendiri adalah virus corona yang mana merupakan salah satu jenis virus yang masih berkerabat dengan virus penyebab SARS. Adapun gejala utama MERS sendiri sebagian besar infeksi MERS berkembang menjadi penyakit saluran pernapasan berat dengan gejala demam, batuk, napas pendek, sesak napas hingga sulit bernapas.

Kondisi ini juga tak jarang menyebabkan penderitanya mengalami diare dan dapat menyebabkan komplikasi berupa radang paru dan juga gagal ginjal. Adapun penularan virus ini diketahui tidak secepat virus SARS, namun dianggap lebih berbahaya. Hingga saat ini belum ada vaksin khusus yang digunakan untuk pencegahan serangan virus ini.

Meski begitu, kemenkes memberikan beberapa cara pencegahan penularan MERS CoV, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Selalau melakukan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), termasuk diantaranya makan makanan bergizi dan cukup istirahat. Hal tersebut sangatlah penting lantaran penyakit ini kerap muncul akibat ketidakseimbangan sistem didalam tubuh.

2. Rajin dan sering-sering cuci tangan pakai sabun (CTPS). Secara ilmiah, kebiasaan baik ini telah terbukti dapat mencegah penularan penyakit.

3. Menggunakan masker. Apabila anda sedang berada ditengah keramaian atau didalam kerumunan banyak orang banyak ada baiknya saat anda gunakan masker.

4. Melakukan chek up sebelum berangkat ke Arab saudi. Jika memiliki penyakit kronis, sebaiknya chek up terlebih dahulu sebelum berangkat ke Arab Saudi. Seperti halnya diabetes mellitus, penyakit jantung, paru, gangguan ginjal atau penyakit kronis lainnya. Jangan lupa juga mengonsumsi obat yang telah diresepkan dokter secara teratur.

5. Berkonsultasi dengan dokter apabila mencurigai mengalami gejala MERS. Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami batuk, demam dan sesak bahkan memburuk pada 1-2 hari, saat tengah berada di Arab saudi atau negara yang tengah dilanda wabah penyakit ini.

6. Konsultasi kembali dengan dokter setelah pulang dari Arab Saudi, apabila dalam rentan waktu 14 hari sampai ditanah air mengalami keluhan serupa seperti batuk, demam dan sesak napas, serta memburuk pada 1-2 hari. Jangan lupa juga untuk menginformasikan bahwa anda baru saja pulang dari negara Arab Saudi.

7. Mengetahui dan memahami informasi terbaru terkait MERS. Hal tersebut lantaran info terkait MERS ini berubah dari hari ke hari. Sehingga tak ada salahnya jika anda selalu mengikuti berita mutakhir tentang perkembangan virus baru tersebut.

Selain dari pada itu, ada juga cara mencegah tertular MERS lainnya yang juga bisa dilakukan, seperti mematuhi praktik-praktik pengamanan makanan seperti menghindari daging yang tidak dimasak atau penyediaan makanan dengan kondisi sanitasi yang baik dan mencuci buah serta sayurann dengan benar selama berada di Arab Saudi.

Anda juga diingatkan sebisa mungkin untuk menghindari kontak yang tidak perlu dengan hewan-hewan yang diternakkan, hewan peliharaan dan juga hewan liar di arab saudi.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mencegah penyebaran virus MERS pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru untuk kesehatan anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Selasa, 16 Januari 2018 12:00:34

Related Post :
Kesehatan
Konsumsi Cairan Alami Ini…

Mengonsumsi cairan, khususnya air…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Penebalan…

Berikut adalah penyebab dan…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Gerakan yang kita lakukan…

Kesehatan
Mulut Terasa Manis ?…

Mulut terasa manis setelah…

Manfaat
Kandungan dan Manfaat Tepung…

Kandungan dan Manfaat Tepung…

Kesehatan
Ketahui 4 Makanan Yang…

Ketahui 4 makanan yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Perawatan Alami Setelah Keguguran Tanpa Kuret

Perawatan alami setelah keguguran tanpa…

Kesehatan
Metode Pengobatan Kanker Lambung

Banyak cara yang bisa dilakukan…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top