Ikuti Aturan Ini Agar Olahraga Lebih Bermanfaat Bagi Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Olahraga merupakan aktivitas yang banyak disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan, mulai dari lari, fitnes, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya. Aktivitas ini selain dapat dilakukan dengan mudah, tetapi juga dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk Anda. 

Namun, karena padatnya aktivitas, kadar membuat kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga. Padahal, sangat disarankan untuk berolahraga paling tidak sekitar 150 menit selama 5 hari dalam seminggu atau 30 menit sehari. 


Kapan waktu yang tepat untuk berolahraga ?

Banyak yang berpendapat jika olahraga paling sehat dilakukan ketika ada paparan cahaya matahari pagi. Hal ini disebabkan karena dapat memberikan tubuh vitamin D, selain karena udara di pagi hari juga lebih segar. 

Akan tetapi, perlu diketahui, manfaat olahraga bisa didapatkan secara optimal jika Anda mengikuti beberapa aturan main yang berlaku saat berolahraga. Maka dari itu, ikuti aturan ini agar olahraga lebih bermanfaat bagi tubuh !

  • Awali dengan pemanasan

Sebelum berolahraga sangat penting untuk melakukan pemanasan atau peregangan untuk mempersiapkan otot dan sendi untuk digunakan saat berolahraga. Jika tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga, maka bukan yidak mungkin Anda bisa mengalami cedera. Jadi, pastikan Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum mulai berolahraga. 

  • Perhatikan gerkana yang dilakukan

Olahraga tidak hanya sekedar mengandalkan otot, tetapi juga otak. Misalnya, jika Anda melakukan olahraga angkat beban, kemudian menempatkan sendi pada posisi yang salah, maka bisa saja Anda akan mengalami cedera sendi, otot, urat, atau tendon. 

  • Jangan berlebihan

Sangat berbahaya jika melakukan olahraga tanpa mengetahui batasan diri. Ini disebabkan karena olahraga yang terlalu dipaksakan atau melewati batasan yang dimiliki tubuh dapat membuat Anda berisiko mengalami henti jantung atau serangan jantung. Jadi, sebaiknya tidak melakukan olahraga secara berlebihan dan lakukanlah sesuai dengan kemampuan tubuh. 

  • Jangan lupa istirahat

Anda harus menyeimbangkan antara olahraga dan istirahat. Waktu istirahat atau pemulihan yang kuranga kan berakibat pada fungsi otot dan juga kebugaran. Otot yang tidak berfungsi dengan baik dapat meningkatkan risiko terjadinya cedera. 

Itulah beberapa aturan yang perlu dilakukan agar olahraga benar-benar memberikan manfaat yang optimal bagi tubuh. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu namun tetap ingin melakukan olahraga, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar Anda bisa mengetahui batasan-batasan yang harus dilakukan saat berolahraga. 

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 16 Januari 2018 14:14:30

Related Post :
Kesehatan
Jangan Abaikan Garis Hitam…

Jangan abaikan dengan garis…

Tips
Anda Pecinta Makanan Pedas?…

Makanan pedas diketahui memiliki…

Kesehatan
Awas! Meskipun Alami Jangan…

Bahan alami memang memiliki…

Tips
Cara Penggunaan Bawang Sebagai…

Cara mengolah dan penggunaan…

Penyakit
Mengenal Penyakit Anemia Sel…

Anemia merupakan kondisi dimana…

Obat Cina
Obat Herbal Kanker Tulang…

Obat herbal kanker tulang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Badan Lemas Setelah Olahraga? Atasi dengan Susu Coklat!

Selain minuman berenergi, ternyata susu…

Kesehatan
Stop ! 14 Kebiasaan Ini Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Kebiasaan buruk ini benar-benar harus…

Kesehatan
Ketahui Makanan dan Minuman Penyebab Migrain Kambuh

Ketahui makanan dan minuman penyebab…

Kirim Pertanyaan
Top