Hati-hati! Aktivitas Berbahaya Ini Harus Dihindari Selama Hamil

Share dan Tag Temanmu di :

Sebelum hamil memang boleh bebas melakukan apapun yang diinginkan. Namun setelah dinyatakan positif hamil oleh bidan atau dokter anda harus lebih ekstra berhati-hati, baik dalam hal berpikir, makan, merasakan, ataupun beraktifitas karena semua itu nantinya bisa mempengaruhi janin.


Namun tak berarti anda tidak boleh melakukan apapun, justru anda harus tetap aktif secara fisik sambil tetap banyak minum air putih karena dapat menyehatkan kehamilan, meningkatkan kualitas tidur, mencegah komplikasi, mempermudah proses persalinan, dan mendongkrak mood. Jadi anda cukup membatasi aktifitas fisik yang tidak aman saat hamil, berikut beberapa aktivitas yang dilarang saat hamil dianatranya:

1. Mengangkat beban berat

Tidak hanya mencederai punggung atau pinggul, mengangkat beban berat juga meningkatkan resiko bpcprnya air ketuban dan uterin prolaps / rahim melorot. Disarankan peluk benda tersebut sehingga dekat dengan tubuh dan selagi mengangkat perlahan tekuk ke dua lutut jangan melibatkan punggung atau memelintirkan tubuh. Jika anda pernah keguguran, dianjurkan jangan coba-coba mengangkat beban berat.

2. Bersepeda

Bersepeda bukan termasuk jenis olahraga yang boleh dilakukan ibu hamil, harus menunggu hingga trisemester kedua karena besarnya janin bisa mengganggu keseimbangan. Lebih alternatif dan aman hanya boleh dilakukan di trisemster kedua.

3. Berendam di air panas

Ketika tubuh mulai penat dan lelah rasanya memang plong jika berendam di air panas namun tehnik rileksasi ini harus dihindari selama kehamilan karena dapat meningkatkan resiko bayi cacat lahir dan infeksi jika airnya tidak bersih. Suhu air yang dianjurkan biasanya yang mendekati suhu tubuh ibu hamil.

4. Naik wahana ekstrim ditaman bermain

Walaupun anda type wanita yang menyukai tantangan dan menguji adrenalin namun ada baiknya jika selama hamil untuk menahannya. Apalagi jika kehamilannya disertai dengan gejala mual maka jauhi gerakan vertikal atau berputar seperti ketika naik roller coaster atau wahana ekstrim lain.

5. Jogging dan lari

Olahraga yang hanya boleh dilakukan ibu hamil jika sebelumnya memang sudah terbiasa melakukannya namun jika belum terbiasa, sebaiknya pilih jalan santai daripada lari atau jogging supaya resiko cedera akibat kehilangan kontrol tubuh dapat dicegah. Jadi buat para bumil hindari semua aktivitas yang melibatkan gerakan memantul, melompat, atau bergetar.

6. Olahraga yang berhubungan dengan kontak

Seperti olahraga basket, sepakbola, dan lainnya yang melibatkan kontak akan beresiko menghantam bagian perut, maka pada trisemester pertama harus dihindari.

Itulah beberapa aktifitas fisik yang harus dihindari selama hamil, semoga kehamilan anda sehat dan aman-aman saja sehingga si kecil bisa lahir dengan selamat.

By Ana Rediana - Ibu Hamil Selasa, 16 Januari 2018 15:50:30

Related Post :
Ibu Dan Anak
Kebiasaan Buruk yang Dapat…

Selain faktor genetik, juga…

Kesehatan
Bahaya Abu Vulkanik Letusan…

Saat terjadi letusan gunung,…

Kesehatan
Gejala Infeksi Kandung Kemih…

Infeksi kandung kemih terjadi…

Penyakit
Cara Mengatasi Bronkitis Yang…

Cara mengatasi bronkitis yang…

Alami
Obat Kista Bartholin Alami…

Obat kista bartholin alami…

Penyakit
Mengenal Perbedaan Eksim Kering…

Berikut adalah perbedaan eksim…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Kebutuhan Vitamin Dan Mineral Bagi Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, umumnya akan…

Ibu Hamil
Tanda Anda Akan Segera Melahirkan Jika Meraskan Hal ini

Tanda-tanda melahirkan anak pertama yang…

Kirim Pertanyaan
Top