Ini Perbedaan Miom Dan Kista Ovarium Yang Masih Jarang Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Perbedaan miom dan kista ovarium pada dasarnya masih jarang diketahui oleh masyarakat. Sehingga kedua jenis tumor jinak pada organ reproduksi tersebut tak jarang, sering dianggap sama oleh masyarakat. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membantu anda untuk lebih memhami perbedaan dari keduanya, sehingga anda bisa lebih mengenali gejala dan menghindari resikonya yang berbahaya dari kedua kondisi tersebut.


Pada dasarnya, perbedaan antara miom dan kista ovarium mudah dikenali jika dilihat dari bentuk dan letaknya. Miom sendiri merupakan pertumbuhan sel yang bersifat jinak dari otot dinding rahim. Sedangkan, kista ovarium merupakan kantung berisi cairan yang berkembang di ovarium atau indung telur. Kista ovarium sendiri bisa tumbuh di indung telur bagian kiri, kanan atau pada keduanya.

Perbedaan antara miom dan kista yang masih jarang diketahui

Adapun perbedaan antara mioma uteri dan kista ovarium sendiri bisa di dilihat berdasarkan gejala, penyebab, dan pengobatannya.

1. Perbedaan miom dan kista ovarium jika dilihat berdasarkan penyebab

Hingga saat ini penyebab mios secara pasti masih simpang siur. Namun ada beberapa faktor yang bisa memicu pertumbuhannya. Seperti:

  • Genetik. Apabila nenek, ibuatau saudarra kandung ada yang pernah mengalami riwat miom, maka anda juga berpotensi mengalami miom.
  • Hormon. Hormon esterogen dan juga progesteron yang di produksi oleh ovarium juga bisa memicun pertumbuhan miom.
  • Usia menstruasi yang terlalu dini. Penelitian menunjukkan wanita yang mengalami menstruasi pertama dibawah usia 10 tahun memiliki resiko terkena miom lebih tinggi.

Adapun berbeda dengan miom, kista ovarium sendiri tumbuhnsecara alami didalam tubuh wanita, terlebih pada wanita yang tengah berada dalam masa subur atau sedang haid. Akan tetapi, kista akan menimbulkan masalah apabila ukurannya terus membesar pada penyakit tertentu seperti endometriosis dan sindrom polisistik ovarium (PCOS).

2. Perbedaan miom dan kista ovarium jika dilihat berdasarkan gejala

Pada umumnya, miom sering tidak terdeteksi lantaran tidak menimbulkan gejala sama sekali. Terlebih jika ukurannya masih kecil dan sedikit. Adapun miom sendiri pada umumnya terdeteksi pada saat tengah menjalanu pemeriksaan USG rahim. Namun pada kasus tertentu, gejala miom muncul yang ditandai dengan adanya pendarahan dari vagina, perut kram, nyeri panggul saat menstruasi, serta sering buang air kecil.

Dan sama seperti pada miom, kista ovarium juga sering kali tidak menimbulkan gejala sama sekali. Gejala kista ovarium umumnya muncul, saat ukuran kista sudah membesar yang menyebabkan perut membear, kembung, mual, muntah, sakit saat berhubungan seksual, nyeri payudara, serta sakit di punggung dan paha. Adapun jika kondisinya semakin parah, maka penderita kista ovarium juga akan mengalami demam, lemas, serta nyeri panggul yang sangat mengganggu.

3. Perbedaan miom dan kista ovarium jika dilihat berdasarkan pengobatan

Pada umumnya, pengobatan miom dan kista ovarium hampir sama dan bahkan tidak ada perbedaan. Untuk kondisi ringan dengan gejala yamng tidak terlalu berat, dokter akan menyarankan pemeriksaan berkala untuk memantau kista maupun miom. Akan tetapi, jika gejala yang ditimbulkan cukup mengganggu, maka miom maupun kista ovarium perlu mendapatkan pengobatan.

Hal tersebut lantaran jika miom ataupun kista ovarium tidak segera mendapatkan penanganan maka bisa menimbulkan komplikasi berupa masalah kesehatan lainnya seperti anemia, torsi ovarium hingga pecahnya kista.

Adapun pengobatan miom bisa dilakukan dengan pemberian hormon, misalnya pil KB atau hormon gonadotropin. Apabila ukuran miom besar atau jumlahnya banyak, maka akan di perlukan tindakan operasi untuk pengangkatan miom. Dan serupa halnya dengan pengobatan miom, pengobatan pada kista ovarium juga pada awalnya dilakukan dengan pmberian hormon. Namun apabila jika ukuran kista sangat besar atau dicurigai terdapat kanker, maka akan diperlukan tindakan operasi.

Nah setelah anda kini telah mengetahui berbagai perbedaan miom dan kista ovarium, sbaiknya nda menjadi lebih waspada serta mulai menerapkan hidup sehat. Apabila anda merasakan beberapa gejala diatas, sebaiknya anda segera periksakan ke dokter. Semakin cepat miom dan kista ovarium terdeteksi serta diobati, maka akan menurunkan resiko gangguan yang lebih parah. Semoga bermanfaat!

By Nida Saripah - Penyakit Rabu, 17 Januari 2018 13:57:42

Related Post :
Kesehatan
Lakukan 4 Langkah Ini!…

Lakukan 4 langkah hal…

Penyakit
Sering Nyeri Saat Buang…

Anda sering mengalami nyeri…

Kesehatan
Perut Berbunyi Terus Menerus?…

Apakah anda sering mengalami…

Ibu Hamil
Penyebab Dan Cara Mengatasi…

Penyebab dan cara mengatasi…

Penyakit
Mengenal Penyakit Infeksi Ginjal…

Pernahkah Anda mendengar tentang…

Tips
Perhatikan Hal Penting Ini…

Perhatikan hal penting ini…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenal Gejala Dan Penyebab Penyakit Presbikusis

Tahukah anda apa itu penyakit…

Penyakit
Diagnosis Hidradenitis Suppurativa dan Cara Mengatasinya

Hidradenitis Suppurativa merupakan penyakit kulit…

Penyakit
Jenis-Jenis dan Risiko Penularan Penyakit Kutil

Penyakit kutil dilihat dari bentuk…

Kirim Pertanyaan
Top