Mengejutkan ! Ternyata Sinusitis Bisa Diobati dengan Ini

Share dan Tag Temanmu di :

Sinusitis merupakan inflamasi atau peradangan yang terjadi pada dinding sinus, yaitu rongga kecil berisi udara yang  terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinusitis termasuk salah satu jenis penyakit yang umum dialami oleh semua kalangan dan segala jenjang usia. 

Pada orang dewasa, sinusitis umumnya disebabkan karena pembengkakan dinding dalam hidung. Kondisi ini sering kali disebabkan oleh virus flu atau pilek yang disebarkan sinus dari saluran pernapasan atas. Faktor pemicu sinusitis pada orang dewasa selain inveksi virus adalah infeksi jamur, infeksi gigi, serta kebiasaan merokok. Selain itu, biasanya setelah terjadi pilek atau flu, infeksi bakteri sekunder juga bisa terjadi. Ini akan mengakibatkan dinding dari sinus mengalami peradangan atau inflamasi. 

Sementara itu, pada anak-anak sinusitis biasanya disebabkan oleh alergi, tertular penyakit dari anak-anak lain di sekitarnya, kebiasaan menggunakan dot ataupun minum dari botol dalam kondisi berbaring, dan tinggal di lingkungan yang penuh asap. 


Sebagian besar penderita sinusitis tidak perlu mengunjungi dokter, karena kasus yang disebabkan virus ini akan hilang dengan sendirinya. Namun, kondisi ini cukup mengganggu dan membuat penderitanya tidak nyaman. Jika Anda mengalami sinusitis ringan, obat-obatan pereda rasa sakit dan dekongestan mungkin akan membantu mengurangi gejala yang timbul. 

Selain itu, juga terdapat beberapa bahan alami yang diyakini dapat membantu mengobati sinusitis, salah satunya adalah minyak esensial. Minyak esensial tertentu dapat menajdi obat sinusitis alami untuk membantu meredakan dan menghilangkan infeksinya. 

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ada berbagai minyak esensial tertentu yang dapat menghilangkan gejala sinusitis. Berikut ini merupakan beberapa jenis minyak esensial yang bisa membantu mengobati sinusitis secara alami, diantaranya :

  • Minyak daun mint (Mentha piperita)

Mentol merupakan senyawa utama yang terkandung dalam daun mint. Mentol bisa menghasilkan sensasi dingin dan membantu melegakan napas. Minyak yang berasal dari tanaman asal Amerika ini memiliki aroma segar dan mint yang cukup tajam. Sifat dekongestan yang dimilikinya menjadikan minyak ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk membantu meredakan penyumbatan pernapasan, termasuk pada sinus. 

Namun, perlu diperhatikan, karena minyak mint ini memiliki sensasi dingin yang cukup kuat, maka minyak ini tidak disarankan untuk digunakan pada anak dengan usia dibawah 3 tahun. 

  • Tea tree oil (Melaleuca Alternifolia)

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menemukan bahwa tea tree oil atau minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antiradang. Dikarenakan peradangan dan bakteri di jaringan sinus sering menjadi penyebab penyumbatan, maka minyak ini dianggap mampu untuk meringankan gejalanya. Aroma minyak yang dibuat melalui proses penyulingan serta penguapan tanaman asam Australia ini akan terasa segar, hangat, dan sedikit menyengat. Maka dari itu, minyak ini dapat digunakan sebagai obat sinusitis alami.

  • Minyak rosemary (Rosmarinus Officinalis ct. Verbenon)

Minyak rosemary merupakan minyak yang memiliki kandungan hidrogen tertinggi dari semua minyak esensial yang membuatnya sangat menghangatkan. Minyak ini digunakan sebagai stimulan bagi kekebalan tubuh. Aromanya yang kuat, segar, dan menghangatkan membuat minyak ini berfungsi untuk meringankan masalah pernapasan seperti bronkitis, sinusitis, serta flu. 

Sifat mukolitik, dekone, dan ekspektoran yang dimiliki minyak ini membuatnya mampu meringankan lendir berlebih. Bagi Anda yang sedang dalam masa kehamilan dan memiliki tekanan darah tinggi atau gangguan kejang, maka sebaiknya hindari penggunaan minyak ini karena dapat berpotensi memberikan efek yang tidak diinginkan. 

  • Minyak eukaliptus (Eucalyptus Globulus dan Radiata)

Minyak eukaliptus dikenal sebagai obat dekongestan (pereda ghidung tersumbat dan gangguan pernapasan atas) yang baik karena kandungan antibakteri dan ativirus yang dimilikinya cukup kuat. Minyak ini biasanya digunakan sebagai aromaterapi karena aromanya yang manis, segar, dan tahan lama. 

Sebuah penelitian di tahun 2009 menemukan bahwa cineole, yang merupakan komponen utama minyak ini merupakan pengobatan yang efektif dan aman untuk sinusitis yang tidak mengandung antibiotik.

Menurut National Association for Holistic Aromatherapy (NAHA), 1,8 cineole dapat membantu membersihkan udara bakteri dan mikroba lainnya. Hal ini juga dapat membantu membersihkan saluran napas yang berlendir dan menjadi penekan batuk secara alami. Faktanya, banyak obat yang mengandung eukaliptus karena kandungan yang didalamnya sangat bermanfaat. 

Minyak ini bisa membantu mencegah serta menghilangkan gejala flu, sinusitis, dan bronkitis. Sifat antiradang yang dimilikinya mampu meredakan pembengkakan pada bagian dalam hidup dan mengobati masalah pencernaan. 

Untuk mendapatkan manfaat dari minyak esensial yang telah disebutkan diatas untuk membantu mengatasi sinusitis, Anda bisa menggunakannya dengan cara menghirupnya. Anda bisa menghirup minyak esensial dengan beberapa cara, mulai dari menghirup uap dengan meneteskan minyak esensial ke dalam air panas, menghirupnya secara langsung, menambahkan beberapa tetes minyak ke bak mandi sebagai aromaterapi, hingga digunakan untuk pijat aromaterapi. 

Perlu diingat, jangan menggunakan minyak esensial sebagai obat sinusitis dengan cara mengoleskannya langsung ke kulit. Pasalnya, cara ini dapat menyebabkan luka bakar, ruam, dan gatal. Sebelum menggunakannya, Anda harus mencairkannya dengan bahan lain, seperti minyak zaitun, minyak jojoba, air, atau lotion. 

Minyak esensial aman jika dihirup dalam dosis rendah dan periode singkat. Jika Anda menghirupnya dalam dosis tinggi dan dalam waktu yang lama, kemungkinan Anda akan mengalami pusing, sakit kepala, dan mual. Selain itu, usahakan agar minyak esensial tidak tertelan, pasalnya didalamnya terkandung senyaw akuat yang dapat menyebabkan efek samping yang beracun. 

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 18 Januari 2018 15:25:31

Related Post :
Daun
Mengenal Lebih Dekat Khasiat…

Selain sering kali di…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Kulit
Berbagai Faktor Penyebab Kulit…

Berbagai penyebab kulit wajah…

Kesehatan
Penyebab Penyakit Liver Kronis…

Penyebab penyakit liver kronis…

Kesehatan
Penyebab dan Cara Mencegah…

Meskipun tidak memiliki riwayat…

Alami
Pengobatan Polip Hidung Secara…

Pengobatan polip hidung secara…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Bahaya Sering Mengucek Mata Yang Harus Diketahui

Bahaya sering mengucek mata yang…

Kesehatan
Cara Sederhana Untuk Mencegah Asam Urat Tinggi

Pencegahan asam urat tinggi penting…

Kirim Pertanyaan
Top