Ternyata Nonton Film di Bioskop Menyehatkan! Ini Manfaatnya

Share dan Tag Temanmu di :

Untuk mengisi hari libur, tidak sedikit yang memilih untuk menghabiskan waktu untuk menonton film di bioskop bersama keluarga, teman, ataupun pasangan. Berbagai genre film bisa kita nikmati, mulai dari komedi, horor, romatis, dan lainnya. 

Apakah Anda pernah merasakan sedih hingga menitikan air mata atau tertawa terbahak-bahak saat menonton film di bioskop ? Jika iya, perlu diketahui jika emosi tersebut merupakan proses film mengolah kesehatan jiwa menjadi lebih baik. 

Bahkan, saat ini semakin banyak terapis yang memanfaatkan film sebagai resep proses pengobatan pasien mereka untuk mengeksplorasi kejiwaan. Film menjadi satu alat untuk membantu orang-orang dalam terapi mencapai tujuan serta mengatasi rintangan. 


Menurut Gary Solomon, Ph.D., MPH, MSW, penulis The Motion Picture Prescription and Reel Therapy, terapi bioskop merupakan proses penggunaan filter layar lebar untuk tujuan terapeutik. 

Hal tersebut juga disetujui oleh Prof. Salomo, seorang profesor psikologi di Community College of Southern Neveda. Beliau menjelaskan jika nonton bioskop bisa memberikan efek positif pada sebagian besar orang, kecuali pada mereka yang mengidap gangguan kejiwaan

Salomo sendiri sering membantu narapidana untuk belajar menggunakan film sebagai terapi untuk melihat apa yang telah dilakukan dan apa hal yang dapat dipelajari dari film. Ia menyarankan kepada Anda agar memilih film dengan tema yang mencerminkan masalah atau situasi yang sedang Anda alami sebagai obat terapi kesehatan jiwa. 

Birgit Wolz, Ph.D., seorang terapis bioskop dari Oakland, California, menyebutkan jika nonton film di bioskop bisa menjadi obat bagi seseorang yang berada di tengah depresi. Menurutnya, sebuah film yang membantu mereka menangis dapat membuka berbagai tingkat jiwa mereka. 

Nonton bioskop bisa menjelaskan bahwa nonton film di bioskop bisa dijadikan sebagai media untuk relaksasi. Ketika merasa rileks, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang merupakan hormon kebahagiaan. Hormon ini juga berfungsi dalam meregenerasi sel-sel yang rusak. 

Selain itu, ketika hormon endorfin meningkat, secara otomatis hormon kortisol sebagai hormon pembawa stres akan menurun. Dengan begitu, peredaran darah di tubuh menjadi lebih lancar dan kerja jantung menjadi lebih ringan. 

Jadi, manfaat nonton film di bioskop memang terbukti baik bagi kesehatan tubuh dan banyak direkomendasikan oleh pada ahli sebagai obat untuk menstabilkan kesehatan jiwa seseorang. 

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 19 Januari 2018 11:26:26

Related Post :
Obat Kimia
Komposisi Obat untuk Penyakit…

Komposisi obat untuk penyakit…

Ibu Hamil
Ketahui Berbagai Penyebab Keluarnya…

Meski sering kali dianggap…

Kesehatan
Dampak Penggunaan Lensa Kontak…

Penggunaan lensa kontak dalam…

Alami
Pengobatan Polip Hidung Secara…

Pengobatan polip hidung secara…

Ibu Dan Anak
Tips Dan Cara Ampuh…

Tips dan cara ampuh…

Manfaat
Mengenal Khasiat Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Kesehatan
Bahaya Membunyikan Persendian Jari dan Tulang Leher

Bahaya membunyikan persendian jari dan…

Kesehatan
Penyebab dan Cara Mencegah Sesak Nafas saat Olahraga

Meskipun tidak memiliki riwayat penyakit…

Kirim Pertanyaan
Top