Mengetahui Manfaat Sehat Dibalik Nikmatnya Selai Kacang

Share dan Tag Temanmu di :

Selai atau ada pula yang menyebutnya selei merupakan salah satu jenis makanan awetan berupa sari bauh atau buah-buahan yang sudah dihancurkan, ditambah gula dan dimasak hingga kental atau berbentuk setengah padat. Biasanya selai sering dijadikan sebagai toping atau tambahan pada roti atau kue. Selain itu, selai juga sering digunakan sebagai pemanis pada minuman, seperti yoghurt atau es krim. 

Selain buah-buahan, selai juga bisa dibuat dari kacang-kacangan, salah satunya kacang tanah. Selain kacang merupakan salah satu jenis selai yang cukup banyak diminati. Selai kacang merupakan makanan populer di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri selai kacang juga dikenal sebagai pindakas yang berasal dari bahasa Belanda, pindakaas (keju kacang).


Selai kacang kaya akan kandungan nutrisi, termasuk vitamin E, magnesium, zat besi, selenium, dan vitamin B6. Dengan begitu, maka selai kacang ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan, termasuk selai kacang, cenderung memiiliki risiko lebih rendah mengembangkan penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 

Berikut ini merupakan beberapa manfaat selai kacang bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui, diantaranya :

  • Baik untuk program diet

Selai kacang kaya akan kandungan nutrisi menyehatkan dan lemak tak jenuh tunggal. Banyak pakar diet yang merekomendasikan selai kacang sebagai salah satu makanan yang akan membantu program penurunan berat badan. Mengapa demikian ?

Hal ini disebabkan karena kacang tanah mengandung protein lebih dari kacang lainnya serta kacang-kacangan kaya akan kandungan lemak sehat yang berserat tinggi. Protein yang terkandung didalamnya dapat membantu mencegah asupan kalori berlebih dari asupan diet yang biasa Anda konsumsi. 

  • Kaya akan vitamin

Selain vitamin E dan B6, selain kacang juga kaya akan vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata dan vitamin C yang  baik bagi sistem kekebalan tubuh.

  • Kaya antioksidan

Didalam selai kacang juga terdapat antioksidan seperti asam folat, niasin, tiamin, riboflavin, serta resveratrol. Khusus untuk resveratrol, antioksidan ini mampu mencegah timbulnya berbagai penyakit seperti kanker, infeksi jamur, Alzheimer, serta penyakit jantung. 

  • Kaya protein

Didalam 100 gram selai kacang kita bisa menemukan sekitar 25 samapi 30 gram protein yang akan dipecah tubuh sebagai asam amino yang akan digunakan tubuh sebagai perbaikan sel dan membangun tubuh.

  • Mencegah terbentuknya batu empedu dalam tubuh

Batu empedu merupakan gangguan kesehatan yang sebagian besar disebabkan oleh berat badan berlebih, diet ketat serta obat-obatan tertentu. Sebagian besar batu empedu disebabkan karena terlalu tingginya kadang kolesterol dalam cairan empedu yang akhirnya membentuk batu dalam empedu. Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan jika mengonsumsi selai kacang secara teratur dapat mencegah serta mengurangi risiko terserang batu empedu.

  • Mencegah timbulnya penyakit

Telah banyak penelitian yang menyebutkan jika selai kacang bisa mencegah timbulnya penyakit jantung, mengingat kandungannya tidak akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Tiidak hanya itu, adanya kandungan minyak sehat dan protein yang tinggi didalamnya juga bisa mencegah terjadinya penyakit Alzheimer.

Kandungan lemak yang ada pada selai kacang ternyata sama dengan yang  bisa kita temukan dalam minyak zaitun yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Karena alasan inilah mengapa selai kacang baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh ini juga akan membuat sensitivitas insulin tubuh meningkat sehingga akan menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2. 

  • Mengurangi stres

Perlu diketahui, ternyata selai kacang bisa membantu melawan efek stres. Sebuah penelitian yang menguji ketahanan atlet, kandungan beta sitosterol yang ada didalam kacang berfungsi untuk menormalkan kadar kortisol yang tinggi dan membawa zat tersebut seimbang dengan hormon lainnya selama stres terjadi pada tubuh. Kandungan beta sitosterol juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Mencegah kanker usus

Kanker merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak ditakuti. Untuk menghindari risiko kanker dalam tubuh, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi selai kacang secara rutin. Beberapa studi menyebutkan bahwa selai kacang mampu mencegah timbulnya sel kanker dalam tubuh terutama kanker usus pada wanita.

  • Mencegah alaergi kacang sejak dini

Mengonsumsi selai kacang-kacangan selama hamil dapat membantu menurunkan risiko alergi kacang pada anak. Sebuah penelitian baru yang dilakukan di Universitas Wisconsin menemukan bahwa ibu hamil yang jarang mengonsumsi kacang-kacangan kurang dari seminggu sekali berisiko memiliki bayi yang alergi terhadap kacang-kacangan. 

  • Menurunkan risiko kematian

Menurut sebuah studi di tahun 2015 dari Universitas Vanderbilt, menyebutkan jika mengonsumsi selai kacang setiap hari bisa membantu menurunakn risiko kematian hingga menjadi lebih rendah. Kepadatan nutrisi dari kacang-kacangan memiliki kadnungan lemak tidak jenuh yang menyehatkan tubuh, tinggi antioksidan, mengadnung zat kalium dan pitosterol yang membantu mempertahankan tekanan darah yang sehat. 

By Sri Maryati - Manfaat Sabtu, 20 Januari 2018 15:10:15

Related Post :
Penyakit
Mengenal Perbedaan Eksim Kering…

Berikut adalah perbedaan eksim…

Ibu Hamil
Hindari Makanan Penyebab Keguguran…

Untuk para ibu hamil…

Tips
Tips Cara Memilih Bedak…

Anda perlu cerdas dalam…

Kesehatan
Makanan Yang Baik Dikonsumsi…

Makanan yang baik dikonsumsi…

Kesehatan
Jenis-jenis Jamu Gendong dan…

Berbagai macam jenis jamu…

Penyakit
Cara Mencegah Anyang-Anyangan Pada…

Berikut adalah cara mencegah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat Konsumsi Daging Burung Pipit Bagi Kesehatan

Meskipun sering dianggap sebagai hama…

Manfaat
Kandungan Gizi dan Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Singkong yang biasa digunakan sebagai…

Manfaat
Manfaat Mengonsumsi Daging Unta Bagi Kesehatan

Daging unta merupakan salah satu…

Kirim Pertanyaan
Top