Ini Hubungan Antara Selaput Dara Dan Keperawanan Yang Sebenarnya!

Share dan Tag Temanmu di :

Hubungan antara selaput dara dan keperawanan di percaya memiliki kaitan yang cukup erat. Dimana wanita yang masih perawan sering kali diidentikkan dengan selaput daranya yang masih utuh atau belum mengalami perobekan. Apakah hal tersebut benar demikian?

Tak sedikit masyarakat yang mempercayai, bahwasannya wanita dengan selaput dara yang sudah robek sudah tidak perawan lagi dan kemungkinan telah melakukan hubungan seksual. Sehingga untuk mmastikan utuh atau tidaknya selaput dara sering kali dilakukan pemeriksaan yang disebut tes keperawanan.

Selaput dara sendiri merupakan lapisan selaput yang sangat tipis dan juga merentang dibagian bawah vagina wanita. Pada anak perempuan, selaput dara memiliki bentuk layaknya bulan sabit atau donat kecil. Dan umumnya, selaput dara sendiri berbentuk seperti cin-cin dengan adanya lubang kecil. Nah, lubang tersebut memungkinkan keluarnya darah menstruasi.

Seiring dengan bertambahnya usia, perubahan pada bentuk dari selaput darapun terjadi. Umumnya, selaput dara akan mengalami perbubahan saat seorang remaja memasuki usia pubertas. Dan tak hanya perubahan bentuk, elastisitas selaput dara juga akan mengalami perubahan.

Dan setelah memasuki usia remaja, selaput dara cenderung menjadi lebih elastis, Dan pada saat dewasa, selaput dara menjadi lebih tebal dibandingkan pada saat remaja. Perubahan yang terjadi pada selaput dara ini biasanya di pengaruhi oleh perubahan hormon, termasuk hormon estrogen.

Hubungan antara selaput dara dan keperawanan yang sebenarnya

Meski selaput dara sering dikaitkan dengan keperawanan, namun sejatinya tidak setiap wanita akan mengalami perobekan saat melakukan hubungan seksual terutama untuk pertama kalinya. Karena selain itu, selaput dara juga bisa robek akibat beberapa hal lainnya. Seperti:

  • Olaharaga berkuda
  • Bersepeda
  • Mastubrasi dengan bantuan alat bantu seks
  • Penggunaan tampon
  • Tindakan medis
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada anak-anak dan remaja, umumnya selaput dara yang robek akibat cidera maupun trauma fisik masih dapat pulih dengan cepat. Bahkan beberapa wanita diketahui lahir tanpa adanya selaput dara.

Adapun pendarahan ringan yang terjadi saat  pertama kali melakukan hubungan seksual disebabkan selaput dara robek akibat penis menembusnya. Dan menurut sebuah penelitian, pendarahan yang terjadi akibat dari robeknya selaput dara saat melakukan hubungan seksual pertama kalinya tersebut, hanya terjadi pada sebagian wanita saja.

Adapun utuh maupun tidaknya selaput dara tidak bisa menjadi patokan untuk keperawanan atau menetukan apakah seorang wanita sudah pernah melakukan hubungan seksual. Lantaran terdapat beberapa penyebab lainnya yang mengakibatkan selaput dara robek.

Nah, itulah sekilas meengenai fakta seputar hubungan antara selaput dara dan keperawanan yang sebenarnya. Semoga setelah membaca informasi ini, tidak akan ada lagi kesalah pahaman mengenai hal tersebut. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kewanitaan Sabtu, 20 Januari 2018 16:06:06

Related Post :
Kulit
Mengetahui Manfaat Penggunaan Krim…

Menggunakan krim malam sebelum…

Kesehatan
Tangan Terasa Kaku? Ternyata…

Beragam penyebab tangan terasa…

Ibu Dan Anak
Tips Cara Merawat Bayi…

Tips cara merawat bayi…

Kesehatan
Awas! Meskipun Alami Jangan…

Bahan alami memang memiliki…

Kesehatan
Sudah Diet Tapi Berat…

Ketahui beragam penyebab berat…

Obat Kimia
Obat Kimia Candesartan Untuk…

Obat Kimia Candesartan Untuk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Telat haid

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Malam ka mau bertanua untuk mengkonsumsi obat ovary ituu untuk perkiraan datang haidnya berapa lama ya ?

  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…


Kewanitaan
Kewanitaan
Kewanitaan
Wajib Tahu! 5 Tipe Wanita Ini Tidak Diperbolehkan Minum Pil KB

Meskipun relatif aman untuk dikonsumsi…

Kirim Pertanyaan
Top