Obat Simethicone Untuk Mengatasi Gas Berlebih Dalam Usus

Share dan Tag Temanmu di :

Anda pernah mengalami bersendawa secara terus menerus, perut kembung, serta ada rasa tidak nyaman atau nyeri dalam perut? Bisa jadi hal tersebut dikarenakan produksi gas dalam usus terlalu banyak. Adalah simethicone yang digunakan sebagai obat untuk mengatasi produksi gas berlebih dalam usus. Obat yang tergolong antiflatulen ini bisa dikonsumsi tanpa resep dari dokter. Cara kerja simethicone adalah dengan memecah gelembung-gelembung gas dalam usus.


Obat yang berjenis regulator, antiinflamasi saluran pencernaan, dan antiflatulen ini berbentuk cair, tablet, dan kapsul. Tergolong obat bebas yang bisa dikonsumsi tanpa resep dokter, simethicone hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak di atas usia 12 tahun ke atas. Untuk perempuan hamil dan menyusui, dosis simethicone harus sesuai dengan anjuran dokter. Bagi Anda yang terdiagnosis intoleransi terhadap fruktosa, harap hati-hati jika mengonsumsi obat ini. Konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain termasuk obat herbal. Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi simethicone bersamaan dengan obat lain tanpa sepengetahuan dokter. Hal ini dikhawatirkan bisa menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Mengenai dosis, biasanya terdapat dalam kemasan simethicone. Jadi sebelum mengonsumsinya, biasakan untuk membaca keterangan pada kemasan tersebut. Jika ragu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter akan jauh lebih baik. Dosis ditentukan berdasarkan dengan bentuk obat. Dosis simethicone yang berbentuk tablet atau kapsul yang ditelan, dosisnya adalah 60 sampai 125 miligram empat kali sehari dikonsumsi setelah makan. Untuk obat tablet kunyah, dosisnya 40 sampai 125 miligram empat kali sehari yang dikonsumsi setelah makan. Sedangkan untuk obat cair, dosisnya 40 sampai 95 miligram empat kali sehari setelah makan. Tidak disarankan untuk mengonsumsi simethicone lebih dari 500 miligram per hari.

Pastikan untuk memberikan jarak waktu yang cukup antar dosis. Biasakan untuk mengonsumsi obat ini pada jam yang sama setiap hari untuk memaksimalkan efek. Pasien yang lupa mengonsumsi simethicone, sebaiknya segera mengonsumsinya begitu teringat selama dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Tidak dianjurkan untuk menggandakan dosis di jadwal selanjutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Apa saja efek samping dari simethicone? Sama halnya seperti obat lain, simethicone memiliki efek samping begitu usai dikonsumsi seperti konstipasi dan pusing. Meski jarang terjadi efek samping serius, namun sebaiknya segera temui dokter jika mengalami gejala alergi berat seperti ruam, gatal dan bengkak pada bagian lidah, wajah, dan tenggorokan, pusing yang tidak tertahankan, serta sesak nafas.

By Rizka Ardiana - Obat Kimia Jum'at, 12 Agustus 2016 13:50:47

Related Post :
Tips
Tips Cara Memilih Multivitamin…

Tips dalam memilih multivitamin…

Ibu Dan Anak
Mengenal Kadar Bilirubin Pada…

Mengenal kadar bilirubin pada…

Penyakit
Jenis-jenis Kanker Serta Gejala…

Informasi tentang jenis-jenis kanker…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Batuk Berdahak…

Informasi tentang batuk berdahak,…

Kesehatan
Panduan Pola Makan Sehat…

Panduan pola makan sehat…

Ibu Hamil
Metode Pengobatan Alternatif Yang…

Ketika anda hamil disarankan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Nama Obat Radang Amandel Yang Dijual Di Apotik

Nama obat radang amandel yang…

Obat Kimia
Dosis Dan Manfaat Obat Bisacodyl Untuk Mengatasi Konstipasi

Manfaat obat bisacodyl yang paling…

Obat Kimia
Carbamazepine Obat Penyakit Kejang Epilepsi Di Apotek

Carbamazepine obat penyakit kejang epilepsi…

Kirim Pertanyaan
Top