Jangan Anggap Sepele! Ini Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Bahaya tidur terlalu lama sebaiknya jangan dianggap remeh. Karena mungkin tanpa anda ketahui sebelumnya, tidur dengan waktu yang berlebihan sendiri ternyata dapat menimbulkan dampak bahkan cukup serius bagi kesehatan anda.


Kebutuhan tidur pada setiap orang diketahui berbeda-beda. Hal tersebut tergantung pada usia, aktivitas sehari-hari, gaya hidup serta kondisi kesehatan. Adapun waktu ideal untuk orang dewasa adalah 7-9 jam. Untuk lansia, setidaknya membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam perhari. Meski begitu, kebutuhan tidur dapat berubah, tergantung seberapa baik kualitas tidur anda.

Namun anda tetap perlu harus ingat, bahwasannya segala hal termasuk tidur jika dilakukan secara berlebihan, dapat menimbulkan beberapa dampak negetif. Untuk mengetahui penjelasan selengkapnya, anda bisa menyimak ulasan singkat berikut.

Dampak dan bahaya tidur terlalu lama bagi kesehatan yang perlu anda pahami

Adapun seseorang dikatakan tidur terlalu lama, apabila mereka memiliki waktu tidur lebih panjang daripada kebutuhan waktu tidur ideal. Sehingga tak jarang mereka mengalami kesulitan bangun di pagi hari, sering mengantuk saat beraktifitas ataupun tetap merasa mengantuk meski telah tidur siang.

Dan jika kondisi tersebut terjadi secara terus menerus, maka bahaya tidur terlalu lama lainnya yang mungkin akan anda rasakan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Sakit kepala

Seseorang yang tidur terlalu lama disiang hari dapat mengalami kesulitan tidur di malam hari. Dan tak jarang kondisi tersebut akan membuat anda mengalami sakit kepala pada keesokan harinya. Hal tersebut terjadi lantaran tidur terlalu lama dapat mempengaruhi kerja senyawa di otak.

2. Resiko obesitas

Jangan salah, tidur terlalu juga ternyata mampu meningkatkan resiko seseorang mengalami bahaya obesitas. Hal tersebut terungkap oleh sebuah penelitian, yang mengatakan bahwasannya tidur terlalu lama atau lebih dari 9 jam pada malam hari, cenderung akan mengalami obesitas dibandingkan dengan orang dengan jam tidur normal. Hal serupa juga bisa terjadi pada pada kondisi kurang tidur malam.

3. Mengalami diabetes

Baik tidur terlalu lama maupun sebaliknya juga memiliki pengaruh yang cukup tinggi dalam peningkatan resiko diabetes. Penelitian menunjukkan bahwasannya orang yang sering tidur terlalu lama atau kurang tidur juga, beresiko mengalami gangguan dalam pengaturan kadar gula darah.

4. Mengalami gangguan mental

Depresi dan juga gangguan tidur seperti insomnia ternyata diketahui memiliki hubungan erat. Namun sebanyak 15% dari penderita depresi juga mengalami masalah tidur berupa tidur terlalu lama.

5. Resiko terserang penyakit jantung

Berdasarkan hasil dari banyak penelitian menyebutkan bahwasannya wanita yang memiliki kebiasaan tidur antara 9 sampai 11 jam setiap malamnya lebih beresiko terkena penyakit jantung dibandingkan dengan wanita yang biasa tidur 8 jam setiap malamnya. Tidur terlalu lama sendiri diketahui dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga tak jarang membuat seseorang yang tidur terlalu lama  menjadi rentan sakit.

6. Sakit punggung

Bahaya tidur lainnya terutama dengan posisi terlentang juga diketahui dapat menyebaba sakit punggung. Untuk mengurangi rasa sakit tersebut, anda bisa mengurangi kelebihan jam tidur dan mulai membiasakan tidur atau mulai membiasakan tidur secara teratur dengan jumlah jam tidur yang normal.

7. Konsentrasi pikiran yang menurun

Pola tidur yang tidak seimbang dan belebihan juga diketahui juga berpengaruh terhadap aktifitas mental, seperti halnya penurunan konsentrasi. Hal tersebut terjadi lantaran sel-sel otak yang telah lama tidak diaktifkan, kemudian secara mendadak dipaksa aktif.

8. Kematian

Menurut beberapa penelitian, salah satu akibat fatal dari terlalu lama tidur atau memiliki hobi tidur adalah resiko kematian yang lebih cepat. Hal tersebut disebabkan karena saat tidur banyak dari alat dan organ tubuh beraktifitas dalam keadaan lambat atau tidak bekerja. Sehingga mereka bisa mati secara tiba-tiba.

Nah itulah berbagai dampak tidur terlalu lama bagi kesehatan anda. Sehingga jika anda ingin terhindar dari beberapa resiko tersebut dan mendapatkan manfaat tidur cukup yang sesungguhnya, sebaiknya kualitas tidur anda perbaiki sejak dini. Seperti halnya dengan membuat jadwal tidur, olahraga secara rutin, hindari kafein dan alkohol, membuat suasana kamar tidur yang nyaman, batasi jam tidur siang dan tenangkan pikiran.

Sekian informasi yang dapat kami sampakan pada kesemapatan kali ini seputar bahaya tidur terlalu lama bagi kesehatan. Semoga apa yang telh kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru untuk meningkatkan kualitas kesehatan anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Jum'at, 26 Januari 2018 09:05:37

Related Post :
Ibu Hamil
Ciri-Ciri Keguguran Di Awal…

Berikut adalah berbagai tanda…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Mengonsumsi…

Meskipun sering dianggap sebagai…

Penyakit
Penyebab dan Gejala Kondisi…

Kelainan albinisme merupakan kelainan…

Kesehatan
Inilah Perebedaan Paru-paru Perokok…

Inilah perbedaan paru-paru perokok…

Kulit
Berbagai Faktor Penyebab Kulit…

Berbagai penyebab kulit wajah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Waspadai Maraknya Gorengan Plastik! Ini Cara Membedakannya

Meskipun gorengan termasuk salah satu…

Kesehatan
Makanan Untuk Mengatasi Sembelit Paling Efektif

Makanan untuk mengatasi sembelit paling…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top