Cara Mengubah Fast Food Jadi Makanan yang Lebih Sehat

Share dan Tag Temanmu di :

Kesibukan sehari-hari  tak dapat dipungkiri membuat orang jarang memiliki waktu untuk menyiapkan makanan sendiri dan lebih memilih untuk mengonsumsi makanan cepat saji atau fast food. Hal ini memang dapat sangat membantu mereka yang memiliki aktivitas yang sangat padat. Karena selain tersedianya layanan antar yang memudahkan, restoran fast food juga sering menawarkan berbagai menu yang nikmat dan menggugah selera. 

Namun, pasti sudah banyak yang mengetahui jika makanan cepat saji tidak bisa sering dikonsumsi. Pasalnya kandungan kalori, lemak trans atau lemak jenuh, dan kadar garamnya yang tinggi bisa membuat makanan cepat saji sebaiknya dihindari. 


Walaupun demikian, hal tersebut tampak lebih mudah diucapkan daripada dipraktikan, terutama jika Anda termasuk salah satu penggemar fast food. Namun, tidak perlu khawatir, pasalnya ada beberapa cara mengubah fast fodd jadi makanan yang lebih sehat agar Anda bisa tetap menikmatinya, yaitu diantaranya :

  • Pilih menu tinggi serat dan rendah lemak

Hal ini tampak sedikit lebih sulit untuk dilakukan saat mengonsumsi makanan cepat saji. Padalah sebenarnya sederhana dan mudah untuk dilakukan. Sebagai contoh, jika terdapat beberapa pilihan roti humburger, maka pilihlah roti yang terbuat dari gandum. Demikian pula dengan sandwich, sebisa mungkin pilih roti gandum. 

Sedangkan untuk menghindari lemak trans berlebih, Anda bisa menghindari makanan yang digoreng dan mengandung produk susu tinggi elmak, seperti saus mayones. Ketika Anda akan mengonsumsi salad, hindari penambahan saus atau gunakan saus rendah lemak. 

  • Pilih menu panggang

Jika restoran yang Anda pilih mewarkan beberapa menu, sebisa mungkin pilihlah menu panggang. Dengan begitu maka Anda bisa mengurangi asupan lemak trans akibat makanan yang digoreng. 

  • Makanan pendamping yang lebih sehat

Selain makanan utama, biasanya restoran cepat saji juga menyediakan makanan pendamping atau side dish. Anda bisa memilih salad dibandingkan dengan kentang goreng. Dengan bijak memilih makanan pendamping, maka Anda bisa mengontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

  • Pilih menu porsi kecil

Umumnya restoran makanan cepat saji menyajikan menu dalam berbagai ukuran. Untuk itu, sebaiknya pilihlah menu dengan porsi kecil. Misalnya, ayam goreng bagian dada mengandung 200 kalori, sedangkan bagian paha atas mengandung 250 kalori dan bagian sayap mengandung 170 kalori. Dengan memilih bagian paha atas atau sayap, maka Anda telah memangkas setidaknya 150 kalori. 

  • Pilih minuman yang sehat

Untuk pilihan minuman, hindari minuman bersoda ataupun produk susu seperti milkshake ketika Anda menikmati fast food. Minuman tersebut memiki kandungan gula yang tinggi dan berisiko memicu berbagai penyakit, salah satunya diabetes melitus. Untuk menghindari hal tersebut, air mineral merupakan pilihan minuman yang terbaik.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 26 Januari 2018 11:07:07

Related Post :
Manfaat
Manfaat Tidur Cukup Untuk…

Manfaat Tidur Cukup Untuk…

Penyakit
Makanan Ini Bisa Jadi…

Makanan ini bisa jadi…

Tips
Tips Ketika Pertama Hamil…

Tips Ketika Pertama Hamil…

Manfaat
Manfaat Dibalik Nikmatnya Daging…

Dibalik rasanya yang nikmat,…

Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh…

Tidak semua jenis makanan…

Manfaat
Menakjubkan! Ini Khasiat Lada…

Tahukah anda apa saja…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Manfaat dan Khasiat Senam Zumba Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat dan khasiat senam zumba…

Kesehatan
Menyenangkan ! Origami Bisa Bantu Asah Kemampuan Otak

Tidak hanya menyenangkan, ternyata origami…

Kesehatan
Salah Membersihkan Telinga Bisa Rusak Sistem Pendengaran

Salah membersihkan telinga dengan memasukkan…

Kirim Pertanyaan
Top