Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah untuk GIGI

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat Daun Sirih Merah

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa daun sirih merahmengandung senyawa polifenolat, flavonoid, tanin, alkaloid, dan senyawa minyakatsiri. Tidak heran, daun sirih merah banyak digunakan sebagai obat herbal oleh masyarakat sejak lama. Namun manfaat daun sirih merah memang masih harus diteliti lebih lanjut untuk mendapatkan standar medis sehingga bisa dianggapaman untuk menjadi bahan obat-obatan.


Sebuah bahan kimia maupun obat herbal yang akan digunakansebagai obat-obatan harus disesuaikan dengan standarisasi yang berlaku, terdiridari standar kimia, biologi, dan farmasi. Hal tersebut memiliki tujuan dasar yakni untuk mendapatkan standar parameter spesifik dan nonspesifik sesuaistandar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Berikut akan kami uraikanmanfaat daun sirih merah yang telah diteliti.

-Menghambat karies gigi. Sebuah penelitian menunjukkan, daunsirih merah bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan karies padagigi. Salah satu bakteri penyebab karies adalah streptococcus mutans. Senyawayang terkandung dalam daun sirih merah seperti flavonoid, minyak atsiri,senyawa fenolik, dan alkanoid merupakan senyawa aktif terhadap bakteri.Pernyataan tersebut menjadi bahan penelitian dalam kasus penanganan kariesgigi.

-Sebagai antiseptik. Daun sirih merah sudah lama digunakan sebagai bahan antiseptik, antikanker, dan antidiabetes yang bisa menyembuhkanpenyakit infeksi. Sayangnya, manfaat yang telah disebutkan tadi belum didukung dengan bukti ilmiah yang kuat. Namun sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa daun sirih merah memang memberikan efek positif untuk kesehatan manusia, yang paling kuat adalah sebagai antiseptik sehingga daun sirih bisa digunakan sebagai bahan untuk mencuci tangan. Mencuci tangan sangat penting untukmencegah terjadinya infeksi.

-Antibakteria terhadap bakteri tertentu. Sebuah penelitiankhusus membuktikan bahwa daun sirih merah memiliki sifat antibakteri terhadap Staphylococcus aureus yang menyebabkan penyakit kulit seperti bisul, impetigo,jerawat, folikulitis, dan selulitis. Dalam penelitian tersebut, bakteri yang diuji adalah bakteri yang memiliki resistensi terhadap antibiotik betalaktam. Daun sirih merah diekstrak dengan mesin berteknologi nano, yang lainnya diubah menjadi serbuk. Hasilnya, terbukti daun sirih merah bisa menghambat pertumbuhan bakteri tersebut. Namun ekstrak yang dibuat dengan teknologi nano terbukti lebih kuat dibandingkan ekstrak yang dibuat menjadi serbuk.

Meski sejumlah penelitian memang memberikan berita positif mengenai daun sirih merah, namun tetap masih membutuhkan banyak penelitian lebih jauh untuk memastikannya. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadikan daun sirih merah sebagai pengobatan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Daun Kamis, 14 April 2016 11:41:13

Related Post :
Penyakit
Faktor Resiko Karsinoma Nasofaring…

Faktor resiko karnisoma nasofaring…

Kesehatan
Mengejutkan ! Ternyata Begadang…

Mungkin banyak yang berpendapat…

Penyakit
Mengetahui Komplikasi Pada Penderita…

Jika ditangani secara baik,…

Penyakit
Tes Deteksi Serta Metode…

Tes deteksi serta metode…

Alami
Obat Polip Usus Alami…

Obat polip usus alami…

Penyakit
Mengetahui Komplikasi Bell’s Palsy

Mengetahui komplikasi bell's palsy…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • obat herbal utnuk penyakit kanker payudara

    0 Balasan

    Daun

    slamat sore,,, untuk pengobatan alami kanker payudara dgn menggunakan daun meniran or daun sirsak,, kl daun meniran diminum brp gelas sehari -- dan bagaimana cara meramunya direbus brp banyak daunnya…


Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Johar Bagi Kesehatan

Selain sering di gunakan untuk…

Daun
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Kedondong Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun kedondong…

Kirim Pertanyaan
Top