Manfaat Buah Pinang untuk Obat Cacingan

Pohon pinang merupakan penghasil buah pinang. Sekilas pohon sejenis palma ini mirip pohon kelapa, namun batang, daun, dan buahnya lebih kecil. Tanaman Pinang di kenal dengan nama Areca Catechu L dan telah banyak dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional sejak dulu.


Masyarakat Jawa dan Sunda menamainya jambe. Orang-orang Aceh menyebutnya pineung, masyarakat Batak memanggilnya dengan nama pining. Betel nut tree atau Betel palm dalam bahasa Inggris. Di dalam biji pinang terkandung alkaloida yang berfungsi untuk merangsang otak. Secara tradisional, biji pinang digunakan dalam ramuan untuk mengobati sakit disentri, diare berdarah, dan kudisan. Zat lain yang dikandung buah ini antara lain  arecolidine, arecaidine, guracine, guvacoline, dan beberapa unsur lainnya.

Berikut kami uraikan beberapa manfaat buah pinang dan cara menggunakannya:

  • Manfaat buah pinang untuk obat cacingan. Siapkan ¼ buah pinang, setengah jari rimpang kunyit, dan setengah jari rimpang temulawak. Campurkan bahan tersebut menjadi satu dalam wajan yang berisi air 400 cc, lalu rebus hingga tersisa 200 cc, kemudian saring. Minumlah air hasil saringan tersebut untuk mengatasi cacingan.
  • Mengobati kulit yang terluka. Caranya, daging buah pinang yang masih muda dihaluskan dengan cara ditumbuk atau di blender, kemudian hasil tumbukan buah pinang tersebut ditempelkan pada bagian tubuh yang terluka.
  • Untuk meningkatkan gairah orang dewasa. Ambil satu biji buah pinang yang masih empuk. Iris kecil-kecil kemudian kunyah hingga halus dan makan. Alternatif  lainnya, ambil satu biji buah pinang lalu hancurkan dan rebus dalam dua gelas air hingga menjadi satu gelas. Manfaat keduanya sama saja.
  • Manfaat buah pinang selanjutnya yaitu mampu menguatkan gigi dan gusi. Ambil beberapa biji buah pinang. Iris  menjadi beberapa potong, kemudian kunyah irisan tersebut. Biasanya orang tua dulu mencampurkannya dengan kapur sirih dan daun sirih.
  • Air rebusan biji pinang juga dimanfaatkan untuk mengobati penyakit seperti menstruasi dengan darah berlebihan, hidung koreng, bisul, kudis berdarah, dan mencret.
  • Kudis. Cara lain mengobati kudis yaitu parutlah atau tumbuk sampai halus satu biji buah pinang. Campur dengan ¼ sendok teh kapur sirih dan air secukupnya. Oleskan di bagian yang sakit.
  • Sakit pinggang. Siapkan beberapa lembar daun pinang, lalu tumbuk daun tersebut hingga halus dan hangatkan. Daun pinang yang tenah ditumbuk halus dikompreskan di pinggang yang sakit.
  • Biji pinang muda digunakan kaum wanita untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan. Caranya dengan meminum air dari buah pinang secukupnya yang direbus, sampai rahim kembali ke bentuk ideal.

Semoga informasi mengenai manfaat buah pinang untuk obat cacingan ini bermanfaat untuk Anda.

By Sri Maryati - Manfaat Sabtu, 13 Agustus 2016 07:48:13

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Manfaat Daun Cermai Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Informasi tentang daun cermai, kandungan,…

Manfaat
Khasiat Teh Herbal K-Muricata Untuk Kanker

Informasi tentang khasiat dan manfaat…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat buah kedondong…

Tambah Pertanyaan
Top