Ini Cara Alami Untuk Memperbaiki Posisi Bayi Sungsang Yang Benar!

Share dan Tag Temanmu di :

Posisi bayi sungsang yakni bayi berada pada posisi vertikal dengan kepala bagian diatas rahim atau membelakangi jalan lahir, menjelang masa persalinan. Padahal untuk kondisi normal, seharusnya posisi kepala bayi berada dirahim bagian bawah menghadap ke jalan lahir.


Perlu bunda ketahui, bahwasannya selama berada didalam kandungan, bayi terus menrus bergerak dan juga berputar. Dan seiring waktu, ukuran bayi yang berada didalam rahim akan semakin membesar sehingga bayi sangat sulit untuk berpindah posisi setelah usia kehamilan mulai memasuki trimester teraksih terutama pada minggu ke-37.

Adapun kondisi banyi dengan posisi sungsang ini umumnya diketahui melalui pemeriksaan kehamilan atau dengan pemeriksaan USG oleh dokter kandungan di Rumah Sakit.

Cara untuk memperbaiki posisi bayi sungsang ke posisi bnormal secara alami

Apabila bayi anda kini diketahui berada dalam kondisi sungsang, anda ternyata bisa membujuk sang janin untuk kembali ke posisi normal dengan beberapa cara alami seperti berikut ini:

1. Mengangkat panggul

Bunda bisa memulai mengubah posisi bayi sungsang didalam kandungan dengan mengangkat panggul setinggi 30 cm dari lantai. Adapun untuk melakukan teknik ini, anda bisa berada dalam posisi terlentang dengan lutut ditekuk dan kaki menapak. Olahraga ringan ini bisa dilakukan selama 10-15 menit, sebanyak tiga kali sehari.

Selain itu, anda juga dianjurkan untuk menggunakan bantal, agar tidak terasa nyeri. Rutin berolahraga ringan seperti jalan kaki di pagi hari selama hamil juga mungkin dapat membantu memperbaiki posisi bayi sungsang.

2. Menggunakan suara

Sejatinya, bayi mulai bisa mendengar suara sejak masih berada didalam perut ibu sejak usia kehamilan memasuki minggu ke 15-. Anda bisa menggunakan alunan musik atau suara bunda untuk membujuk agar bayi bergerak ke posisi yang seharusnya. Dan untuk melakukannya, bunda bisa menemplekan headphone secara langsung ke bagian bawah perut anda.

3. Melakukan terapi akupuntur

Terapi akupuntur juga bisa menjadi cara alami untuk mengembalikan posisi normal bayi. Biasanya terapi ini sering kali digabungkan dengan membakar daun atau ramuan (terapi moksibusi) ataupun dengan metode lainnya seperti external Cephalic Version (EVC).

Adapun terapis akan memulainya dengan menusukan jarum aku[untur ke ujung jari kelingking. Cara ini diyakini dapat merangsang pergerakan bayi didalam kandungan agar bisa kembali ke posisi yang seharusnya. Akan tetapi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan sebelum melakukan metode alternatif ini.

4. Melakukan terapi hipnotis

Terapi hipnotis biasanya dilakukan untuk membuat anda menjadi rileks, tenang dan fokus dengan memberikan sugesti ke alam bawah sadar anda. Dan berdasarkan penelitian, posisi bayi isa diubah jika ibu hamil sering melakukan terapi ini saat usia memasuki minggu ke 37-49. Anda juga sebelumnya, bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi dari ahli hipnoterapi yang berkompetensi.

pada sebagian kasus, beberapa metode pengobatan diatas tersebut dipercayai mampu memperbaiki posisi bayi sungsang. Sehingga tidak sdikit pasien juga yang tidak mendapatkan hasil yang diharapkan dari pengobatan ini. Apabila metode diatas malah membuat anda merasa tidak nyaman, nyeri dan terganggu, ada baiknya anda segera menghentikan metode pengobatan tersebut.

Penanganan bayi sungsang di rumah sakit

Apabila cara alami tidak memperbaiki posisi bayi sungsang, ada baiknya anda kembali berkonsultasi pada dokter untuk menjalani penanganan secara medis di rumah sakit. Adapun salah satu cara yang paling sering dilakukan untuk menmperbaiki posisi bayi sungsang secara medis adalah sebagai berikut:

  • Extermal Cephalic Version (ECV). Metode ini juga sering dilakukan pada bayi yang berada di posisi horizontal atau melintang didalam kandungan.
  • Menggunakan obat pelemas rahim aatau tokotolik. Penangan ini juga biasanya juga ditambahkan dengan anestesi atau pembiusan untuk meningkatkan angka keberhasilan tindakan ECV.

Adapun baik metode alami maupun medis tetat tidak mampu memperbaiki posisi bayi sungsang, maka persalinan normal masih memungkinkan, namun para dokter umumnya akan lebih menyarankan untuk melakukan persalinan caesar. Lantaran prosedur ini dianggap lebih aman untuk menghadapi persalinan dengan posisi bayi sungsang.

Sehingga untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mencegah terjadinya komplikasi yang berbahaya, maka lebih baik berkonsultasi dengan dokter spesialis terlebioh dahulu sebelum mencoba tindakan memperbaiki posisi bayi sungsang apapun. Dan yang perlu anda ingat adalah bahwasannya tindakan untuk memperbaiki posisi bayi sungsang harus dilakukan oleh tenaga medis profesional yang telah terlatih.

By Nida Saripah - Ibu Hamil Sabtu, 27 Januari 2018 16:10:06

Related Post :
Kewanitaan
Waspadai Ini Tanda- tanda…

Tanda-tanda IUD bergeser dari…

Manfaat
Mengetahui Manfaat dan Bahaya…

Mainan squishy saat ini…

Penyakit
Vokalis Koes Plus Yon…

Komplikasi penyakit diduga kuat…

Kesehatan
Langkah Dan Cara Pencegahan…

Langkah dan cara pencegahan…

Kesehatan
Mengenal Gejala Periodontitis Dan…

Tahukah anda apa itu…

Obat Kimia
Ini Manfaat Kandungan Policresulen…

Bukan untuk obat sariawan,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Tips Mencegah Varises Pada Ibu Hamil Secara Alami

Tips mencegah varises pada ibu…

Ibu Hamil
Tanda Anda Akan Segera Melahirkan Jika Meraskan Hal ini

Tanda-tanda melahirkan anak pertama yang…

Ibu Hamil
Cara Sehat Mengatasi Nyeri Sendi Pada Ibu Hamil

Cara mengatasi nyeri sendi pada…

Kirim Pertanyaan
Top